Segala Hal yang Harus Anda Tahu tentang Instagram Reels

Pelajari semua hal tentang Instagram Reels—pesaing terbaru dan mungkin terberat untuk TikTok. Cari tahu apa itu, bagaimana cara menggunakannya, dan dapatkan tips bagaimana mempromosikan apa pun dengan tepat di Reels.


Instagram Reels adalah format konten yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah video singkat berdurasi maksimal 15 detik yang terletak di tab khusus di halaman Explore di Instagram. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Facebook untuk menyaingi TikTok yang sudah lebih dulu menguasai ranah video pendek dan identik dengan para Generasi Z.

Pertama kali diluncurkan di Brasil pada akhir 2019 lalu, pada Agustus 2020 akhirnya Instagram Reels secara resmi dapat dinikmati di lebih dari 50 negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Jepang—untuk pengguna iOS maupun Android.

Alih-alih dianggap menjiplak TikTok, Instagram malah menerima banyak respons positif dari kreator konten, influencer, hingga brand. Bahkan, brand-brand besar seperti Sephora, Walmart, hingga Breadbrand sudah mengambil langkah awal untuk ikut terjun membuat konten di TikTok.

Artinya, jika Anda sebagai brand memutuskan untuk mengambil langkah awal, akan menjadi sesuatu yang menguntungkan sebagai pengadopsi awal. Sebelum benar-benar mencemplungkan bisnis Anda ke Instagram Reels, berikut adalah segala hal yang harus Anda tahu tentang Instagram Reels:

Apa itu Instagram Reels?

Anggaplah sama dengan TikTok, Instagram Reels menawarkan sebuah wadah untuk membuat video singkat yang menarik dalam durasi maksimal 15 detik dengan klip audio yang dapat disematkan di latar belakang.

Di dalam satu video Instagram Reels, Anda dapat menambahkan teks, stiker, audio, efek khusus, dan membagikannya kepada pengikut Anda.

Jika TikTok memiliki halaman “For You”, Instagram Reels punya halaman khusus “Reels” yang terletak di halaman Explore di dalam aplikasi Instagram. Dengan menekan tombol Reels di sana, Anda akan melihat video-video yang sedang trending dan video-video terbaru yang ada di Reels.

Instagram Reels vs TikTok

Karena Instagram Reesl adalah rival utama TikTok, maka tidak heran jika banyak menanyakan apa saja perbedaan dan persamaan kedua platform ini.

Pada intinya, TikTok dan Instagram Reels sama-sama menyediakan wadah bagi pengguna untuk berkreasi membuat video pendek untuk dibagikan kepada pengguna lainnya. Kedua platform memberikan pilihan kreatif untuk menciptakan video pendek terbaik.

Namun, keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan

Instagram Reels:

  • Sebuah fitur yang tertanam di dalam ekosistem Instagram yang sudah populer
  • Pengguna hanya dapat mengunggah video dengan durasi maksimal 15 detik
  • Reels yang dibagikan ke Stories akan hilang dalam 24 jam
  • Belum mendukung fitur “Duet”.

TikTok:

  • Sebuah platform
  • Durasi video maksimal hingga 1 menit
  • Semua video tidak ada yang dihapus kecuali pengguna menghapusnya secara manual
  • Pengguna bisa “Duet” dengan pengguna lain.

Instagram Reels vs Instagram Stories?

Cukup banyak yang mempertanyakan apa bedanya Instagram Reels dengan Instagram Stories, mengingat Stories juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah video berdurasi 15 detik. Namun, jangan sampai terkecoh. Meskipun sekilas terlihat sama saja, ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan antara Instagram Reels dengan Instagram Stories.

  • Reels memiliki alat penyuntingan yang tidak dimiliki Stories, di antaranya efek AR, control kecepatan, dan opsi untuk menyelaraskan beberapa klip jadi satu untuk transisi.
  • Reels bisa dibagikan ke Stories dan Explore. Ketika menunggah Reels, akan ada opsi untuk mengunggahnya juga ke Feed. Selain itu, Reels juga memiliki tab khusus seperti halnya IGTV yang muncul di profil.
  • Jika Anda menggunakan audio milik sendiri, Reels akan secara otomatis memberikan atribusi kepada Anda, dan orang lain dapat menggunakannya untuk membuat Reels sendiri dengan menyertakan kredit pada akun Anda.

Sekarang, kami anggap Anda sudah mengerti perbedaan Instagram Reels dengan TikTok—dan tentu saja Instagram Stories. Selanjutnya, bagaimana cara menggunakannya?

Membuat Instagram Reels

Secara umum, membuat Instagram Reels langkah-langkahnya sama dengan membuat Instagram Stories. Cukup geser ke kiri sama seperti membuat Stories, lalu geser ke “Reels” yang terdapat di sebelah “Live”.

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke sebuah “wadah” untuk berkreasi dengan Reels—sama dengan yang ada di TikTok. Anda dapat menambahkan berbagai elemen ke dalam Reels yang Anda buat, lalu membagikannya ke Feed, Explore, atau bahkan Instagram Stories Anda.

Di profil, Anda akan melihat tab khusus Reels yang terletak di antara tab Feed dan IGTV.

Cara menemukan konten Reels

Ada beberapa pilihan yang dapat dicoba untuk menemukan konten-konten Reels yang sudah diproduksi oleh pengguna lain.

  • Lewat tab Explore
  • Mengklik ikon postingan Reels dari pengguna lain di Feed Anda.
  • Lewat pencarian melalui tagar

Sebagai catatan, jika konten Reels Anda dimunculkan oleh Instagram di halaman Explore, Anda akan mendapatkan notifikasi. Tentu saja, selain notifikasi, siap-siaplah untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan dan keterlibatan.


Sebagai penutup, kami memberikan rekomendasi ide konten yang dapat Anda gunakan untuk memulai Instagram Reels pertama Anda.

Gunakan video dari TikTok

Jika Anda sudah punya banyak video di TikTok (Apalagi yang pernah viral), gunakanlah kembali video-video tersebut di Instagram Reels. Cara ini akan membantu memberikan jangkauan lebih luas dan menjangkau audiens yang lebih banyak.

Bagikan konten edukatif

Salah satu jenis konten yang memiliki banyak penotnon di mana pun platformnya adalah konten edukatif. Manusia senang belajar hal-hal baru setiap harinya sehingga menyuguhkan mereka konten yang edukatif akan membuat mereka menunggu konten terbaru dari Anda.

Pastikan konten edukatif yang Anda bagikan memiliki relevansi terhadap produk, layanan, maupun brand Anda agar audiens dapat membedakan Anda dengan yang lain.

Pamerkan kelebihan produk

Jika Anda sudah memiliki produk atau layanan, gunakan Instagram Reels untuk menunjukkan kepada audiens kelebihan apa saja yang dimilikinya. Dengan cara ini orang-orang akan lebih mudah mengenali Anda.

Pastikan Anda membuat video dengan menunjukkan produk yang nyata, bukan hasil editan.

Bagikan konten di belakang layar

Orang-orang menyukai bagaimana proses sebuah konten dibuat, terutama jika satu adegan harus direkam berulang-ulang. Jangan menghapus adegan yang salah. Alih-alih, bagikan dengan judul “behind the scenes” kepada audiens—mereka akan cenderung mengapresiasinya.

Contoh video belakang layar lainnya yang bisa Anda tiru:

  • Ketika memilih bahan mentah
  • Ketika melakukan proses pembuatan produk
  • Kegiatan sehari-hari tim yang bekerja di perusahaan
  • Cerita perusahaan hingga menjadi seperti sekarang.

Pengumuman penjualan atau diskon

Tidak ada yang lebih disenangi oleh orang yang sudah menyukai brand Anda selain diskon! Untuk membuatnya lebih eksklusif, buat pengumuman ini hanya di satu kanal—misalnya di Reels. Minta penonton Stories atau audien di Feed untuk mengunjungi Reels Anda untuk mendapatkan kode atau voucher diskon. Cara ini akan membuat tingkat keterlibatan dan jangkauan menjadi lebih baik untuk Reels Anda.

Sudah siap dengan Instagram Reels?

Terlalu dini untuk mengatakan Instagram Reels akan sesukses rekannya, Instagram Stories, tapi satu hal yang pasti adalah hadirnya Reels akan memberikan lebih banyak pilihan untuk lebih kreatif dalam membuat konten, mengerti keinginan audiens, dan meningkatkan visibiltas di Instagram. Jadi, selamat mencoba!

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions