Pro dan Kontra Instagram Reels untuk Pemasar

Reels atau TikTok? Atau, bagaimana jika pilihannya adalah Instagram Stories atau TikTok? Atau Instagram Reels saja? Dalam artikel ini, kami akan membandingkan agar Anda bisa memilih mana yang lebih baik di antara semuanya—terutama pro dan kontra Instagram Reels untuk marketing sebagai platform baru.

Adopsi Dini Instagram Reels

Instagram lewat fitur Reels menawarkan cara baru untuk membagikan video pendek dengan durasi 15 detik di dalam aplikasi Instagram.

Dengan adanya penambahan ini, Instagram kini memiliki lima fitur utama—Feed, Stories, Live, IGTV, dan Reels—yang akan membuat Anda memproduksi banyak konten untuk memaksimalkan audiens di Instagram. Meski demikian, hal itu tidak berarti Anda harus menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk memaksimalkan Instagram Reels.

Jika audiens termasuka dalam demografi yang tepat untuk mengetahui tentang Instagram Reels dan berpotensi menjadi penonton setia (untuk konten dalam fitur Reels), maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Reels dalam menjangkau audiens baru.

Fakta di lapangan, tidak semua orang atau bisnis memiliki anggaran, waktu, dan kecenderungan untuk berkomitmen memproduksi jenis konten di luar yang sudah ada. Jadi, jika Anda sudah mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari strategi marketing yang ada saat ini, sebaiknya Anda menunggu sampai Instagram Reels berada dalam posisi “mapan”.

Harus diingat juga bahwa semakin populer Instagram Reels nantinya, cara kerja algoritmenya pun kemungkinan akan berubah—sehingga menjadi pengadopsi dini akan memberikan Anda keuntungan awal.

Keuntungan Menggunakan Instagram Reels (Pro)

Berikut adalah keuntungan yang akan didapatkan pengguna awal yang mengadopsi Instagram Reels—baik untuk bisnis maupun personal:

Ledakan Eksposur yang Tak Terduga

Biasanya ketika Facebook meluncurkan produk atau fitur baru, mereka akan memprioritaskan konten-konten yang digunakan dalam fitur tersebut. Dan, itu juga yang terjadi pada Instagram Reels.

Banyak pengguna yang melaporkan bahwa jangkauan dan keterlibatan konten mereka mengalami peningkatan yang signifikan—bahkan ketika mereka mengunggah konten yang sudah pernah mereka unggah di platform lain atau di Instagram itu sendiri.

Instagram Reels Mudah Digunakan

Konten video biasanya membutuhkan usaha yang cukup banyak dari segi waktu, biaya, dan produksi. Namun, seperti yang kita tahu, Instagram Reels dibuat menyerupai TikTok dengan video singkat berdurasi 15 detik saja sehingga tidak akan menghabiskan waktu dan biaya serta dapat dibuat langsung di dalam aplikasi.

Mudah dibuat, durasi singkat, dan mendatangkan banyak penonton berarti membuat produk, layanan, atau brand Anda lebih cepat dikenal tanpa menghabiskan banyak waktu sebagaimana yang disebutkan sebelumnya.

Konten di Instagram Reels Bersifat Permanen

Sebelumnya, Instagram sudah menyediakan tempat untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik melalui Instagram Stories, tetapi kali ini Instagram Reels dibuat untuk menyimpan video pendek secara permanen—Stories sendiri akan hilang dalam 24 jam (kecuali Anda menaruhnya di Sorotan/Highlight).

Secara teori, konten untuk Instagram Reels mudah dan cepat untuk dibuat, jadi kami menyarankan untuk membuat banyak konten dan bersifat kontinyu untuk dimasukkan ke dalam bagian dari strategi marketing Anda ke depannya.

Kontra Instagram Reels

Jika audiens Anda ada di Instagram, mungkin Anda akan berekspektasi bahwa mereka sudah menggunakan dan menonton konten-konten di Reels. Namun, bukan itu masalahnya.

Saat ini, Reels cukup sulit ditemukan di dalam aplikasi Instagram. Untuk menemukannya, Anda harus mencarinya di Explore, dan sampai Instagram Reels memiliki “Feed”-nya sendiri, itu berarti belum semua orang menemukannya dengan mudah.

Salah satu kekurangan nyata Instagram Reels saat ini adalah Anda tidak dapat menjadwalkan postingan secara otomatis. Jadi, jika Anda ingin memasukkan Reels ke dalam bagian dari strategi konten marketing Anda, mungkin sekarang bukanlah waktu yang tepat jika menginginkan hasil yang maksimal.

Instagram Reels vs Stories dan IGTV

Idealnya, Anda seharusnya membuat konten untuk seluruh kanal yang diciptakan di Instagram. Namun, jika tidak memungkinkan, maka Anda harus memutuskan mana yang harus Anda pilih untuk menaruh konten-konten marketing Anda—dan fokus di sana. Dwibandingkan dengan Stories, Reels menawarkan keuntungan yang saat ini tidak diberikan oleh Stories.

Reels Lebih Mudah Dibagikan

Sebelumnya, kami menyebut bahwa Reels lebih mudah digunakan. Sekarang, lebih mudah dibagikan. Sebagaimana yang kita tahu, Instagram Stories hanya bisa di-repost jika pengguna yang membuat Stories menyebut (mention) Anda di dalam postingannya. Selain itu, Anda juga tidak bisa membagikan Stories ke Feed.

Di sisi lain, Reels menawarkan kemudahan yang lebih fleksibel. Instagram Reels memungkinkan Anda untuk membagikan Reels milik orang lain ke profil Anda (Stories atau Feed) dan berpotensi memberikan jangkauan dan keterlibatan yang tidak terbatas.

Reels Memungkinkan Penggunaan Banyak Tagar

Sama seperti di Feed, lewat Instagram Reels Anda bisa menggunakan hingga 30 tagar dalam satu Reels. Selain itu, Reels menyediakan 2.000 karakter untuk ditulis bersamaan dengan tagar, memungkinkan Anda untuk membuat caption dan cerita yang lebih panjang untuk menarik atensi audiens.

Sebagai perbandingan, Stories memungkinkan penggunaan tagar hingga maksimal 10 tagar. Keuntungan lainnya adalah karena konten di Reels bersifat permanen sehingga Anda akan mendapatkan jangkauan secara terus-menerus selama Anda tidak menghapus Reels secara manual.

Menargetkan Ulang Audiens lewat Instagram Reels

Karena masih baru, Facebook belum membuka fitur monetisasi untuk Reels. Artinya, tidak akan ada iklan di Feed untuk Reels. Selain itu, jika Anda dapat menggunakan Instagram Reels untuk menargetkan ulang audiens dan menjadikannya game-changer—dan menarik pelanggan baru lewat Reels.

Namun, sebagai catatan penting, kita belum tahu bagaimana cara kerja algoritme Instagram Reels sehingga mungkin butuh waktu untuk mengetahui demografi dan karakteristik para audiens di sana. Jadi, butuh trial and error untuk mengetahui tingkat keefektifan Instagram Reels untuk marketing.

Kesimpulan

Masih terlalu dini untuk menyebut bahwa Instagram Reels efektif untuk marketing. Namun, jika Anda ingin mencoba, akan menjadi pilihan yang tepat terutama untuk menjangkau audiens baru yang kemungkinan memiliki kebiasaan berbeda dengan audiens di Instagram Stories maupun IGTV.

Menggunakan Reels untuk membuat konten baru juga akan menentukan masa depan platform serta memberikan peluang untuk berkompetisi dengan konten-konten yang ada di platform seperti TikTok.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin Instagram Reels akan sama meledaknya dengan IGTV, Stories, atau bahkan Instagram itu sendiri—yang mengubah kiblat konten secara keseluruhan.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions