Kekuatan Tik Tok dan Influencernya di Era Digital Masa Depan

Tik Tok adalah salah satu platform sosial pendatang baru yang dapat dikatakan sangat fenomenal di internet. Jika beberapa platform sosial membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk dikenal luas oleh masyarakat, maka tidak dengan Tik Tok.

Tik Tok adalah sebuah platform sosial yang berbasis pada musik video, pertama kali diluncurkan pada September 2016 di Cina dengan nama Douyin. Hanya dalam waktu kurang dari dua tahun, kini Tik Tok sudah tersedia dalam 36 bahasa di seluruh dunia dan memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan.

Sekitar lima bulan yang lalu, salah satu aplikasi video pendek sejenis bernama Musical.ly terpaksa menutup layanannya yang sudah memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif bulanan dan memaksa mereka untuk beralih ke Tik Tok. Tik Tok yang dimiliki oleh salah satu raksasa internet Cina, Beijing Bytedance Technology mengklaim bahwa mereka telah mengakuisisi Musical.ly dengan nilai yang tidak tanggung-tanggung mencapai USD 1 miliar. Hal ini semakin menjelaskan bahwa Bytedance benar-benar serius dalam mengembangkan Tik Tok di seluruh dunia.

Tingginya pengguna Tik Tok sempat menjadi kontroversi di Indonesia, yang kemudian mengakibatkan tindakan kontroversial pula oleh pemerintah Indonesia yang tiba-tiba memblokir Tik Tok dengan alasan konten yang tidak edukatif dan terlalu adiktif. Padahal, platform mana pun berpotensi mengakibatkan hal serupa jika pengguna tidak membatasi penggunaannya.

Kabar baiknya, tidak perlu menunggu lama kini Tik Tok sudah dapat diakses kembali setelah pemerintah Indonesia memutuskan untuk membuka blokir layanan platform musik video yang sangat populer yang telah melahirkan banyak artis Tik Tok di Indonesia ini.

Sejak akuisisi Musical.ly oleh Tik Tok terjadi, mereka telah mendapatkan momentum di pasar Amerika Serikat dan juga seluruh dunia. Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik ini telah diunduh dan diinstal sebanyak 80 juta kali di Amerika Serikat dan memecahkan rekor unduhan pada bulan Oktober sebanyak 3,8 juta unduhan.

Per November 2018, sudah ada sekitar 795 juta orang yang memasang Tik Tok di perangkat mereka (belum termasuk pengguna Android di Cina).

Perkasanya Tik Tok dibuktikan dengan bertenggernya aplikasi ini di peringkat pertama sebagai aplikasi gratis nomor 1 di Apple App Store di Amerika Serikat, dan juga Indonesia. Unduhan aplikasi Tik Tok meningkat hingga 300% dari tahun ke tahun yang disinyalir sebagian di antaranya juga berasal dari pengguna yang sebelumnya menggunakan platform Musical.ly.

Angka pengguna Tik Tok yang tidak kecil ini bisa jadi ancaman serius bagi Facebook, Instagram, dan juga Snapchat yang juga memiliki fitur video pendek yang penggunaannya mirip-mirip dengan Tik Tok. Di Amerika Serikat sendiri, Facebook bahkan meluncurkan aplikasi atau platform khusus bernama Lasso, khusus untuk menghentikan dominasi Tik Tok. Facebook menulis deskripsi yang cukup menarik dan secara terang-terangan menganggap Tik Tok sebagai lawan. “Mudah bagi siapa pun untuk membuat dan berbagi video pendek dengan filter dan efek yang menyenangkan,” tulisnya.

Namun bagaimanapun, data industri jelas menunjukkan bahwa Tik Tok maju pesat. Aplikasi ini memiliki daya tarik tersendiri yang lebih luas untuk menarik pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek.

Berikut ini adalah beberapa fakta lain mengenai aplikasi Tik Tok yang tengah populer di kalangan remaja-muda di Indonesia, dan seluruh dunia pada khususnya:

#1 Unduhan bulanan Tik Tok mengalahkan WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang dibeli oleh Facebook pada tahun 2014 lalu. Bisa dibilang, kepopuleran WhatsApp telah menggeser SMS, bahkan lebih dari itu sebab mampu memberikan layanan yang lebih lengkap dan dapat digunakan secara gratis. Namun, ternyata kepopuleran WhatsApp tidak membuatnya mengalahkan Tik Tok dalam jumlah unduhan.

Dalam hal unduhan bulanan, rupanya Tik Tok diunduh lebih banyak hingga perbedaan 10 juta unduhan lebih banyak dibandingkan WhatsApp.

#2 Populer di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia

Pengguna Tik Tok di Indonesia adalah salah satu yang cukup besar dari total pengguna. Namun, aplikasi berbagi video pendek ini bahkan menjadi viral di seluruh dunia. Beberapa artis terkenal dari Korea Selatan juga turut meramaikannya. Salah satu yang menjadi viral adalah Yoo Seon Hoo ketika membagikan video bersama kentang goreng dan saus tomat.

#3 Lagu “Syantik” Siti Badriah menjadi lagu paling populer di Tik Tok Indonesia

Siti Badrian adalah salah satu penyanyi dangdut Indonesia yang namanya kian dikenal setelah banyak yang menggunakan lagunya di platform berbagi video musik pendek ini.

Dampak dari populernya lagu “Syantik” milik Siti Badriah adalah lagu tersebut kini sudah ditonton lebih dari 462 juta kali di YouTube, salah satu platform video terbesar dan terpopuler di dunia saat ini.

#4 Sempat disalahgunakan oleh pengguna

Penyalahgunaan platform Tik Tok nampaknya menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah sempat memblokir akses ke aplikasi ini di saat sedang meledak-ledaknya. Banyak pengguna yang menggunakan Tik Tok untuk membuat video yang kurang mendidik dan bahkan terkesan tidak senonoh.

Namun, setelah dibuka kembali dan dapat diakses, tidak ada lagi berita negatif dari platform yang didirikan oleh Zhang Yiming ini.

#5 Pengguna Tik Tok sering disebut alay

Alay adalah sebutan lain untuk menggambarkan kelakuan seseorang yang norak atau dianggap kurang serasi. Cap ini pada akhirnya melengket pada para pengguna Tik Tok di Indonesia. Meski demikian, penggunanya tetap banyak dan masih sangat aktif. Berdasarkan berita dari Kompas Tekno, pengguna Tik Tok di Indonesia mencapai angka 10 juta.

#6 Menjadi hiburan alternatif bagi penonton

Meski dianggap alay, norak, atau berlebihan, tetapi Tik Tok tetap mencuri perhatian dan menjadi hiburan alternatif bagi penonton yang geram dengan berita-berita politik dan provokatif di media lain seperti Facebook dan Twitter.

Influencer Tik Tok berasal dari kalangan yang beragam. Di artikel yang pernah kami tulis tentang Top 30 Artis Tik Tok di Indonesia, mereka terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan dan umur. Mulai dari anak-anak yang dipopulerkan oleh orangtuanya menggunakan nama akun anak, remaja yang menggunakannya atas inisiatif sendiri, sampai dewasa yang berasal dari berbagai pekerjaan seperti polisi, kreator konten, hingga pekerja kantoran.

Tik Tok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh pada awal tahun ini, dan dengan akuisisi terhadap Musical.ly, sepertinya mereka baru saja memulai.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons