8 Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Instagram

Secara berkala, Instagram mengubah algoritme di dalam aplikasinya yang turut mengubah cara kita menggunakannya, sehingga menjadi penting untuk para pemasar dan brand untuk terus mencoba strategi baru untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan di Instagram.

Pada artikel ini, kami akan membahas 8 cara mudah (dan efektif) untuk meningkatkan engagement di Instagram dengan pendekatan praktik nyata yang dapat langsung Anda tiru di akun pribadi atau akun bisnis Anda.

#1 Pastikan untuk Memposting pada Waktu Optimal

Cara termudah untuk membuat algoritme Instagram berjalan sesuai keinginan dan meningkatkan engagement adalah dengan membuat postingan pada saat sebagian besar pengikut Anda sedang online.

Mengapa? Sebab algoritme Instagram akan melacak seberapa cepat waktu postingan Anda mendapatkan suka dan komentar, jadi sangat tidak disarankan untuk memposting ketika sebagian besar pengikut sedang tertidur (dengan alasan apa pun).

Sayangnya, tidak ada jawaban pasti atas pertanyaan kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram. Sebab, semuanya bergantung pada usia, lokasi, dan industri audiens itu sendiri dan setiap akun berbeda satu sama lainnya.

#2 Pesan Langsung

Pesan Langsung atau Direct Message adalah salah satu fitur Instagram yang memungkinkan percakapan yang lebih pribadi. Dan salah satu bagian penting dari komunitas Instagram adalah percakapan.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur Pesan Langsung untuk meningkatkan engagement, dengan fokus untuk membangun komunitas, dan menunjukkan minat yang tulus pada orang-orang yang berada di dalam lingkaran audiens.

#3 Manfaatkan Instagram Story Sticker

Algoritme Instagram melacak segala bentuk engagement dari berbagai sisi, dan meski Instagram Story Sticker tidak memberikan suka dan komentar lebih pada postingan Anda, Sticker dapat meningkatkan rasio keterlibatan (engagement rate) secara keseluruhan.

Hal itu berarti akan memberikan pemantik pada algoritme bahwa orang-orang menyukai konten dan tertarik dengan akun Anda. Singkatnya, akun Anda akan ditampilkan lebih sering di Feed para pengikut Anda karena peran Sticker tadi.

Ada banyak cara untuk meningkatkan engagement melalui Sticker di Instagram Story, misalnya polling, kuis, dan pertanyaan dengan pilihan jawaban menggunakan stiker.

  • Poll Sticker

Poll Sticker memungkinkan pengguna Instagram untuk bertanya kepada para pengikut mereka tentang opini, atau apa pun yang mereka inginkan (Poll Sticker) tidak dibatasi dalam hal apa pun.

Poll Sticker bagus untuk riset pasar, mendapatkan umpan balik, atau hanya untuk sekadar membuat permainan menyenangkan bersama para pengikut untuk mengenal lebih jauh karakter mereka.

Poll Sticker cukup banyak membantu meningkatkan engagement sebab hasilnya hanya akan terlihat setelah penonton Story mengklik salah satu pilihan yang ada. Keingintahuan yang besar akhirnya membuat para penonton mau tidak mau mengklik pilihan untuk melihat hasil—yang tentu saja sangat mudah karena hanya satu kali ketuk.

  • Question Sticker

Question Sticker adalah salah satu cara termudah membuat audiens mempelajari lebih lanjut mengenai brand atau bisnis Anda.

Banyak influencer dan brand menggunakan fitur ini untuk mendorong pengikut mereka bertanya soal apa pun kemudian mereka membagikan jawabannya kepada pengikut yang lain. Cara menjawab pun variatif, bisa dengan mengetik teks, atau menjawab dengan video—yang membuat konten semakin menarik.

  • Quiz Sticker

Quiz Sticker juga merupakan salah satu fitur yang ampuh meningkatkan engagement. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetes audiens tentang brand Anda, membahas topik yang sedang menjadi tren, atau hal lain yang relevan dengan brand Anda.

Jika audiens Anda adalah orang-orang yang interaktif dan kompeten, menggunakan fitur Quiz Sticker ini akan menjadi salah satu cara efektif meningkatkan engagement.

#4 Buat Kontes

Kontes di Instagram bisa dibilang adalah cara tercepat untuk meningkatkan engagement, cara ini cukup efektif karena biasanya peserta diharuskan untuk memposting ulang, memberikan suka, komentar, bahkan men-tag beberapa orang teman sehingga keterlibatan cenderung lebih tinggi.

Cara ini tidak hanya akan membuat algoritme Instagram memihak pada postingan Anda, tetapi juga akan memperkenalkan profil Anda ke audiens yang baru lewat tag beberapa teman tadi.

Kontes yang paling umum diadakan di Instagram adalah giveaway, jadi jika Anda memiliki hadiah menarik untuk dibagikan, akan menjadi awal yang sempurna untuk memulai kontes.

Jika Anda memiliki ceruk audiens yang lebih kreatif, Anda dapat membuat kontes foto atau bahkan video dan meminta peserta untuk membuat foto atau video mereka sendiri di Feed, dengan tema yang telah ditetapkan.

Yang perlu diingat adalah gunakan tagar yang paling relevan dan mewakili brand Anda, karena tagar ini akan dapat membawa brand atau bisnis Anda ke level yang lebih tinggi.

Baca Juga: Panduan Penggunaan Tagar di Instagram [Lengkap]

#5 Ajukan Pertanyaan di Caption

Jika yang Anda inginkan adalah komentar, buatlah konten yang “memaksa” pengikut Anda meninggalkan komentar di setiap postingan yang Anda posting.

Anda bisa mengajukan pertanyaan di caption, atau membuat kotak interaksi lainnya yang akan membuat pengikut Anda terus mengikuti setiap postingan Anda. Biasanya, konten lucu akan mengundang komentar dan audiens yang interaktif.

Namun, cara lain yang dapat dicoba adalah meminta opini, ide, atau inspirasi dari para pengikut. Umumnya manusia menyukai pengetahuan umum semacam itu.

Selain itu, pastikan Anda membalas setiap komentar yang masuk untuk menjaga percakapan tetap hidup, dan tunjukkan pada pengikut Anda bahwa Anda menghargai setiap komentar mereka dengan meluangkan waktu untuk membalasnya. Membina dan memelihara komunitas ini akan meningkatkan engagement di Instagram.

#6 Posting pada Hari Raya dan Hari-hari Besar

Memanfaatkan trafik lewat tagar pada perayaan hari-hari besar dapat meningkatkan engagement dengan cukup signifikan dalam waktu yang singkat.

Tren tagar seperti #EarthDay atau #WorldGinDay sangat ramai di media sosial, dan banyak brand dan influencer yang benar-benar menyiapkan konten pada hari-hari tersebut untuk ikut terlibat secara khusus dalam perayaan.

Baca Juga: Meningkatkan Engagement lewat Instagram Stories

Ada banyak hari besar yang dapat dirayakan di media sosial, dan tidak menutup kemungkinan akan ada audiens yang menyukai konten yang berhubungan dengan perayaan tertentu saja—topik yang sesuai dengan mereka.

Selain itu, postingan yang sama juga dapat diposting di Instagram Stories menggunakan tagar yang sama untuk menampilkan Stories di Explore untuk meningkatkan jangkauan. Ingat, jangkauan banyak = engagement yang lebih tinggi.

#7 Kolaborasi dengan Akun Lain

Metode lain yang juga efektif untuk meningkatkan engagement adalah dengan melakukan kolaborasi.

Dengan berkolaborasi dengan brand atau influencer yang sesuai dengan brand dan profil Anda, Anda membuka peluang untuk memperkenalkan diri kepada sekelompok orang baru yang relevan dengan Anda.

Kolaborasi Instagram bisa dimulai dengan berbagai cara, seperti takeover (pengambilalihan), kontes, kampanya influencer, atau kerjasama dengan brand. Biasanya, kolaborasi dalam bentuk kontes akan meningkatkan engagement hingga dua kali lipat, karena itu cara ini adalah yang paling disarankan.

#8 Konten Hewan

Tahukah Anda, postingan di Instagram yang berisi hewan-hewan memiliki tingkat engagement yang jauh lebih tinggi daripada postingan lainnya.

Ketika kami sebut jauh lebih tinggi, perbedaannya benar-benar jauh: Brand dapat menemukan hingga 295% peningkatan jumlah komentar pada postingan yang menampilkan hewan—terutama hewan peliharaan.

Kesimpulan yang tidak diragukan lagi: Orang-orang menyukai hewan. Brand-brand telah berhasil melihat celah ini, dan kita bisa melihat coworking space WeWork bahkan sudah punya tagarnya sendiri: #DogsOfWeWork

Cara-cara yang kami sebutkan di atas adalah cara-cara yang cukup mudah untuk diaplikasikan, tetapi efektif untuk meningkatkan engagement. Dan, hewan-hewan pada poin terakhir adalah yang paling mencuri perhatian, jadi temukan hewan-hewan yang fotogenik, dan buat konten yang memikat. Selamat mencoba!

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions