Cara Menemukan Tagar untuk Meningkatkan Engagement

Percaya atau tidak, tagar di Instagram masih menjadi sesuatu yang populer.

Namun, ternyata banyak orang yang tidak mengerti cara kerja dan bagaimana menggunakan tagar dengan baik, dan akhirnya berhenti menggunakannya.

Tidak dapat dimungkiri juga, masih banyak sekali bisnis yang menjadikan tagar sebagai solusi atas kebutuhan mereka, entah untuk mencari seorang social media manager baru, sebagai bahan pertimbangan untuk membuka cabang bisnis baru, atau mungkin untuk mencari fotografer lulusan baru.

Mengapa tagar penting untuk strategi Instagram

Menggunakan tagar masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan jangkauan dan mendorong engagement yang tinggi. Menggunakan tagar yang sudah ada (dan populer) maupun membuat tagar yang benar-benar baru untuk mewakili brand, keduanya tetap memiliki potensi untuk memberikan jangkauan.

Ada begitu banyak pengguna yang mencari dan bahkan mengikuti tagar setiap harinya (coba cek daftar following Anda, paling tidak ada satu tagar yang Anda ikuti di sana). Tagar yang mereka ikuti bisa saja berupa hal yang menjadi ketertarikan, sedang menjadi tren, atau acara yang sedang ramai diberitakan pada hari itu. Apa pun itu, tagar masih menjadi hal yang populer.

Untuk sukses di Instagram tentu saja Anda harus membuat postingan Anda dilihat sebanyak mungkin orang. Dan tagar, adalah salah satu cara agar orang-orang dapat melihat postingan Anda meskipun tidak mengikuti Anda—dan mungkin mereka tertarik lalu menekan tombol “ikuti”.

Tagar dapat membantu untuk mendorong engagement, terutama jika Anda memberitahu audiens untuk menggunakan tagar khusus. Anda bisa memulai dengan membuat kontes yang akan menghasilkan UGC (User-generated content), minta pengikut Anda untuk menggunakan tagar khusus dan menandai akun Anda, dan hal ini akan mendorong engagement. Cara ini juga menambah jangkauan karena pengikut Anda ikut membantu membagikan konten yang terkait dengan brand kepada koneksi atau lingkaran pertemanan mereka.

Cara menemukan tagar terbaik di Instagram

Menggunakan tagar untuk postingan di Instagram bisa menjadi bumerang yang akan merugikan jika Anda tidak melakukannya dengan tepat dan hati-hati. Salah satu cara yang mudah dan menghemat waktu adalah dengan menggunakan Pelacak Tagar Instagram dari StarNgage agar Anda bisa fokus dengan tagar dengan kualitas tinggi.

Baca juga: Daftar Tagar yang Dicekal Instagram 2020

Dengan menggunakan pelacak tagar Instagram dari StarNgage, Anda akan bisa menganalisis dan melihat insight dari tagar yang Anda gunakan—termasuk tagar mana yang akan mendorong suka, komentar, impresi, engagement, dan jangkauan paling banyak dalam postingan Anda di Instagram.

Jika Anda tidak ingin menggunakan tools, Anda juga dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan riset sendiri di Instagram. Mulailah dengan melihat tagar yang digunakan kompetitor dan lihat seberapa berhasil mereka melakukannya.

Jenis tagar yang sebaiknya digunakan dan diteliti

Mungkin saja brand menggunakan tagar yang berbeda untuk setiap postingannya. Strategi terbaik adalah dengan mencampur tagar yang jenis dan jangkauannya berbeda untuk setiap postingan.

Tagar yang sedang trending

Sama seperti di platform mana pun, tagar yang sedang trending pasti akan mendorong engagement yang besar dalam satu waktu. Sayangnya, menemukan tagar yang sedang trending di Instagram tidak semudah di Twitter atau Facebook. Jika Anda menggunakan tool seperti Pelacak Tagar Instagram dari StarNgage, Anda tinggal memilih “tagar teratas” dan tagar yang sedang trending akan muncul beserta angka-angkanya.

Jika Anda menggunakan cara manual, Anda harus mengetikkan sendiri kata kuncinya dan tagar yang berkaitan akan muncul—beserta angka-angkanya.

Tagar khusus

Tagar khusus atau branded hashtag adalah tagar yang diciptakan oleh brand yang mewakili brand dan memperlihatkan autentisitas kepada audiens. Pembahasan soal ini pernah kami bahas di sini.

Tagar dengan ceruk yang spesifik

Tagar dengan ceruk yang spesifik tidak akan mendorong keterlibatan sebanyak ketika Anda menggunakan tagar yang sedang trending atau tagar yang populer. Namun, kabar baiknya, dengan menggunakan tagar spesifik Anda akan berpeluang mendapatkan audiens yang memang benar-benar tertarik dan sesuai dengan target pasar Anda.

Contoh tagar dengan ceruk spesifik misalnya: #healingmybodywithfood yang berisi postingan makanan yang mengutamakan nutrisi dan nilai gizi. Orang yang mencari makanan secara umum tidak akan mencari postingan dengan tagar semacam itu.

Tagar acara

Tagar acara hampir sama dengan tagar spesifik. Bedanya, tagar ini fokus ke acara yang berlangsung di suatu tempat atau negara, cenderung menjadi tren sesaat, dan berlalu seiring waktu. Dengan menggunakan tagar acara, Anda juga dapat menemukan audiens yang kemungkinan besar sesuai dengan target pasar. Dengan tagar acara, Anda juga dapat mempertemukan orang-orang yang berada di acara yang sama lewat postingan-postingan terkait.

Tagar lokal

Jika Anda memfokuskan bisnis Anda di area tertentu, maka tagar lokal adalah cara yang sangat tepat untuk Anda masukkan ke dalam strategi marketing. Misalnya brand Anda adalah sebuah usaha property di Kota Surabaya maka Anda dapat menggunakan tagar #propertisurabaya dan Anda akan menemukan bahwa orang-orang yang datang ke akun Anda untuk berinteraksi adalah orang-orang Surabaya, atau yang akan tinggal di Surabaya dalam waktu dekat.

Cara ini—menggunakan tagar lokal—hampir selalu berhasil dan dicari cukup banyak pengguna setiap waktu.

Tagar yang digunakan oleh kompetitor

Meniru tagar yang digunakan oleh kompetitor bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan engagement. Anda bisa menggunakan tagar umum di indsutri yang sama, atau tagar spesifik yang juga mereka gunakan. Pelajari bagaimana brand tersebut menggunakannya, dan amati postingan dengan tagar apa yang mendulang keterlibatan paling tinggi.

Beberapa tips terkait penggunaan tagar di Instagram:

  • Anda dapat menggunakan hingga 30 tagar dalam satu postingan. Sebagian ahli menyarankan untuk menggunakan semuanya, sebagian lagi menganggap 30 tagar sama saja dengan menyampah. Cara terbaik untuk mengetahui mana yang paling efektif untuk industri Anda adalah dengan melakukan trial and error untuk keduanya.
  • Jangan menggunakan tagar yang sama untuk setiap postingan. Gunakan tagar yang relevan dengan foto/video yang Anda unggah, sesekali gunakan tagar yang sedang tren, dan terus lakukan riset hingga menemukan formula terbaik.
  • Jika Anda tidak ingin menaruh tagar di kolom caption, Anda juga dapat menaruhnya di kolom komentar. Cara ini tidak akan berpengaruh negatif terhadap postingan Anda—selama Anda menggunakan tagar yang relevan dan tidak dicekal oleh Instagram.
  • Jika Anda telah menemukan tagar yang cocok, simpah tagar tersebut untuk digunakan pada masa mendatang agar Anda tidak perlu melakukan riset setiap waktu.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, kemungkinan Anda akan sampai pada fase trial and error. Terus mencoba dan Anda akan selangkah lagi menuju formula yang tepat untuk bisnis Anda dalam meningkatkan engagement melalui tagar-tagar yang telah Anda temukan melalui riset tagar.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons