6 Cara Mengoptimalkan Tagar di Instagram

Tagar di Instagram bisa jadi sangat efektif untuk meningkatkan dan menumbuhkan pengikut, juga meningkatkan engagement, tetapi cara yang digunakan selalu berubah-ubah.

Tagar Instagram yang baik tidak hanya menjangkau sebanyak mungkin orang, tetapi menjangkau sebanyak mungkin orang yang benar-benar tepat untuk bisnis.

6 cara berikut ini dapat Anda coba untuk mengoptimalkan tagar di Instagram dan menjangkau target pasar serta meningkatkan engagement:

#1 Gunakan tagar yang relevan

Menggunakan tagar di Instagram adalah salah satu cara termudah untuk membuat postingan dijangkau lebih banyak orang. Namun, berapakah jumlah tagar yang sebaiknya digunakan dalam setiap postingan? Ini adalah pertanyaan yang cukup sering diajukan, sedikit kontroversial, dan tidak ada jawaban yang benar-benar tepat.

Instagram sendiri memberikan maksimal 30 tagar dalam satu postingan, dan beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan angka maksimal tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik. Asumsinya adalah: semakin banyak tagar, semakin banyak jangkauan.

Sementara itu, sebagian ahli lainnya mengatakan bahwa menggunakan 30 tagar sekaligus akan membuat postingan terkesan terlihat seperti spam dan menghilangkan rasa yang ditulis di dalam caption. Para ahli ini menyarankan agar pengguna menggunakan tagar paling tidak 3-5 saja dalam setiap postingan.

Akan tetapi, pernyataan dari mana pun yang Anda ingin ikuti, pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan dengan konten, audiens, dan bisnis. Menggunakan tagar secara acak (yang memiliki trafik tinggi) yang tidak relevan dengan konten akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Tidak hanya menghilangkan kepercayaan orang terhadap sebuah brand, tetapi juga akan membuat mereka membisukan postingan yang menggunakan tagar secara acak dan tidak relevan tersebut. Oleh sebab itu, tagar yang relevan adalah kunci utama untuk membuat postingan mendapatkan tempat terdepan.

Dan jika Anda menemukan kesulitan untuk menentukan tagar yang paling relevan (katakanlah 30 tagar) untuk bisnis Anda, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba:

  • Periksa tagar terkait

Untuk menemukan tagar terkait, Anda dapat mengklik tagar yang sudah ada dan melihat tagar terkait di bawahnya. Tagar-tagar yang Anda temukan pada bagian ini adalah tagar-tagar yang sudah diujicoba langsung oleh Instagram sehingga hasilnya tidak akan mengecewakan (sepanjang masih relevan dengan konten dan brand).

  • Perhatikan tagar yang digunakan brand sejenis

Cara lain yang cukup banyak ditiru adalah melihat brand lain yang sudah sukses menggunakan tagar untuk setiap postingan mereka. Biasanya, brand yang berhasil menggunakan tagar tidak terlalu banyak. Mereka menggunakan tagar terbaik untuk menjangkau audiens mereka.

Cara ini dapat Anda lihat, amati, dan praktikkan untuk postingan Anda pada masa yang akan datang untuk menggaet audiens yang juga relevan.

  • Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti StarNgage

Alat pencari tagar StarNgage memungkinkan Anda untuk menemukan, melacak, dan menganalisis tagar di Instagram secepat kilat. Pelacak tagar Instagram StarNgage akan mencari ke setiap sudut internet untuk memberikan analisis yang akurat dan real-time untuk semua tagar.

Dengan menggunakan pelacak tagar Instagram dari StarNgage, Anda akan bisa menganalisis dan melihat insight dari tagar yang Anda gunakan—termasuk tagar mana yang akan mendorong suka, komentar, impresi, engagement, dan jangkauan paling banyak dalam postingan Anda di Instagram.

#2 Periksa volume setiap tagar di Instagram

Setelah menemukan tagar yang relevan, penting untuk mempertimbangkan volume setiap tagar dalam postingan.

Jika sebuah tagar terlalu populer dan terlalu banyak postingan yang menggunakan tagar tersebut, maka postingan Anda akan cepat tenggelam di antara postingan lainnya. Sebaliknya, jika sebuah tagar nilainya terlalu kecil, engagement yang Anda dapatkan tidak akan ada artinya.

Sebagai langkah aman, gunakan tagar dengan jumlah postingan antara 10rb-200rb. Hal ini mengindikasikan adanya aktivitas di sekitar tagar dan tidak akan menenggelamkan postingan Anda terlalu cepat.

Tagar dengan ceruk biasanya memiliki pengikut yang loyal, sementara tagar yang sedang trending mampu mendorong keterlibatan instan untuk meningkatkan brand awareness. Jadi, saran dari kami adalah: kombinasikan antara tagar yang sedang trending, tagar dengan nilai 10rb-200rb, dan tagar dengan ceruk.

Dengan menggunakan cara tersebut, seiring berjalannya waktu Anda akan menemukan formula yang tepat tentang bagaimana menggunakan tagar yang tepat untuk brand Anda (tentu saja dengan sedikit trial and error).

#3 Kategorikan tagar berdasarkan brand, audiens, industri, dan lokasi

Jika Anda ingin mengkurasi tagar yang akan Anda gunakan di Instagram, mengategorikannya adalah salah satu cara yang cukup cerdas. Anda dapat mengategorikan tagar berdasarkan brand, audiens, industri, dan lokasi.

Untuk tagar brand misalnya, pastikan Anda menggunakan tagar yang mungkin juga akan digunakan oleh audiens Anda ketika akan membicarakan tentang brand Anda secara online. Tagar yang cukup sederhana seperti #StarNgage, #StarNgageApp, #StarNgageInfluencer, atau #IAmStarNgage.

#4 Pastikan agar tagar tetap rapi

Tentu saja tagar bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan banyak pengikut di Instagram. Namun, jika tidak hati-hati, akan membuat postingan Anda terlihat berantakan dan tidak profesional.

Untuk menjaga tagar tetap rapi, berikanlah jarak antara caption dengan tagar pada setiap postingan Anda. Cara ini akan merapikan dan mempercantik postingan. Kelihatannya memang mudah untuk membuat jarak seperti itu, tetapi sebenarnya tidak juga. Sebab, Instagram sering kali tidak memberikan ruang dan tidak membedakan “enter” ketika pengguna menulis caption.

Sampai di sini, timbul pertanyaan: di mana sebaiknya tagar ditempatkan, di caption atau kolom komentar? Menurut Instagram, tidak jadi masalah di mana pengguna ingin menaruh tagar. Namun, menaruh tagar di kolom komentar berarti engagement sudah diraih lebih dulu sebelum postingan Anda dilihat oleh publik.

#5 Gunakan tagar untuk Instagram Stories juga

Tahukah Anda jika tagar juga bisa digunakan untuk Instagram Stories?

Menaruh tagar di Stories juga dapat mendorong keterlibatan audiens jika mereka mencari melalui tagar. Ketika seseorang mencari berdasarkan tagar di Instagram, maka akan muncul konten berupa postingan, Stories, dan juga IGTV—yang berarti termasuk postingan Anda juga. Dan jika mereka menyukainya, mungkin saja mereka akan menekan tombol “ikuti” yang ada di profil Anda.

Anda dapat menambahkan sampai 10 tagar di Instagram Stories, termasuk satu tagar stiker yang dapat diklik.

Pro Tip: jangan membuat tagar yang ukurannya terlalu kecil di Stories. Ini akan membuat Instagram tidak memunculkan postingan Anda di bagian Explore.

#6 Hindari menggunakan tagar yang dicekal oleh Instagram

Jangan sesekali menggunakan tagar yang dicekal oleh Instagram. Menggunakan tagar yang dicekal Instagram di dalam postingan Anda akan menghasilkan kesia-siaan sebab postingan Anda tidak akan muncul di mana pun. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan tagar—terutama ketika Anda menggunakan tagar secara acak.

Tagar adalah salah satu cara paling efektif untuk menjangkau audiens yang organik, kuat, dan relevan di Instagram.

Selamat mencoba!

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons