10 Trik Mengoptimalkan Instagram untuk Bisnis Anda

Apakah Anda mengalami kendala dalam memaksimalkan profil Instagram Anda untuk bisnis? Jangan khawatir, kami memiliki 10 trik yang dapat dicoba untuk meningkatkan dan mengoptimalkan profil Instagram Anda untuk meraih lebih banyak audiens dan engagement.

Foto Profil

Sebagai sebuah bisnis, foto profil akun Anda sebaiknya adalah logo brand Anda—ini adalah cara termudah untuk meningkatkan brand awareness atau kehadiran brand.

Ketika seseorang mengunjungi profil Anda di Instagram, mereka akan langsung melihat logo Anda. Dan ketika mereka melihat logo Anda di tempat lain (katakanlah di platform media sosial yang lain), mereka akan lebih cenderung mengingat brand Anda.

Tips: pastikan gambar untuk logo brand Anda berukuran 110 x 110 piksel sebelum Anda mengunggahnya sebagai foto profil.

Nama Bisnis

Sekali lagi, tujuan Anda di sini adalah untuk meningkatkan brand awareness, dan salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengatur nama bisnis Anda sebagai nama untuk Instagram Anda.

Di Instagram, nama Anda adalah huruf tebal yang terletak di bawah foto profil. Dengan menambahkan kata kunci di dalam nama bisnis Anda (misalnya Toko Kue, atau semacamnya) akan membantu membuat orang-orang menemukan profil Instagram Anda melalui pencarian di mesin pencari Google atau mesin pencari lainnya.

Alihkan ke Profil Bisnis

Jika akun Anda sekarang belum dialihkan ke akun bisnis, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Dengan mengalihkan akun Anda ke Profil Bisnis, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dan dapat menikmati lebih banyak fitur.

Untuk mengalihkan akun personal Anda ke akun bisnis, Anda cukup masuk Pengaturan, pilih “akun”, dan dari sana Anda akan memiliki opsi untuk mengalihkan akun Anda ke Profil Bisnis.

Setelah Anda memilih opsi Profil Bisnis, Instagram akan mengarahkan Anda untuk memilih kategori. Ada banyak pilihan kategori yang dapat dipilih, pastikan Anda memilih kategori yang benar-benar mewakili brand atau bisnis Anda.

Dengan Profil Bisnis, Anda akan dapat menyisipkan email, nomor telepon, dan alamat. Dengan cara tersebut, orang-orang akan dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah, hanya dengan sekali tap. Kebanyakan bisnis hanya menyisipkan email dan nomor telepon, tetapi dengan menambahkan alamat akan semakin memudahkan orang untuk mengetahui dan menemukan bisnis Anda.

Bio

Optimalkan Bio di Instagram Anda untuk memberitahu audiens dengan singkat siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Gunakan bagian ini untuk menampilkan bagian terbaik dari brand Anda. Tuliskan persona brand Anda, dan masukkan kata kunci tertentu yang paling relevan—hanya jika memungkinkan.

Jika Anda memiliki tagar khusus untuk brand atau postingan Anda, Anda dapat menyertakannya ke dalam Bio Anda, agar ketika orang-orang mengklik tagar tersebut, mereka bisa langsung melihat koleksi produk Anda. Dalam sebuah situs web, penggunaan tagar di Bio mirip dengan tombol Call-to-Action.

Manfaatkan URL

Di profil Instagram, Anda hanya dapat menaruh satu tautan atau URL. Dengan menggunakan Linktree, Anda dapat memberikan opsi kepada pengunjung profil Anda untuk mengarungi lebih banyak tautan yang Anda miliki, misalnya tautan ke media sosial lainnya termasuk YouTube dan LinkedIn (jika ada).

Sorotan Instagram Stories

Sorotan Instagram Stories adalah tempat untuk menampilkan Stories Anda dalam waktu lebih dari 24 jam—bahkan selamanya. Namun, bagaimana memilih konten untuk ditaruh di Sorotan? Pilih konten-konten yang dapat menaikkan engagement profil Anda seperti Event, Diskon, Produk Baru, Produk Terlaris, dan semacamnya.

Menyoroti postingan dari pengikut Anda juga cukup ampuh untuk meningkatkan kepercayaan dan membangun loyalitas pelanggan.

Gunakan Konten yang Variatif

Pada umumnya, ada tiga tipe produk yang sering digunakan di Instagram untuk bisnis: Gambar yang menampilkan detail produk, model yang memegang atau menggunakan sebuah produk, atau flatlays.

Namun, agar konten semakin variatif dan tidak melulu soal jualan, Anda sebaiknya mengunggah jenis konten yang lain. Unggah konten non-jualan yang dapat mewakili brand atau produk Anda, selipkan beberapa kutipan, dan pastikan untuk membuat tema yang konsisten pada setiap gambar atau video yang Anda unggah tersebut.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda tetap dekat dengan audiens, dan tetap aktif di Instagram—algoritme Instagram akan berpihak pada Anda jika Anda aktif mengunggah konten.

Gunakan Alat untuk Automasi

Untuk menghemat lebih banyak waktu dan tenaga, gunakanlah alat untuk automasi postingan di Instagram Anda.

Ada beberapa alat automasi yang dapat Anda coba:

  • Automasi postingan. Dengan alat ini, Anda bisa menyiapkan konten untuk beberapa waktu ke depan dan Anda tinggal melihat hasilnya.
  • Alat pertumbuhan. Alat ini akan membantu akun Instagram Anda bertumbuh secara organik dan meningkatkan engagement akun Anda.
  • Alat analisis. Alat ini sangat berguna jika Anda sedang menjalankan sebuah kampanye di Instagram—membantu Anda melihat sejauh mana keberhasilan kampanye yang sedang berjalan dan memberikan gambaran bagaimana Anda harus mempersiapkan konten Anda berikutnya.

Bagikan Kutipan dari Para Ahli

Seperti yang sempat kami singgung sedikit di atas, bagian ini masuk ke dalam variasi konten yang juga dapat meningkatkan dan mengoptimalkan Profil Bisnis akun Instagram Anda.

Kutipan ini bisa berasal dari orang-orang yang berpengaruh di industri yang sama dengan industri yang sedang Anda jalankan, atau kutipan/motivasi dari orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di bisnis Anda. Jika Anda juga dapat menyoroti satu atau beberapa karyawan Anda pada waktu-waktu tertentu, akan lebih baik (Konteks dapat disesuaikan).

Manfaatkan Fitur Instagram Stories

Ada banyak fitur Instagram Stories yang dapat Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Misalnya, gunakan fitur repost untuk merepost postingan dari pengikut Anda, gunakan fitur Swipe Up, Location, Quiz, Questions, atau Polls.

Fitur-fitur tersebut cukup efektif untuk membuat akun Anda tetap aktif—akan semakin baik jika Anda menggunakan tagar karena orang-orang juga dapat menemukan akun Anda melalui tagar tersebut dan meningkatkan engagement.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions