Panduan Lengkap Instagram untuk Bisnis

Instagram Bisnis adalah alat yang sangat powerful yang dapat membantu visibilitas brand dan bisa menjadi salah satu hal yang membuat penjualan meroket.

Selama bertahun-tahun, Instagram telah menjelma menjadi platform yang hampir dibuat khusus untuk brand untuk menampilkan produk-produk dan layanan mereka. Konsumen (sekitar satu miliar) sudah ada di Instagram; kebanyakan mereka memiliki pendapatan besar untuk dibelanjakan, sementara hal lain yang menakjubkan adalah mereka menggunakan platform ini untuk mencari dan menemukan brand baru—dengan 70% pengguna secara teratur menggunakan Instagram untuk mencari tahu tentang brand dan produk.

Apakah Anda sudah memasarkan brand Anda di Instagram? Jika belum, sebaiknya lakukanlah sekarang, sebab brand kompetitor Anda kemungkinan besar sudah melakukannya dan sudah memenangkan pasar di platform media sosial ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya seberapa besar pengaruh Instagram untuk binsis. Namun, beberapa hal yang akan kami bahas berikut akan menjawab keraguan Anda, dan jika Anda belum memulai bisnis di Instagram, mulailah dari sekarang.

Mendorong Penjualan

Salah satu alasan paling absolut mengapa banyak brand menggunakan Instagram untuk bisnis, adalah karena Instagram mampu mendorong penjualan hingga ke angka yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

83% persen orang menggunakan Instagram untuk menemukan produk atau layanan baru, dan sebanyak 81% orang juga melakukan riset atau perbandingan terhadap produk-produk tersebut menggunakan Instagram. Dan, sebanyak 30% orang telah membeli produk yang mereka temukan di Instagram.

Instagram adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan produk Anda ke dunia luas. Dan belakangan, penjual semakin dipermudah dengan diperkenalkannya fitur Product Tags.

Bisnis maupun individu menghasilkan uang setiap hari dari Instagram, jadi sebaiknya Anda juga sudah mulai menggunakannya untuk bisnis Anda. Jika Anda melangkah dengan benar, Anda juga akan menghasilkan banyak penjualan sebagaimana yang telah diraih oleh orang-orang.

Meningkatkan Visibilitas

Dengan menggunakan Instagram sebagai platform pemasaran, Anda dapat meningkatkan visibilitas brand, membantu semakin banyak orang jadi familier dengan siapa dan apa yang Anda lakukan. Remaja, milenials, dan juga orang dewasa semaunya ada di Instagram. Jadi, tidak peduli siapa pun yang Anda target, pasar Anda ada di Instagram.

Instagram telah menjadi platform pemasaran yang luar biasa berkat pengguna aktif bulanan yang kini telah mencapai angka satu miliar. Angka tersebut sudah bisa memberikan jaminan bahwa Anda akan menemukan pasar untuk bisnis Anda di sana, dan semakin lama menggeluti tren di Instagram, Anda akan sama-sama mendapatkan kesenangan bersama para pengikut Anda—Instagram memang menyenangkan jika Anda memahami audiens.

Terhubung dengan Pelanggan

Sebelum era media sosial, brand tidak memiliki banyak cara untuk dekat dengan pelanggan mereka. Bahkan, tidak bisa sedekat itu. Kini, Anda dapat terlibat percakapan mendalam secara langsung dengan pelanggan Anda yang bahkan berasal dari belahan dunia lain. Bagaimana dengan Instagram? Percakapan melalui DM, komentar, atau interaksi lewat kuis, polling, dan lainnya di Instagram Stories akan membantu Anda mengenali lebih jauh dan lebih dekat pelanggan Anda sehingga lebih mudah untuk melakukan pendekatan dan penjualan produk.

Terhubung dengan pelanggan dengan cara seperti ini sangat penting: Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda. Mereka akan memberi masukan dan kecenderungan untuk membeli akan jadi semakin besar. Dan bagi pelanggan, terlibat langsung dengan brand di Instagram akan membuat mereka merasa lebih dihargai dan hal tersebut akan menumbuhkan loyalitas.

Memanfaatkan Tagar

Tagar adalah cara lainnya yang cukup efektif untuk membuat lebih banyak orang menemukan akun Anda. Tagar adalah sesuatu yang memiliki kekuatan super, tetapi hanya jika Anda tahu cara menggunakannya dengan benar: Gunakan tagar yang relevan dan jangan menyampah agar brand Anda terlihat lebih profesional.

Jika Anda tidak begitu yakin bagaimana memulai menggunakan tagar yang baik, kami akan dengan senang hari membantu. StarNgage memiliki Alat Pelacak Tagar di Instagram yang dapat Anda coba.

Pelacak tagar Instagram StarNgage akan “mencari ke setiap sudut di internet” untuk memberikan analisis yang akurat dan real-time untuk semua tagar. Termasuk tagar di foto dan video yang diunggah—beserta jumlah suka dan komentar.

Cari, Lacak, dan Analisis Tagar Instagram dalam Waktu Singkat

Pelacak tagar Instagram kami adalah yang Anda butuhkan untuk menganalisis performa tagar dan meningkatkan kampanye influencer marketing Anda.

Pilih Tema

Setiap bisnis di Instagram membutuhkan tema untuk branding di Instagram. Cara ini untuk membuat brand mereka bisa dikenal dengan lebih mudah hanya dengan melihat dari gambar tanpa perlu melihat lebih jauh. Skema warna, jenis konten, dan sebagainya bisa dibuat secara konsisten untuk membantu audiens mengingat brand atau produk Anda dengan mudah.

Anda dapat memilih tema yang berbeda untuk foto, video, dan grafik, asalkan ketiganya selalu dibuat dengan nuansa dan tema yang konsisten satu sama lain. Dan yang pasti, menjadi respresentasi yang tepat untuk warna brand Anda.

Baca Juga: 20 Aplikasi Terbaik untuk Instagram Stories 2020

Product Tags

Fitur Product Tags di Instagram memberikan jalan untuk menampilkan versi terbaik produk Anda ke Instagram. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna yang melihat postingan Anda akan dapat melihat nama produk berserta harga untuk setiap produknya. Jika tertarik, mereka dapat melihat lebih lengkap ke situs web Anda (jika ada).

Jika Anda bisa menampilkan foto produk yang menarik, tidak mustahil penjualan Anda akan meroket dalam waktu singkat (jika sudah menerapkan poin-poin lain yang telah disebutkan sebelumnya).

Instagram Ads

Sebagai tambahan, terutama jika Anda adalah brand baru, tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram Ads. Instagram Ads memiliki banyak keunggulan, seperti rasio konversi yang lebih tinggi, yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sangat mudah menargetkan audiens ideal di Instagram, dan beriklan di Instagram cenderung lebih murah dibandingkan dengan platform lain—serta jangkauannya lebih luas.

Anda dapat mulai membuat iklan Instagram melalui Facebook Ads Manager. Ingat, buarlah desain iklan Anda tidak Nampak seperti iklan. Buatlah agar terlihat seperti postingan biasa agar mereka tidak menyadari ketika sedang menggulir linimasa. Sertakan tombol Call-to-Action untuk membuat audiens lebih mudah menjangkau Anda.

Bermitra dengan Influencer

Bermitra dengan influencer adalah sesuatu yang sudah lumrah di media sosial. Carilah influencer yang relevan dengan bisnis Anda, tawari mereka dengan produk atau layanan Anda dan mintalah mereka untuk mempromosikannya di akun Instagram pribadi mereka.

Ada banyak jenis influencer yang dapat Anda jadikan mitra. Jika Anda memiliki biaya yang cukup, cobalah untuk menemukan influencer tipe macro. Namun jika tidak, influencer kategori micro juga memiliki rasio konversi yang signifikan.

Tips: Lakukan cara ini secara berkala untuk tetap terhubung dengan influencer dalam jangka panjang. Jadikan satu atau beberapa influencer tersebut sebagai brand ambassador Anda. Cara ini cukup efektif dan menjadi win-win solution bagi Anda dan mitra Anda.

Gunakan Instagram Stories

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa orang-orang di Instagram lebih sering mengunggah konten di Stories daripada di Feed mereka. Itulah mengapa kami menyarankan Anda untuk ikut memanfaatkan Instagram Stories untuk bisnis Anda.

Instagram Stories memiliki fitur tak terbatas yang dapat Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan para pelanggan dan audiens Anda, membuat mereka tetap dekat, dan menjadi bagian dari perjalanan pelanggan Anda dalam jangka waktu yang tidak singkat.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions