Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram?

Kembali ke masa-masa di mana umpan (Feed) di Instagram masih bersifat kronologis, pengguna menebak-nebak dan bermain-main dengan menemukan kapan waktu terbaik untuk melakukan posting di Instagram.

Banyak orang menyebut bahwa peningkatan keterlibatan atau engagement di Instagram berkaitan erat dan sangat tergantung pada waktu posting yang dilakukan dengan cermat. Waktu tersebut adalah waktu-waktu terbaik bermain di Instagram sampai akhirnya semua orang mencari cara untuk mengakali algoritme.

Algoritme Instagram berubah dengan cepat dan drastis.

Sekarang, untuk meraih engagement yang tinggi, pengguna dituntut untuk membuat konten yang menarik yang diminta dan diminati oleh pengguna. Dengan algoritme Instagram yang ada sekarang, jika tidak memposting pada waktu yang tepat, ada kemungkinan besar pengikut Anda tidak akan melihat postingan Anda. Lalu, bagaimana mengetahui waktu posting yang tepat di Instagram?

Jika Anda tidak begitu yakin di mana harus memulai soal kapan waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram, jangan khawatir. Dalam artikel ini kami akan membagikan kapan waktu terbaik untuk posting di Instagram berdasarkan hari dalam seminggu, dan berdasarkan industri.

Jika Anda dapat menemukan waktu terbaik untuk mengunggah konten-konten kreasi Anda, bukan tidak mungkin Anda dapat menjadi profesional yang andal dalam waktu singkat.

Hari terbaik untuk posting di Instagram dalam seminggu

Setiap akun Instagram memiliki audiens yang unik yang berasal dari kota dan zona waktu yang berbeda-beda. Jadi, menguraikan waktu posting Instagram yang terbaik sangat penting untuk keberlangsungan akun itu sendiri.

Meski demikian, pada umumnya peningkatan keterlibatan di Instagram berkolerasi dengan waktu-waktu tertentu—jika diperhatikan dengan saksama. Lalu, alat-alat penjadwalan postingan otomatis untuk media sosial, menganalisis 12 juta postingan di zona waktu berbeda dari seluruh dunia di akun dengan pengikut yang berbeda-beda untuk melihat dan mencari tahu apakah mereka dapat menemukan waktu terbaik untuk menghasilkan keterlibatan yang maksimal.

Dilakukanlah tes keterlibatan Instagram terbaik, dan ditemukan waktu posting terbaik sebagai berikut:

Senin: 6 pagi, 10 pagi, dan 10 malam.

Selasa: 2 pagi, 4 pagi, dan 9 pagi.

Rabu: 7 pagi, 8 pagi, dan 11 malam.

Kamis: 9 pagi, 12 siang, dan 7 malam.

Jumat: 5 pagi, 1 siang, dan 3 sore.

Sabtu: 11 siang, 7 malam, dan 8 malam.

Minggu: 7 pagi, 8 pagi, dan 4 sore.

*Meski ini adalah waktu terbaik untuk posting secara umum, pada akhirnya kembali lagi kepada perilaku audiens untuk setiap akun—karena setiap akun memiliki basis audiens yang unik.

Waktu terbaik untuk posting di Instagram berdasarkan industri

Sebagaimana telah disebutkan di atas, waktu untuk posting di Instagram sangat bergantung pada perilaku audiens setiap akun. Namun, dalam perjalanannya ada waktu-waktu ideal untuk memposting di Instagram berdasarkan industri yang lebih spesifik.

Sangat penting untuk Anda mengubah waktu posting berdasarkan industri untuk mendulang lebih banyak engagement dan audiens yang lebih luas untuk target jangka panjang.

Waktu-waktu terbaik untuk posting di Instagram yang disebutkan di atas adalah awal langkah yang baik, tetapi lebih dalam dari itu, Sprout Social membedah lagi waktu terabik untuk posting berdasarkan industri yang sedang Anda geluti, dan berikut adalah pembagiannya:

Industri retail

Industri retail cukup banyak bergantung pada media sosial saat ini, terutama pada masa pandemi seperti sekarang. Orang-orang menggunakan Instagram sebagai outlet belanja, dan para brand berlomba-lomba menyanyikan konten yang menarik untuk menarik tidak hanya engagement, tetapi juga penjualan.

Waktu terbaik: Rabu tengah hari (sekitar pukul 11) dan Jumat pagi (pukul 10 atau 11).

Hari terbaik dalam seminggu: Rabu.

Hari paling sepi: Minggu. Masuk akal mengingat akhir pekan lebih banyak digunakan orang-orang untuk menghabiskan waktu di dunia nyata.

Engagement terendah: Tengah malam dan pagi hari (Kebanyakan orang menggunakan waktu tersebut untuk tidur).

Industri media dan hiburan

Media sosial kini telah menjadi sesuatu yang sangat menonjol di dunia hiburan dan media, sehingga kini juga jadi lebih penting untuk menemukan waktu terbaik untuk tetap terlihat aktif dan menonjol di hadapan audiens.

Waktu terbaik: Jumat pagi (pukul 9-10).

Engagement terbaik: Rabu, Kamis, dan Jumat pada jam kerja (pukul 8 hingga 5 sore).

Engagement terendah: Sabtu dan Minggu, karena kebanyakan audiens pada waktu ini menghabiskan waktu beristirahat dan berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan nyata.

Industri teknologi

Industri teknologi memiliki cakupan audiens global yang sangat luas, sehingga cukup sulit untuk menentukan waktu terbaik untuk posting di indsutri ini. Karena itu, perhatikan lini masa berikut ini:

Waktu terbaik: Rabu pagi, pukul 6 atau 9 pagi.

Hari terbaik: Rabu pagi pukul 10-11, Jumat pagi pukul 7-10, dan Sabtu pagi pukul 7-10.

Hari sepi: Minggu. Di industri teknologi, kebanyakan orang tidak menengok media sosial pada hari tersebut.

Industri Pendidikan

Hari dan jam terbaik: Jumat pagi sekitar pukul 10.

Engagement paling konsisten: Rabu sampai Sabtu, pukul 10 pagi hingga 8 malam.

Engagement tertinggi: Rabu dan Jumat pagi dan Sabtu malam pukul 6-8.

Hari sepi: Minggu.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions