Tren Influencer Marketing 2019: TikTok

TikTok: Sebuah Wawancara

TikTok (sebelumnya dikenal dengan nama Musica.ly) adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan membagikan video, kini dengan cepat menjadi aplikasi paling populer di dunia.

Semua konten yang dibagikan di dalam aplikasi ini berbasis video (dengan durasi hingga 60 detik) dan merupakan gabungan dari video komedi sandiwara, lip sync, tantangan video-video viral, dan duet dengan pengguna lainnya. Video-video ini tentu saja dapat ditingkatkan dengan berbagai pengeditan, seperti filter augmented-reality yang ada pada Snapchat, dan opsi untuk mempercepat atau memperlambat rekaman dengan fitur slow down and speed up footage.

Sementara TikTok begitu populer di kalangan generasi Gen Z, adopsi selebritas meningkat dan membuat generasi yang lebih tua juga sudah mulai berekecimpung dan secara aktif mengonsumsi konten. Pada bulan September, TikTok melampaui pencapain Facebook, Instagram, YouTube, dan Snapchat dalam hal jumlah pemasangan bulanan di App Store milik Apple, dan pada bulan Juli mencapai 500 juta pengguna aktif bulanan yang dikoleksi secara global dengan catatan 6 juta unduhan berasal dari Amerika Serikat pada bulan November.

Meski angka tersebut hanya sebagian kecil untuk Facebook (2.27 miliar pengguna aktif bulanan), Instagram (1 miliar), TikTok jauh melampui Twitter (336 juta) dan Snapchat (186 juta).

TikTok menghasilkan konten-konten yang viral

TikTok menawarkan potensi yang luar biasa untuk menyebarkan video viral dengan begitu cepat dan eksposur brand yang maksimal dengan basis penggunanya yang terdiri dari kreator yang begitu berdedikasi, suportif, menyenangkan, serta algoritme yang juga mendukung dan mendorong momentum di balik konten yang memberikan hasil tinggi dan organik.

Konten di TikTok sangat menarik

Dengan umpan yang terus-menerus menyajikan konten berdurasi pendek, platform yang dikurasi, konten yang dapat dinikmati sambil bersantai, TikTok membuat pembuatan, pengeditan, dan konsumsi video di platform mereka menjadi sangat mudah, menjadikan orang-orang ketagihan dan menyukainya dengan cepat. Tercatat, rata-rata setiap orang menghabiskan waktu 294 detik di TikTok pada setiap sesi yang disajikan—lebih banyak dari platform sejenis lainnya.

Basis pengguna TikTok bersifat global

Pada Juni 2018 lalu, TikTok (yang dikenal dengan nama lain: Douyin di Cina) melaporkan sebanyak 500 juta pengguna aktif bulanan secara global yang tersebar di 150 negara dan wilayah. Sebagai perbandingan, selama waktu yang sama ini, Instagram mampu mencapai satu miliar pengguna aktif bulanan.

Fitur baru: TikTok sedang mengerjakan opsi iklan yang dapat ditawar

Pada kuartal terakhir ini, TikTok mengatakan kepada agensi mitra mereka di Amerika Serikat bahwa mereka sedang mengerjakan opsi iklan di platform mereka yang dapat ditawar, menandakan dukungan platform hingga ke level pengiklan. Secara khusus, perwakilan TikTok telah angkat bicara terkait opsi yang dapat ditawar di mana pengiklan akan dapat menawar satu sama lain untuk tayangan iklan yang mereka inginkan pada platform yang dikelola sendiri.

Sangat mungkin bahwa platform ini akan mencakup metode penargetan yang lebih maju dengan alat pengukuran yang lebih baik, dan tanggal peluncurannya dikabarkan akan segera dirilis dalam waktu dekat ini.

Saat ini, tawaran yang diberikan kepada pengiklan hanyalah pembelian langsung oleh IO di mana ada empat opsi yang tersedia yaitu: infeed, iklan video, iklan takeover oleh brand, dan branded lenses. Sementara platform menawarkan kepada pengiklan beberapa kemampuan penargetan dasar—seperti target geografis tingkat negara dan penargetan gender—ternyata format yang diberikan masih belum lengkap. Hal inilah yang mendorong TikTok segera meneyelesaikan fitur iklan barunya.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan saat ini, TikTok berhasil menarik banyak sekali kreator berbakat untuk menciptakan konten berkualitas tinggi yang menarik dan mampu membuat penontonnya kecanduan dalam sekali konsumsi—menjadikan TikTok sebagai platform yang sangat ideal untuk mengaktifkan influencer di dalamnya.

Melibatkan influencer dalam proses desain kreatif dan dalam proses ideasi adalah satu hal benar yang telah dilakukan oleh TikTok dalam perjalanan kreatifnya sejauh ini. Seperti yang dikatakan oleh Sidney Brown, “saya bekerja sama dengan anggota tim dari TikTok dan berbicara setiap dua minggu sekali tentang apa yang sedang ramai dan akan ramai mengenai sebuah brand, tagar yang sedang tren, di dalam sekup tantangan yang akan datang, dll. Saya juga sering menerima email dari para kreator TikTok terkait dengan hal apa yang telah mereka lihat dan tangkap, dan bagaimana hal itu bisa berhasil dengan baik. Saya dapat memberikan umpan balik dan juga saran yang juga dapat membantu saya menumbuhkan audiens dan juga meluaskan sudut pandang.”

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan TikTok sebaik mungkin untuk brand Anda:

Bekerja dengan kreator sesegera mungkin

Karena sifat viral dari platform yang sudah seperti hal biasa, para kreator akhirnya diberi insentif untuk menghasilkan dan membagikan konten sepanjang terjadinya tren. Berdayakan influencer untuk ikut terlibat dan menjadikannya budaya dengan integrasi brand atau produk di linimasa yang lebih pendek, dan lebih ramping untuk mendapatkan ROI dengan segera.

Dorong brand awareness dengan konten yang menarik

Para kreator populer dan yang sudah diverifikasi akan mendapatkan notifikasi terkait apa yang sedang menjadi tren, tagar apa yang sedang ramai, dan diberikan pemicu oleh platform untuk ikut andil memanfaatkan momentum dan menjamin kesuksesan konten di dalam platform ketika mereka memutuskan mengambil tempat.

Jadi yang pertama muncul di pasar yang sedang tren

Dengan kondisi di mana kreator dan brand sama-sama memiliki peluang yang sama di dalam platform yang sedang naik daun seperti ini, maka ROI yang akan mampu diraih kedua belah pihak akan sangat tinggi dalam waktu yang singkat. Tanpa menunggu kejenuhan muncul, sudah seharusnya brand-brand mengambil langkah pertama secepatnya untuk meluncurkan kampanye pertama mereka dan menjadi yang pertama memasarkan pada saat harga investasi awal belum memasuki tahap mahal.

 

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons