Memasarkan Bisnis e-Commerce lewat Siaran Langsung

Video siaran langsung untuk e-commerce adalah salah satu metode baru dalam pemasaran yang kami yakin sudah dilakukan oleh para kompetitor Anda (jika Anda belum menyadarinya) untuk memimpin perlombaan.

Apa itu video siaran langsung e-commerce?

Tahun 2020, siaran langsung menunjukkan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berbagai platform siaran langsung semakin matang, beragam, dan menawarkan nilai plus lainnya. Dan, pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini semakin membuat platform siaran langsung menjadi pilihan—terutama untuk dunia hiburan dan konsumsi online pada umumnya.

Penggabungan siaran langsung dan e-commerce yang juga dikenal dengan live commerce sudah terbukti berhasil di Cina, dan memimpin pasar untuk menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa ada peluang yang tak terbatas jumlahnya untuk dibawa ke ranah bisnis.

Ringkasnya, siaran langsung untuk e-commerce membantu mempromosikan atau mendemonstrasikan produk dan layanan Anda melalui video langsung di aplikasi seluler atau situs web—dengan dilengkapi kemampuan yang memungkinkan penonton menambahkan produk yang sedang dibahas ke dalam keranjang belanja dan melakukan checkout tanpa harus meninggalkan halaman siaran langsung yang sedang ditonton.

Tidak dapat dimungkiri, krisis yang tercipta karena pandemi COVID-19 telah “memaksa” hadirnya tren pembersihan inventaris melalui siaran langsung.

Dengan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang terus diterapkan secara berkala di berbagai kota besar, orang-orang mencari toko online untuk menuntaskan hasrat berbelanja mereka. Transisi ini membuat hilangnya jarak antara interaksi dan keterlibatan antara pelanggan dan brand, mendorong brand untuk mengubah cara menjual dari yang tadinya hanya di situs web kini menjadi ada di dalam siaran langsung—tempat mereka dapat berbelanja dan sekaligus berinteraksi secara langsung secara real time di mana pun mereka berada.

Bagaimana Siaran Langsung untuk e-Commerce Mengubah Penjualan Online?

Pusat perbelanjaan fisik—bersama dengan sektor-sektor lainnya, diselamatkan oleh siaran langsung e-commerce atau live commerce. iResearch memprediksi bahwa pada akhir 2020 nanti, Cina akan mampu mendapatkan 524 juta pengguna siaran langsung. Hal itu berarti, 40% penduduk Cina dan 62% pengguna internet di negara tersebut akan menjadi penyiar siaran langsung.

Skala total live commerce di Cina mencapai angka RMB433.8 miliar pada tahun 2019, dan diproyeksikan akan meningkat dua kali lipat pada akhir 2020 besok.

Jika kita tengok sedikit ke belakang, pada tahun 2019 industri live commerce hanya menyumbang 4,1% dari keseluruhan e-commerce—yang berarti masih menyimpan ruang yang sangat besar untuk tumbuh.

Keuntungan Menggunakan Siarang Langsung untuk e-Commerce

  • Live video shopping (pembelanjaan lewat siaran langsung) memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan meningkatkan tingkat konversi penjualan.
  • Elemen real time video siaran langsung menciptakan ketertarikan dan membuat pengguna betah menonton dalam waktu yang lebih lama.
  • Menciptakan eksklusivitas dan rasa mendesak yang akhirnya meningkatkan angka rata-rata yang dikeluarkan setiap kali pembelian.
  • Video siaran langsung mampu menarik pelanggan baru karena memiliki jangkauan yang lebih luas.

Bagaimana Menggunakan Video Siaran Langsung untuk e-Commerce?

Dengan sumber daya yang tepat, melakukan siaran langsung untuk e-commerce sangat mudah dilakukan. Anda bisa dengan mudah melakukan siaran langsung dan mempromosikan produk atau layanan Anda di platform yang menyediakan fitur siaran langsung gratis seperti Facebook, Instagram, atau YouTube. Kekurangannya untuk platform yang disebutkan, peluang penjualan Anda mungkin akan sedikit terbatas.

Sebagai contoh, siaran langsung di Facebook, Instagram, atau YouTube tidak memiliki fitur pembayaran atau tidak memungkinkan penonton untuk melakukan checkout secara instan. Lalu bagaimana caranya? Penonton harus berkomentar lewat kolom komentar saat siaran langsung jika mereka menginginkan sebuah produk, dan penjual akan menghubungi mereka setelahnya.

Hal lain yang tidak akan Anda dapatkan dari menggunakan platform siaran langsung gratis adalah kedalaman data dari audiens, sehingga Anda tidak dapat menganalisis data penonton siaran langsung Anda untuk mengimprovisasi konten siaran langsung Anda ke depannya.

Ada banyak platform siaran langsung berbayar di luar sana yang dapat Anda manfaatkan yang akan memberikan insight tentang penonton Anda—untuk memperbaiki kualitas dan keberagaman konten Anda ke depannya.

Tips untuk Anda Mulai Menjual Produk atau Layanan melalui Platform Siaran Langsung:

  • Pastikan platform siaran langsung tersebut menyediakan video berkualitas tinggi. 67% orang mengatakan bahwa kualitas video adalah hal paling penting ketika menghadiri atau menonton sebuah siaran langsung.
  • Promosikan dan tunjukkan produk secara lebih dekat. Ini akan membuat penonton bisa melihat lebih dekat dan lebih detail produk yang sedang Anda promosikan—menjadi alasan lain mengapa menjual lewat siaran langsung jauh lebih menarik dibandingkan dengan menjual langsung lewat situs web.
  • Promosikan siaran langsung sebelumnya (jika sudah ada). Cara ini cukup efektif untuk membuat orang-orang lebih tertarik menonton siaran langsung Anda, karena Anda sudah memiliki track record
  • Buat siaran langsung Anda mobile-friendly (dapat diakses dan ditonton dengan baik di ponsel). Hal ini untuk mengantisipasi orang yang menonton dari berbagai macam perangkat.
  • Hal paling penting, pastikan ada tombol “bagikan” untuk produk agar dapat dibagikan lintas platform (jangan berfokus pada satu platform saja untuk menarik pelanggan).

Kesimpulan:

Video siaran langsung untuk e-commerce adalah salah satu tren yang meningkat secara signifikan dan memberikan nilai lebih pada dunia belanja—terutama selama masa pandemi dan PSBB yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Melakukan promosi dan penjualan lewat siaran langsung akan akan memberikan Anda kesempatan untuk tetap berada di garis depan persaingan dengan kompetitor.

Video siaran langsung untuk e-commerce tidak hanya akan membantu meningkatkan penjualan, tetapi juga akan memberikan informasi bernilai untuk pelanggan Anda.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions