Memaksimalkan Instagram Story untuk Dorong Konversi

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang bagaimana Menggunakan UGC Menjadi Konversi di Instagram Story, pada artikel ini kami menulis tentang bagaimana Memaksimalkan Instagram Story untuk Mendorong Konversi.

Gunakan CTA geser-ke-atas

Berikan audiens Anda cara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, membaca postingan blog terkait, beli tiket, dll. Anda bisa menyediakan hal ini dengan memanfaatkan fitur CTA geser-ke-atas. Cara ini digunakan oleh banyak brand untuk menghubungkan audiens mereka ke postingan blog terkait. Sebuah gambar yang menarik dengan teks (yang dilengkapi CTA geser-ke-atas) akan menimbulkan keinginan dari audiens untuk mengikuti instruksi dan mengunjungi situs web untuk mempelajari lebih lanjut berdasarkan informasi yang diberikan di dalam gambar di Story.

Catatan: Fitur geser-ke-atas hanya dapat digunakan apabila pengikut Anda di Instagram sudah mencapai angka 10 ribu+.

Taruh tautan di bio

Pada era yang serba digital ini, biasanya satu tautan di bio saja tidak cukup. Biasanya brand memiliki banyak tautan untuk dipromosikan dalam waktu bersamaan. Jika demikian, pertimbangkanlah untuk menggunakan alat seperti Linktree—yang memungkinkan Anda menaruh beberapa tautan sekaligus di bio Anda. Ini juga bisa menjadi solusi alternatif jika Anda belum bisa menikmati fitur CTA geser-ke-atas.

Sertakan elemen interaktif di dalam Story

Dapatkan email untuk berlangganan dari pengikut Anda dengan cara yang interaktif melalui Instagram Story. Anda bisa melakukan ini secara berkala dengan menggunakan fitur Pertanyaan atau Polling dengan membuat pertanyaan atau polling yang relevan dengan audiens Anda, lalu me-repost jawaban-jawabannya dengan latar belakang yang unik. Sebagai contoh, Zip World pernah mengajukan pertanyaan kepada para pengikutnya, dan pertanyaan yang dianggap terbaik akan di-repost dan diberikan voucher diskon hingga 50%.

Tiga cara di atas hanyalah pembuka di dalam artikel ini. Jika Anda merasa masih kurang, memang bukan itu intinya. Berikut ini adalah 6 Cara Menggunakan Instagram Story untuk Mendorong Konversi:

#1 Buat video kompilasi

Video adalah salah satu jenis konten menarik yang dapat digunakan di berbagai kanal media sosial. Di media sosial, konten jenis video mendapatkan share lebih banyak hingga 12 kali dibandingkan dengan konten jenis teks dan gambar bila digabungkan. Terlebih lagi, pengunjung situs web rata-rata menghabiskan 88% lebih banyak waktu mereka menonton video.

Anda bisa mengubah foto yang dibuat oleh pengguna lain dengan menyatukannya menjadi satu visual. Ini cocok untuk format Story, di mana Anda dapat menjadikan setiap Story sebagai segmen dari video yang lebih panjang. Dengan membuat konten yang relevan dengan brand Anda, format ini akan mengalir dan pada akhirnya sampai ke audiens Anda dengan sendirinya.

Sunwing Airlines membuat kompilasi video yang mengajak audiens melalui semua segmen liburan yang sempurna, dengan menunjukkan setiap segmen Instagram Story yang berbeda. Pada akhir setiap segmen, mereka menggunakan CTA berisi tautan menuju perencanaan liburan utama.

Cara mendorong konversi:

Pada akhir setiap segmen, tambahkan CTA geser-ke-atas yang mengarah ke halaman yang relevan, atau halaman dengan informasi yang lebih lengkap. Atau, beritahu audiens untuk mengeklik tautan yang telah Anda sisipkan di bio.

#2 Buat Sorotan di halaman profil

Sebagus apa pun Story yang Anda buat, ia akan menghilang setelah 24 jam. Jadi, pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari visual terbaik yang Anda buat dengan memberikannya tempat di bagian Sorotan. Sorotan adalah koleksi cerita atau Story masa lalu yang disimpan di halaman profil Anda. Cara terbaik untuk memilih visual mana yang akan Anda simpan di bagian ini adalah dengan menyimpan visual yang informatif dan yang kira-kira akan menarik pengikut.

Cara mendorong konversi:

Dengan fitur ini, Anda dapat memunculkan kembali Story terdahulu yang pernah ramai dan menampilkannya kepada audiens Anda di halaman profil dengan tetap menyertakan tautan atau CTA geser-ke-atas menuju ke halaman spesifik yang Anda atur sebelumnya. Banyak brand yang menggunakan juga fitur ini untuk memamerkan produk maupun layanan mereka.

Pro tip: Buat sampul Sorotan yang betul-betul merepresentasikan brand Anda.

Hotel X memuat Sorotan di profil mereka yang berisi konten seperti kuliner, kesehatan, dan romansa yang akan menarik bagi para calon tamu mereka. Selain itu, sampul Sorotan mereka juga dirancang agar temanya sesuai dan satu warna citra brand.

Tetap perhatikan perihal posisi setiap Sorotan di profil Anda. Setiap kali Anda menambahkan atau menyunting Sorotan, maka akan secara otomatis berpindah ke posisi paling kiri dan yang paling lama akan berada paling kanan. Pastikan untuk menaruh konten terbaik Anda selalu paling depan daripada yang lain. Untuk membuat Sorotan berada paling depan, Anda hanya perlu menyunting dan menambahkan konten baru ke dalamnya.

#3 Pamerkan acara atau peristiwa

Instagram Story adalah tempat terbaik jika Anda ingin menyoroti acara atau peristiwa tertentu dan terdekat. Anda bisa membuat Story berisi perayaan tahun baru, flash sale, pembukaan acara atau pameran, dan sebagainya yang berkaitan.

Cara mendorong konversi:

Satu minggu sebelumnya: Promosikan tentang acara yang akan berlangsung tersebut, berikan tautan lewat CTA geser-ke-atas untuk membeli tiket atau diskon, atau detail acara (bisa diganti dengan menaruh tautan di bio juga).

Dua hari sebelum acara: Posting menggunakan fitur hitungan mundur dan berikan sedikit preview terkait acara berupa foto dan video, atau detail informasi lainnya yang dapat digunakan untuk menarik minat audiens.

Saat acara berlangsung: Jika mungkin, lakukan siaran langsung di Instagram. Atau jika tidak, posting sebanyak mungkin foto dan video yang berkaitan dengan acara dan tetap siaga di DM. Jika ada mention masuk, pastikan untuk segera me-repost postingan mereka!

Setelah acara: Posting bagian-bagian penting dari acara tersebut setelah selesai. Ini penting karena nantinya dapat ditaruh di Sorotan. Jika beberapa postingan berbentuk tulisan atau postingan blog, pastikan untuk menyertakan tautan untuk memudahkan.

#4 Berikan sorotan pada influencer

Pada acara yang berlangsung dalam beberapa hari, cobalah dalam sehari untuk membiarkan influencer mengambil alih akun Anda untuk memposting di Story. Dengan begitu, akan terbuka kemungkinan influencer terkait akan me-repost postingan Anda dan akan terbuka pintu menuju audiens baru dan calon pelanggan potensial.

Jika Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan target pasar Anda, maka bukan tidak mungkin para calon pelanggan potensial Anda akan berbondong-bondong datang dari sana.

#5 Buat kontes foto atau video

Instagram Story tidak hanya jadi cara yang tepat untuk tetap dekat dan interaktif dengan para pengikut dan audiens, tetapi juga bisa menjadi perpustakaan konten visual Anda di media sosial.

Cobalah buat kontes kecil-kecilan lalu tampilkan preview karya dari para peserta di Story dan taruh di Sorotan untuk memaksimalkan keterlibatan. Pastikan Anda menandai setiap nama peserta yang Anda sorot untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimanapun, kontes seperti ini adalah tentang bagaimana menghargai dan melibatkan pengunjung lebih dekat dan untuk membangun brand awareness.

Cara mendorong konversi:

Buat postingan blog atau galeri foto/video di situs web dengan mengarahkan pembaca untuk melihat karya lainnya di Instagram Story—atau sebaliknya. Anda bisa memanfaatkan bagian ini untuk memberitahu pengunjung tentang detail setiap karya seperti di mana gambar diambil, dan detail lainnya.

#6 Terlibat dan berinteraksi dengan komunitas

Editor Instagram Story dipenuhi dengan hal-hal kecil yang menyenangkan seperti GIF, stiker, filter, hitungan mundur, polling, pertanyaan, dan lainnya. Namun, yang paling interaktif dan efekrif adalah fitur polling dan pertanyaan. Mengapa? Karena Anda bisa membuat konten lebih banyak berdasarkan hasil dari fitur tersebut.

Cara mendorong konversi:

Harapannya adalah semakin Anda membagikan respons dari pertanyaan, semakin banyak orang yang tertarik berinteraksi dengan konten Anda, minat mereka menjadi semakin dalam, dan memotivasi mereka untuk mengikuti Anda hingga mau dengan sukarela bergabung ke dalam daftar email Anda. Hasil dari interaksi ini dapat pula Anda posting di blog atau ditaruh di Sorotan kalau sewaktu-waktu akan ada yang membutuhkan hasil informasi tersebut.

Anda bisa menanyakan tentang bagian mana yang pengikut Anda paling sukai terkait dengan brand atau layanan Anda. Bagikan respons mereka untuk melihat apakah ada orang yang memiliki pendapat serupa—atau untuk membuat orang baru tertarik akan hal itu.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons