Menggunakan UGC Menjadi Konversi di Instagram Story

Pada tulisan ini, kami menulis bagaimana pengguna lain akan membantu Anda mendapatkan konversi melalui Instagram Story yang mereka buat dengan cuma-cuma.


Kepopuleran Instagram Story tumbuh sangat cepat di kalangan pengguna yang ingin tetap dekat dengan teman-teman, keluarga, dan influencer yang gemar membagikan momen-momen dengan visual yang bagus dan menarik. Mereka bersedia untuk berinteraksi dengan brand yang menggunakan format Story ini juga.

Berdasarkan data yang diberikan Instagram, sepertiga dari Instagram Story yang paling banyak dilihat berasal dari akun bisnis.

Bagi brand, membagikan cerita yang menarik lewat Story tidak hanya untuk sekadar menunjukkan penawaran dan inspirasi untuk para pengikut, tetapi juga untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang potensial pada kemudian hari—atau setidaknya melibatkan mereka sedekat mungkin kepada brand.

Fitur-fitur Instagram Story seperti polling, pertanyaan, atau CTA (Call-to-Action) geser-ke-atas, memungkinkan Anda untuk mengubah Story Anda menjadi saluran baru yang efektif dan terukur untuk Anda.

Secara total, Instagram Story digunakan oleh hampir 1.5 miliar orang per harinya, sedangkan Facebook mencatatkan angka sekitar 1.25 miliar per harinya. Hal itu semakin menegaskan bahwa Instagram adalah media sosial dengan pengguna harian paling aktif dan menjadi pilihan utama oleh para influencer, brand, hingga pengguna biasa.

Instagram Story tumbuh pesat hingga 15 kali lebih cepat daripada umpan di feed. Dan lebih dari itu, pada tahun 2019 yang baru saja lewat, fitur ini digunakan oleh lebih dari setengah miliar orang setiap hari di mana angka tambahan sebanyak 100 juta pengguna baru muncul dalam rentan waktu enam bulan saja. Hal ini berarti bahwa sebagian besar audiens Anda sudah pasti mengonsumsi konten visual dalam format ini. Jadi, jika Anda belum mencoba meraih audiens lewat jalur ini, maka sekarang adalah momentum yang tepat untuk melakukannya.

Menggunakan UGC di Instagram Story

UGC (User-Generated Content) atau konten yang dibuat oleh pengguna adalah salah satu cara efektif yang banyak digunakan brand di media sosial.

Ada banyak cara yang dapat membantu bagaimana UGC dapat membuat Story Anda tidak hanya lebih mudah untuk dibuat dan dikelola, tetapi juga lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

#1 Ikuti bagaimana perkembangan permintaan konten

Salah satu hal yang membuat Instagram Story makin banyak diminati adalah karena kontennya mudah dan cepat untuk dikonsumsi. Bayangkan, setengah miliar orang menonton Story setiap hari, yang berarti bahwa Anda juga bisa dan memang harus terlibat membuat postingan lewat saluran ini. Namun, itu berarti Anda harus meluangkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk menciptakan konten-konten tersebut setiap harinya. Jika Anda tidak punya waktu yang cukup untuk itu, maka Anda bisa memanfaatkan UGC ini—dan mendapatkan hasil yang beragam, konstan, dan banyak.

#2 Format Story sangat pas dengan UGC

UGC tidak hanya lebih bisa dipercaya dan lebih autentik daripada fotografi profesional, tetapi karena tidak bisa diedit dan bersifat personal, maka hasilnya sesuai dengan tampilan dan perasaan si pengguna pada saat itu, dan seperti itulah cara Instagram Story bekerja. Jadi, Anda tidak dapat mengatur bagaimana pendekatan dan perasaan mereka terhadap brand atau produk Anda.

#3 Efektivitas Instagram Story lebih tinggi

Iklan yang menggabungkan UGC memiliki rasio klik per tayang yang empat kali lebih tinggi. Ini adalah kabar yang sangat baik, terutama bagi brand yang sedang mencari cara untuk menggunakan Instagram Story untuk mendorong konversi.

Sebab UGC telah terbukti berhasil jika diterapkan di umpan feed, maka hal yang sama seharusnya sudah mulai diterapkan juga untuk format Story.

#4 Membantu untuk terlibat dengan mitra dan pelanggan

Saat Anda membagikan ulang Story dari pengikut, atau menyebutkan mereka dalam sebuah postingan, mereka akan mendapatkan notifikasi dan diberi opsi untuk membalas, atau me-repost. Hal ini akan membantu Anda untuk membangun hubungan daring di antara mereka dan brand Anda.

Lalu, bagaimana menggunakan UGC di Instagram Story?

Cara paling mudah untuk menampilkan UGC di Instagram Story adalah dengan memposting ulang Story dari orang-orang yang telah menyebutkan akun Anda di dalam Story mereka. Jika ada yang menyebutkan Anda di Story mereka, Anda akan menerima notifikasi melalui DM (Direct Message) dan Anda dapat memposting ulang ke Story Anda dari sana.

Namun, itu hanya bisa terjadi jika orang-orang sering menyebutkan Anda di Story mereka. Bagaimana jika tidak? Begini caranya untuk menggunakan UGC dari umpan feed ke Instagram Story:

  • Cari di media sosial dan temukan foto dan video UGC yang Anda sukai
  • Mintalah hak tau izin untuk menggunakan visual tersebut
  • Edit di Editor Instagram Story
  • Gunakan fitur @mention untuk menyebutkan nama pemilik karya atau fotografer ketika membagikannya.

 

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons