4 Cara Meningkatkan Audiens di Instagram Story

Mungkin Anda sering bertanya-tanya kenapa orang-orang sering melewati konten Anda di Instagram Story begitu saja. Pada artikel ini, kami akan memberikan 4 tips agar para penonton Anda memiliki alasan untuk tetap menonton konten Anda di Instagram Story hingga selesai.

#1 Berikan audiens Anda lebih banyak untuk dilihat dalam waktu yang lebih sedikit

Setelah menjamurnya iklan di media sosial, konsumen menjadi lebih kebal terhadap konten brand atau yang tidak relevan dari bisnis. Maka dari itu cobalah untuk membuat koneksi nyata dengan audiens melalui Instagram Story secara aktif. Hal ini penting untuk membuat orang-orang tetap tertarik dan tetap dekat dengan brand Anda sekalipun tidak ada produk atau layanan terbaru.

Studi kasus dari akun Instagram Delmondo mengungkapkan bahwa rata-rata pengguna akan melewati konten Anda lebih cepat pada bagian pertama dan paling akhir dari keseluruhan frame di Instagram Story.

Untuk menghasilkan konten Story yang praktis, disarankan untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik dengan menggunakan rangkaian klip satu detik. Hal ini akan membantu brand Anda menonjol di antara persaingan konten brand lainnya. Mengapa? Sebab jenis konten seperti ini akan terputar secara otomatis dan berdurasi lebih lama, jadi akan lebih menarik bagi audiens dibandingkan dengan visual berupa teks atau gambar tidak bergerak semata.

Untuk membuat video seperti ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kolase video seperti 1-Second Everyday (tersedia untuk Android dan iOS) yang tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Paket berbayar memberikan Anda akses penuh ke perpustakaan musik bebas-royalti, kontrol kecerahan dan volume, opsi untuk menghapus watermark, dan banyak lainnya.

Pro Tip: Aplikasi ini membuat video dalam format lanskap, jadi rekamlah video Anda dengan format vertikal untuk menyesuaikan dengan format Story.

Cara lain untuk membuat audiens menonton video Anda hingga akhir adalah dengan menaruh potongan-potongan terbaik di bagian paling depan. Intinya adalah buatlah detik pertama semenarik mungkin.

#2 Buat polling untuk membuat audiens Anda lebih aktif

Instagram Story yang menarik dan efektif tidak selalu harus tentang iklan produk. Anda dapat membuat konten kreatif dan interaktif dengan memanfaatkan fitur-fitur Story seperti polling untuk menarik pengunjung dan memaksa mereka untuk bertanya hal seputar produk atau membagikan halaman Anda.

Pada 2018, 62% mengatakan bahwa apa yang mereka bagikan di Instagram Story memicu orang-orang untuk bertanya melalui DM. Mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda juga membuat bisnis Anda mudah diakses dan memotivasi mereka untuk menjelajahi halaman Anda dan mempelajari lebih lanjut produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Karena Stories adalah sebuah format yang efektif dan santai untuk berinteraksi dengan pengikut, menggunakan fitur polling dan pertanyaan dalam konten juga dapat membantu untuk mengikuti apa yang lebih diinginkan oleh audiens Anda—sambil mendorong mereka untuk terlibat secara langsung dengan brand Anda.

Untuk menggunakan fitur polling di dalam Story, mulailah dengan pertanyaan yang dekat dengan brand Anda, tetapi lakukan dengan santai. Mulai dengan pertanyaan-pertanyaan remeh yang berkaitan dengan brand dan menarik audiens Anda. Dari satu Story, Anda kemudian bisa beralih ke Story berikutnya dengan menyebutkan hal yang berkaitan dengan brand atau produk Anda. Lakukan secara berkala.

Setelah Anda memiliki pertanyaan untuk dilemparkan, impor dua atau tiga foto dan video untuk dijadikan video kolase. Menurut Instagram, 60% Story ditonton dengan suara menyala, jadi pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik. Memilih musik yang tepat akan membuat penonton Anda menonton video Anda hingga selesai dan tidak melewatinya di tengah-tengah.

Ingat juga bahwa Instagram memiliki fitur lain seperti stiker yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat Story menjadi semakin menarik. Gunakan stiker seperlunya, jangan pernah berlebihan.

Satu hal penting lainnya dalam membagikan konten Story adalah konsistensi. Pastikan Anda memilih tema atau warna dan fon yang merepresentasikan brand Anda dengan baik, dan gunakan format tersebut secara konsisten. Ini akan membuat brand Anda mudah diingat dan ditunggu-tunggu oleh para audiens.

Pro Tip: Libatkan audiens Anda dengan pertanyaan seperti “Mana yang lebih bagus?” dengan dipasangankan dua gambar atau video di mana mereka dapat memilih. Hal ini bisa disesuaikan dengan brand. Misalnya untuk brand kebugaran, Anda dapat memulai dengan pertanyaan jam berapa sebaiknya audiens Anda memilih berolahraga, dan mengemasnya dalam bentuk polling.

#3 Berikan kesempatan audiens untuk berpartisipasi dengan UGC

Apa yang lebih efektif dari membagikan hasil penjualan atau memperkenalkan lini produk baru? Salah satunya adalah perlihatkan bagaimana bahagianya perasaan pelanggan Anda setelah memiliki produk Anda. Pelanggan yang puas akan menjadi brand ambassador.

Me-repost postingan pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan Anda adalah cara terbaik untuk sekaligus melakukan promosi. Apakah Anda memiliki reputasi yang bagus di Facebook? Perlihatkan hal itu di Instagram Story untuk menjaga reputasi brand Anda dan untuk meyakinkan calon pelanggan potensial Anda.

Untuk memfitur pelanggan Anda di Instagram Story, pertama-tama Anda harus meminta mereka menggunakan produk Anda dan membuat Story yang menyebut brand Anda di dalamnya. Atau, Anda dapat meminta izin kepada pemilik konten untuk meminjamnya ke dalam Story Anda. Hal semacam ini lumrah terjadi dan akan menguntungkan kedua belah pihak.

Apabila seseorang menandai Anda dalam Story, notifikasinya akan muncul melalui DM dan Anda akan mendapatkan opsi untuk merepost postingan di tersebut ke Story akun brand Anda. Inilah yang disebut UGC (User-Generated Content) atau konten yang dibuat oleh pengguna—dalam hal ini pengikut Anda.

Jika ingin tampilan Story yang Anda repost lebih menarik, Anda bisa menambahkan fitur-fitur seperti tagar, stiker, GIF, atau musik untuk semakin menarik audiens.

#4 Sesekali berikan hadiah kepada penonton setia Instagram Story Anda

Memberikan hadiah menunjukkan kesetiaan, membantu membangun hubungan, dan menciptakan brand awareness dengan pelanggan saat ini. Hal ini juga akan membuka peluang calon pelanggan atau pelanggan lain untuk mencoba produk lain tanpa banyak komitmen.

Bagi pemasar dan bisnis kecil, hadirnya Instagram Story membuka jalan bagi brand untuk menjangkau pelanggan di tempat yang telah tersedia. Instagram yang baru-baru ini meluncurkan fitur belanja lewat Story (baru tersedia di beberapa negara) juga melambungkan efektivitas fitur ini dalam meraih lebih banyak audiens dan calon pelanggan yang potensial pada masa yang akan datang. Dengan semakin banyaknya audiens yang menggunakan Instagram untuk berinteraksi dan bertransaksi akan semakin membuka peluang bisnis untuk sukses.

Dengan pengalaman berbelanja yang tidak akan ditemukan di tempat lain, Instagram Story telah mengubah cara baru orang-orang dalam berbelanja. Dengan penggunaan yang relatif mudah, orang-orang akan berbondong-bondong ke Instagram bisnis terlebih dahulu untuk memeriksa suatu produk sebelum menegok ke situs web resminya.

Sukses lewat Instagram Story tidaklah begitu sulit jika Anda mengetahui formulanya. Gabungkan visual yang bergerak cepat, libatkan dan tampilkan para pelanggan dan audiens, buat mereka merasa dihargai, dan bagikan informasi-informasi menarik yang relevan dan merepresentasikan brand Anda adalah beberapa cara yang efektif dan sudah dibuktikan oleh brand-brand besar di luar sana.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons