Influencer Marketing untuk Bisnis Kecil: Masalah & Solusinya

Dalam memulai bisnis, terutama bisnis kecil tentu saja akan mengalami cukup banyak kesulitan dan permasalahan pada awal pengembangannya. Untungnya kini ada solusi influencer marketing untuk mengatasi masalah bisnis kecil yang dapat membantu mengidentifikasi masalah dan alasan mengapa suatu bisnis bisa gagal dalam strategi dan bagaimana memecahkannya.

Influencer marketing, terutama dalam beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu hal yang cukup populer dan menjadi pilihan bisnis dari berbagai level: kecil, menengah, dan besar. Namun, tetap saja banyak bisnis yang menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi atau tidak realistis.

Tidak dapat dimungkiri, influencer marketing adalah salah satu taktik pemasaran paling modern saat ini, tetapi bukan berarti influencer marketing bisa membuat keajaiban kapan pun dibutuhkan.

Data penelitian menunjukkan, banyak pemilik bisnis kecil dibiarkan begitu saja ketika menghadapi masalah yang terkait dengan strategi influencer marketing mereka. Dan itulah salah satu alasan mengapa kami ingin membahas mengenai influencer marketing untuk bisnis kecil—masalah beserta solusinya.

Masalah 1: Bekerja dengan Influencer Lokal yang Tidak Efektif

Bekerja dengan influencer yang tidak tepat bisa dibilang adalah salah satu jebakan paling umum yang mungkin Anda alami saat menggunakan influencer marketing sebagai bagian dari strategi marketing Anda secara keseluruhan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2019 silam, sebanyak 61% pemasar setuju bahwa sangat sulit untuk menemukan influencer terbaik untuk sebuah kampanye, yang berarti sekaligus menunjukkan bahwa masalah ini masih jauh dari terpecahkan.

Untuk menemukan influencer yang tepat untuk diajak berkolaborasi, Anda perlu mencari secara manual, atau menggunakan layanan influencer marketing seperti StarNgage Indonesia. Mengapa? Karena tanpa pengetahuan yang baik mengenai influencer di industrinya, akan berakibat pemilik bisnis menghancurkan upaya marketing mereka hanya karena kesalahan ini.

Solusi 1: Temukan Platform Influencer Marketing Terbaik

Idealnya, untuk menyelesaikan permasalahan influencer lokal yang tidak efektif atau tidak relevan ini adalah dengan menggunakan salah satu platform influencer marketing terbaik.

Dengan begitu, Anda bisa:

  • Menciptakan kolaborasi yang efektif bersama influencer yang tepat; dan
  • Mendapatkan kesempatan untuk menemukan influencer lokal untuk meningkatkan bisnis kecil Anda.

Memilih platform yang tepat sejak awal akan memaksimalkan upaya marketing Anda karena dapat membantu menghemat sebagian besar sumber daya yang sudah ada.

Dalam hal ini, StarNgage Indonesia menyediakan cukup banyak fitur seperi filter lokasi, jumlah pengikut, engagement rate terbaik, akun terverifikasi, niche influencer, dan masih banyak lainnya untuk membantu menemukan influencer yang Anda cari.

Platform StarNgage adalah salah satu layanan influencer marketing terkemuka yang sudah dipercaya oleh brand kecil, menengah, dan besar dari berbagai penjuru dunia sebagai platform untuk menemukan influencer terbaik untuk membantu menyukseskan kampanye influencer marketing.

Masalah 2: Menetapkan Tujuan Kampanye yang Ambisius

Tidak menetapkan tujuan kampanye influencer marketing yang jelas sejak awal dan malah menetapkan gol yang tidak realistis akan menyebabkan konsekuensi yang cukup signifikan pada marketing bisnis kecil Anda secara absolut.

Menetapkan tujuan bisnis atau kampanye adalah langkah pertama yang harus Anda ambil pertama kali, bahkan sebelum mulai mencari influencer atau platform influencer yang tepat.

Beberapa tujuan umum kampanye influencer marketing:

  • Brand awareness
  • Reach
  • Sales
  • Jumlah pengikut

Meskipun dapat dipastikan bahwa influencer yang tepat dapat memberikan dampak yang signifikan dalam mencapai tujuan marketing, tidak transparan akan target dan tujuan akan membuat influencer dan bisnis Anda tidak ke mana-mana.

 

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

Sekalipun Anda telah berhasil menemukan influencer yang tepat, Anda tetap harus menentukan tujuan yang transparan dan rencana marketing yang jelas untuk mendapatkan hasil terbaik.

Solusi 2: Tentukan Tujuan yang Jelas dan Kontrak Influencer

Sebagaimana yang telah kami jelaskan, Anda harus menentukan tujuan sejelas mungkin. Sebagai tambahan, pastikan Anda meneken kontrak dengan influencer jika telah menemukan yang tepat. Mengapa? Influencer bisa saja mempromosikan produk Anda hari ini, lalu mempromosikan produk kompetitor keesokan harinya jika tidak ada kontrak yang jelas.

Dengan kerja sama yang jelas dan jangka panjang dengan influencer, Anda dapat merencanakan banyak hal dalam strategi marketing Anda, termasuk meningkatkan jumlah pengikut, memaksimalkan engagement, dan menghasilkan lebih banyak lagi prospek untuk meningkatkan penjualan produk.

Pada sisi lain, jenis kampanye jangka panjang dapat membantu menumbuhkan brand awareness atau kesadaran merek untuk produk tertentu.

Masalah 3: Tidak Mengukur Hasil Marketing

Meskipun influencer yang Anda temukan adalah influencer yang memiliki pengikut yang banyak, memiliki engagement rate bagus, atau hal lainnya, bukan berarti Anda membiarkan hasilnya tidak terukur.

Tidak mengukur KPI pada setiap kampanye marketing adalah sebuah kesalahan yang dapat membuang semua upaya marketing yang telah Anda lakukan karena Anda tidak pernah tahu, seberapa berhasil Anda dalam kampanye tersebut, dan bagaimana mengulangi atau meningkatkan keberhasilannya.

Solusi 3: Monitor, Ukur, dan Tindak Lanjuti dengan Menganalisis

Mengukur dan mengevaluasi kesuksesan kampanye influencer marketing adalah cara yang mudah untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul pada kemudian hari.

Anda dapat memulai dengan mengukur metrik berikut secara lebih akurat:

  • Fitur Paid Partnership di Instagram
  • Menentukan UTM Tagging
  • Rasio konversi
  • ROI (Return on Investment)
  • CTR (Click Through Rate)

Masalah 4: Strategi Konten yang Tidak Koheren

Konten yang berharga adalah inti dari sebuah bisnis, dan ini adalah cara terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk membangkitkan minat audiens dan lebih melibatkan mereka dengan brand Anda.

Anda harus bisa mendapatkan informasi yang memadai mengenai cara menyusun strategi konten yang terperinci dengan baik untuk menargetkan calon pelanggan potensial secara tepat.

Stretegi konten yang tidak tepat mungkin dapat membantu peningkatan penjualan, tetapi belum tentu hal ini menjadi pertimbangan dari sisi prospek. Artinya, penjualan bisa tetap berjalan tanpa orang-orang mengetahui lebih jauh tentang bisnis Anda.

Solusi 4: Buat Strategi Konten

Konten adalah hal utama yang dapat Anda gunakan untuk “berbicara” secara langsung dengan pengikut Anda di media sosial atau situs web.

Sebuah strategi konten yang baik akan menjadi luar biasa jika diekstraksi dari ide antara pemilik bisnis dan influencer. Pemilik bisnis mengerti apa yang diinginkan oleh pasar, sementara influencer mengerti bagaimana mengambil hati pengikutnya. Jika kedua hal ini digabungkan, loyalitas pelanggan dapat tercipta dengan mudah.

Kesimpulan

Kami telah menguraikan empat masalah yang paling umum terjadi jika membahas tentang influencer marketing untuk bisnis kecil. Menyadari setiap masalah akan membantu bisnis kecil untuk berjalan lebih efisien.

Oleh karena itu, menemukan influencer yang tepat, menentukan tujuan yang dapat ditindaklanjuti, dan mengukur kinerja dan hasil marketing, serta mempertimbangkan strategi konten dapat secara signifikan berkontribusi pada kesuksesan bisnis kecil Anda.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions