6 Keuntungan Influencer Marketing untuk Bisnis Kecil

Sudah bukan lagi rahasia umum, influencer marketing kini sudah dikenal sebagai salah satu strategi marketing paling efektif untuk perusahaan, brand, hingga bisnis kecil.

Dalam sebuah laporan oleh Linqia, diungkapkan bahwa pada tahun 2019 saja, sebanyak 57% responden percaya bahwa, “konten yang dibuat influencer jauh mengungguli konten yang dibuat oleh brand”.

Influencer marketing saat ini telah menjadi industri dan masih terus meningkat hingga hari ini, dan statistik menunjukkan industri ini terus tumbuh sejak hadir petama kali, tanpa pernah mengalami penurunan.

Bekerja sama dengan influencer dapat membantu bisnis kecil mengatasi hambatan dalam hal promosi sebagaimana yang dilakukan brand besar dalam beriklan di media-media mainstream.

Jika Anda ingin menarik lebih banyak audiens ke bisnis Anda, ingin meningkatkan penjualan, menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan keuntungan lainnya sebagai bisnis kecil, pastikan Anda membaca 6 keuntungan influencer marketing untuk bisnis kecil yang akan kami bahas berikut ini.

#1 Meningkatkan Awareness (Kesadaran) Bisnis

Keuntungan paling pertama yang bisa Anda dapatkan dengan influencer marketing adalah mendorong brand Anda untuk dilihat lebih banyak orang di luar sana.

Hal ini akan membuka jalan bagi brand Anda menemukan pelanggan di dalam komunitas baru dan membuat mereka penasaran mengenai brand, layanan, atau produk yang Anda tawarkan. Dan, influencer dapat membantu Anda mewujudkannya dengan meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek bisnis kecil Anda.

Mengapa penting bagi bisnis untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk membuat bisnis dilihat banyak orang? Sebab, dengan membuat orang-orang menyadari keberadaan brand atau bisnis Anda melalui rekomendasi influencer, orang-orang akan merasa bahwa bisnis Anda lebih kredibel dan tepercaya.

Jika orang-orang sudah memercayai bisnis Anda di dalam industri, maka potensi hadirnya orang-orang baru dan semakin banyak ke dalam bisnis Anda juga akan makin terbuka lebar.

#2 Meningkatkan Penjualan

Selain menciptakan eksposur yang besar, influencer marketing juga dapat membantu bisnis kecil Anda meningkatkan penjualan dan memberikan penghasilan yang lebih besar.

Anda dapat mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan layanan atau produk dengan membiarkan influencer mempromosikannya. Cara ini hampir selalu efektif karena audiens influencer kebanyakan adalah orang-orang yang loyal dan lebih tertarik pada hal-hal yang direkomendasikan influencer.

Oleh karena itu, audiens mereka lebih cenderung untuk mengambil keputusan dan tindakan lewat rekomendasi dari influencer daripada ketika brand yang menjangkaunya secara langsung.

Jika Anda mampu menemukan influencer yang tepat dan relevan untuk mempromosikan bisnis Anda, dalam waktu singkat Anda akan dapat melihat peningkatan yang signifikan dari banyak sisi, salah satunya penjualan dan pendapatan.

#3 Alternatif Iklan yang Lebih Efektif

Keuntungan ketiga influencer marketing bagi bisnis kecil adalah mampu menyampaikan pesan ke berbagai komunitas dengan cara yang lebih natural dan ramah.

Disadari atau tidak, saat ini kita hidup di dunia di mana kita dikelilingi iklan dari berbagai sudut—menginginkan kita mengambil keputusan dan tindakan secara kilat. Bisa dipastikan, dalam sehari Anda akan melihat iklan setidaknya satu kali.

Sayangnya, sebagian besar iklan yang kita lihat berpeluang besar menjadi pengganggu. Itulah sebabnya Anda berani membayar lebih agar tidak melihat iklan, kan?

Statista memperkirakan bahwa pada tahun 2021 ini, di antara pengguna internet dari semua kelompok umur yang menggunakan internet, 27% di antaranya menggunakan ad-blocker setidaknya sebulan sekali.

Angka ini adalah alasan penting mengapa Anda lebih baik menggunakan influencer daripada beriklan di media iklan yang dapat diblokir. Di sisi lain, influencer dapat mempromosikan layanan atau produk Anda dengan cara yang lebih natural tanpa kesan memaksa atau menipu—dan tanpa khawatir ad-blocker.

Dengan menggunakan influencer marketing, Anda akan dapat menjangkau pelanggan Anda dengan cara yang lebih efektif. Selain itu, influencer marketing mampu memberikan hasil organik dengan biaya yang jauh lebih murah.

#4 Jalan Pintas ke Konten Marketing

Keuntungan lainnya jika Anda menggunakan influencer marketing untuk bisnis kecil Anda adalah tidak perlu berinvestasi terlalu dalam untuk konten marketing.

Konten marketing berarti Anda harus menggunakan format konten yang berbeda untuk memberikan nilai kepada audiens. Konten marketing adalah bagian penting dari setiap bisnis, terutama bisnis kecil, tetapi bersifat jangka panjang.

Nah, jika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar biaya pembuatan konten.

Para influencer bertanggung jawab untuk membuat konten yang paling sesuai dengan bisnis Anda, sekaligus yang paling diminati oleh audiens mereka—dan mempromosikannya lewat profil media sosial mereka.

#5 Bisa Menciptakan Program Afiliasi

Dengan influencer marketing, Anda bisa mendapatkan keuntungan memiliki program afiliasi Anda sendiri. Program afiliasi berarti membayar komisi atau afiliasi lainnya kepada influencer berdasarkan pembelian atau faktor lainnya.

Jika Anda bisa bekerja sama dengan beberapa influencer, Anda bisa dapat kesempatan untuk menyusun program afiliasi eksklusif. Program afiliasi dapat membantu bisnis Anda memiliki otoritas yang lebih baik.

#6 Meningkatkan Trafik ke Website

Terakhir, dengan bekerja sama dengan influencer lewat influencer marketing, trafik ke website Anda akan mengalami perubahan secara signifikan. Bahkan, sangat mungkin pengunjung website Anda meledak jika strategi dan influencer yang Anda gunakan tepat.

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

Semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda, berarti makin banyak prospek yang akan berpengaruh pada peningkatan penjualan.

Influencer marketing tidak hanya memungkinkan Anda mencapai target penjualan dan trafik besar secara signifikan, tetapi juga memungkinkan Anda untuk meraihnya dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode marketing lainnya.

Kesimpulan

Meningkatkan awareness atau kesadaran, meningkatkan penjualan, sebagai alternatif iklan, jalan pintas ke konten marketing, program afiliasi, dan meningkatkan trafik website adalah beberapa dari sekian banyak keuntungan yang bisa Anda capai jika memanfaatkan influencer marketing dengan baik.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, influencer marketing tidak hanya efektif untuk bisnis kecil sebagaimana yang Anda baca pada judul artikel ini. Influencer marketing juga dapat berhasil dan efektif untuk bisnis menengah, hingga bisnis besar dengan skala global sekalipun. Semua bergantung pada influencer yang relevan dengan strategi yang tepat.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions