Fitur-Fitur Terbaru Instagram Sepanjang 2019

Karena sudah memasuki akhir tahun, kami merangkum pembaruan penting apa saja yang dilakukan oleh Instagram pada sepanjang tahun 2019 ini, dan untuk membantu Anda dalam menentukan dan merencakan strategi penasaran Anda pada tahun 2020 nanti.

Februari 2019

Instagram menjanjikan akan memberikan kemudahan dalam menikmati konten di IGTV. Akhirnya, Instagram memungkinkan pengguna untuk membagikan satu menit pertama video panjang mereka di feed, dan memberikan opsi untuk menonton versi lebih panjangnya di IGTV hanya dengan mengeklik “Lanjutkan menonton”.

Seperti postingan-postingan lainnya (foto dan video), konten IGTV juga akan muncul di beranda para pengikut Anda. Setelah menonton selama satu menit, video akan dijeda dan akan muncul notifikasi untuk melanjutkan menonton di IGTV dengan versi lebih panjang dan lengkap.

Sejak fitur ini diluncurkan, penonton IGTV langsung meroket dan akhirnya menjadi tempat yang tepat untuk yang jauh lebih baik untuk brand.

Maret 2019

Bulan Maret adalah bulannya penjual di Instagram. Pada bulan ini, Instagram meluncurkan fitur yang memungkinkan penjual menaruh harga pada produk yang mereka jual, dan memungkinkan pengguna lain yang melihat postingan tersebut untuk langsung membeli di dalam aplikasi.

Intinya, transaksi Anda bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah dan tanpa keluar dari aplikasi Instagram sama sekali. Bagi brand, fitur ini memberi jalan pintas untuk menjual lebih banyak. Instagram sendiri mengambil untung dengan memotong biaya transaksi dari setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi.

Juni 2019

Pada bulan Juni, Instagram kembali meluncurkan fitur yang membantu influencer dari level artis hingga micro-influencer untuk mendapatkan portfolio besar. Instagram meluncurkan fitur “paid partnership” untuk menegaskan keaslian bentuk kerja sama resmi antara brand dengan influencer.

Fitur ini memperpanjang umur aset kampanye dan memungkinkan brand untuk menargetkan segmen yang lebih spesifik dengan cara yang benar-benar transparan. Setiap postingan kerja sama partnership ini akan memunculkan tulisan “paid partnership” atau “kemitraan berbayar” yang dilanjut dengan nama brand yang sedang bekerja sama dengan influencer terkait. Letaknya berada di posisi “lokasi” biasanya muncul.

Juli 2019

Pembaruan yang paling fenomenal sekaligus kontroversial oleh Instagram hadir pada bulan Juli lalu ketika Instagram mulai melakukan uji coba menghilangkan jumlah suka dalam postingan. Negara pertama yang menjadi target uji coba ini adalah Australia dan dilakukan secara diam-diam.

Jumlah suka di semua postingan dihilangkan dan hanya dapat dilihat oleh pemilik postingan itu sendiri. Instagram menganggap, hal tersebut harus dilakukan agar Instagram tidak dijadikan tempat untuk berkompetisi dalam meraih suka yang banyak dalam waktu tertentu. Platform ingin pengguna lebih fokus pada kekuatan konten alih-alih angka yang dapat dimanipulasi.

Beberapa pemasar menganggap Instagram melakukan kesalahan ketika meluncurkan fitur tersebut, sementara beberapa lainnya menganggap ini akan menjadi waktu yang tepat untuk membangkitkan autentitas dari para micro-influencer.

September 2019

Keputusan Instagram memunculkan video preview untuk konten IGTV rupanya berjalan sangat mulus. Akhirnya banyak brand yang tertarik membuat video iklan dengan durasi lebih panjang berkat fitur tersebut. Karena itu, pada awal September kembali Instagram melakukan pembaruan dengan menambahkan fitur “Paid Partnership” untuk konten di IGTV.

Lagi-lagi, alasannya adalah untuk membangun transparansi kerja sama antara brand dengan influencer terkait.

Selain mengumumkan pembaruan untuk konten IGTV, Instagram juga membatasi promosi terkait konten diet dan bedah kosmetik. Hal ini terkait janji Instagram yang mengampanyekan isu kesehatan mental secara masif. Instagram juga menyembunyikan iklan terkait untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun.

Oktober 2019

Bulan Oktober kembali Instagram melakukan pembaruan yang cukup signfikan. Mereka meluncurkan stiker yang khusus untuk peluncuran produk yang dapat ditambahkan ke Stori dan pengguna akan mendapatkan notifikasi jika ada pembelian. Sebelumnya notifikasi hanya muncul jika pengguna mengatur notifikasi menjadi pengingat sendiri.

Melompat ke iklan berbasis AR, Instagram juga melakukan uji coba bersama brand-brand pilihan untuk memungkinkan pengguna mencoba terlebih dahulu produk yang akan mereka beli secara virtual. Beberapa brand yang beruntung menguji coba fitur iklan AR dari Instagram adalah Nars, RayBan, dan Michael Kors. Menurut penuturan dari Instagram, kerja sama ini akan terus dilebarkan dan akan menyusul brand kecantikan dan kesehatan untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dan untuk meningkatkan kecocokan pemilihan produk oleh pengguna yang masih ragu akan kualitas dan kecocokan produk dengan pengguna.

Untuk menutup Oktober, Instagram akhirnya membuat beberapa pembaruan seperti templat Stori yang dapat dikostumisasi dan diterapkan bersamaan untuk Stori, Facebook, dan Messenger dengan pengaturan periode liburan. Kerangka templat ini dapat diatur dengan menambahkan musik, warna, dan Call-to-Action yang dapat diakses langsung melalui Facebook Ads Manager. Pembaruan ini sangat tepat untuk brand yang sedang mencari pasar untuk konten baru mereka.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons