Cara Mendapatkan Lebih Banyak Konten UGC di Instagram

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di planet bumi dengan angka yang sudah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan (data per Januari 2020). Oleh karena itu, tidak ada kata tidak bagi brand dan bisnis untuk terjun dan mengambil tempat di platform ini.

Brand dan bisnis besar bahkan sudah lama membangun komunitas pengikut mereka di Instagram. Lalu, bagaimana dengan brand baru dan yang baru akan memulai di Instagram? Salah satu cara paling efektif yang juga sedang jadi tren saat ini adalah membuat konten UGC atau konten yang dibuat pengguna.

Nah, bagaimana membuat konten UGC atau bagaimana cara membuat pengguna Instagram lainnya agar mau membuat konten tentang produk atau layanan Anda di Istagram? Berikut beberapa caranya:

#1 Minta pengikut untuk memproduksi konten untuk brand Anda

Meminta di sini bukan berarti mengemis. Yang harus Anda lakukan adalah mendorong mereka untuk membuat konten untuk Anda dengan cara yang elegan.

UGC adalah tambang emas potensial untuk bisnis yang ingin membuat pelanggan mereka menjadi terlihat, didengar, dan merasa diapresiasi. Buat pelanggan yang juga adalah pengikut di media sosial merasa dihargai dengan menyoroti konten mereka ke akun bisnis Anda. Cara ini akan memancing pengguna lain melakukan hal yang sama agar turut merasa menjadi bagian dari perjalanan bisnis Anda. dengan cara ini, pengguna akan merasa dekat dan akan menjadi hubungan jangka panjang antara bisnis dan pelanggan.

Secara rutin, buatlah konten-konten yang membuat audiens merasa dekat, berinteraksilah lebih sering dengan mereka di kolom komentar, dan sesekali fitur postingan mereka tentang brand atau produk Anda di akun brand Anda.

#2 Berikan contoh konten untuk mendapatkan UGC berkualitas

Untuk mendorong audiens memuat konten berisi produk atau layanan Anda di Feed atau Stories mereka, buat contoh konten berkualitas.

Berikan gambaran tentang konten seperti apa yang ingin Anda lihat ada di akun mereka, dengan menaruh contohnya di akun Anda sendiri. Pastikan konten itu menarik, eye-catching, agar para audiens mau menirunya untuk ditaruh di akun mereka dalam waktu yang lama.

Pro Tips: Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan fotografer profesional untuk menghasilkan foto konten berkualitas tinggi.

Selain konten yang menarik dan berkualitas, Anda juga harus memastikan tema dan nuansa konten yang Anda buat merepresentasikan brand Anda dengan baik. Tema foto dan video setiap audiens Anda mungkin berbeda satu sama lain, karena itu kami menyarankan untuk membuat beberapa tema dan diposting secara konsisten. Orang-orang akan memiliki lebih banyak pilihan, dan bukan tidak mungkin akan memberikan ide tema baru secara cuma-cuma untuk brand Anda.

#3 Jelaskan bagaimana audiens memberi tag atau me-mention di UGC

Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya sangat penting untuk memberitahu mereka bagaimana prosedur membuat konten UGC yang akan di-repost ke akun Anda.

Mention di Stories. Minta mereka untuk menandai akun Anda di Instagram Stories menggunakan stiker-stiker terbaru atau apa pun itu dengan cara kreatif, dan fitur mereka di bagian Sorotan Cerita.

Mention di caption postingan. Cara ini cukup efektif, tetapi cukup sulit untuk dilacak, terutama jika akun Anda cukup besar dan memiliki interaksi yang cukup aktif. Namun, ada cara ketiga yang menurut kami lebih efektif, yaitu:

Tag akun. Cara ini lebih efektif karena pengguna lain bisa mengeklik foto atau video yang ditandai tersebut, dan dari sana mereka bisa melihat profil Anda secara langsung.

Gunakan tagar khusus oleh brand. Tagar khusus ini juga berguna untuk melihat secara keseluruhan siapa saja orang-orang yang membuat konten UGC untuk Anda. Adidas memiliki tagar #brandwiththreestripes, atau Nike dengan #instanike-nya yang cukup populer. Membuat tagar khusus yang relevan akan lebih bagus untuk pertumbuhan brand Anda.

Ada begitu banyak cara untuk mendorong audiens menandai Anda di Instagram. Sebagai permulaan, buatlah postingan dengan format UGC secara berkala, dan sebagai tambahan, lakukan cara-cara berikut ini:

  • Tambahkan catatan kaki ke caption saat membuat konten UGC.
  • Sertakan tagar khusus brand Anda dan minta audiens menggunakannya juga ketika menandai akun Anda.
  • Tuliskan tagar brand Anda di bio untuk menarik atensi yang lebih besar.
  • Tawarkan hadiah menarik untuk setiap orang yang menandai akun Anda. Cara ini adalah salah satu cara tercepat untuk mendorong orang-orang membuat UGC untuk Anda dan memperkenalkan brand Anda ke audiens mereka.

Jika Anda ingin lebih cepat mengembangkan UGC, bagikan juga konten-konten terbaik Anda di Instagram, ke Facebook.

#4 Minta izin sebelum membagikan UGC

Ketika seseorang menandai Anda di sebuah postingan Instagram, hal itu tidak lantas membuat Anda punya hak untuk membagikan konten Anda ke profil Anda.

Orang yang membuat postingan tersebutlah yang memiliki hak cipta penuh, dan Anda harus meminta izin kepadanya sebelum menggunakannya di akun Instagram Anda. Jika pengguna membagikan foto yang memiliki trademark fotograger profesional, kemungkinan besar Anda harus mendapatkan izin dari dua orang: Pengguna yang mengunggah gambar, dan orang yang mengambil gambar tersebut (fotografer).

Untuk memudahkan Anda, Anda bisa mengirimkan pesan kepada siapa saja yang ingin Anda gunakan kontennya melalui pesan langsung atau lewat komentar. Sebaiknya, saat meminta izin, Anda menyebutkan bahwa Anda akan menggunakan konten mereka dengan menyebut dan memberi tag ke akun mereka di dalam postingan sehingga orang-orang tahu siapa pemilik sah dari konten tersebut.

Jika Anda meminta dengan sopan, sebagian besar orang akan memberikan izin, bahkan merasa karyanya dihargai. Jika terjadi seperti itu, kemungkinan pemilik asli konten untuk me-repost dan ikut terlibat akan menjadi lebih besar, dan ikut menguntungkan brand Anda.

Jika ingin membagikan postingan mereka dari Feed langsung ke Stories Anda, gunakan fitur bawaan dari Instagram. Namun, Anda hanya bisa melakukan ini jika akun mereka tidak bersifat pribadi. Jika demikian, Anda tidak boleh memaksa dengan mengambil tangkapan layar dan mem-postingnya ke akun Anda. Anda sebaiknya menghargai privasi mereka.

#5 Terlibat dengan semua UGC yang memberi tag atau me-mention akun Anda, meski tidak membagikannya

Tidak semua konten yang menandai Anda akan cocok untuk dibagikan kembali di Feed atau Stories Anda. Terutama di Feed, beberapa postingan mungkin akan membuat Feed akun Anda terlihat jelek jika dipaksakan untuk me-repost. Namun, tidak masalah karena Anda memang tidak perlu me-repost semua postingan yang masuk.

Namun, itu juga bukan berarti UGC tersebut tidak berguna bagi Anda. Bagaimanapun, mereka sudah mempromosikan brand Anda ke audiensnya, dan usaha itu patut dihargai. Salah satu bentuk penghargaan terbaik adalah dengan berinteraksi dengan mereka adalah dengan berkomentar dan menjaga koneksi baik. Ucapkan terima kasih dengan tulus dan hargai mereka.

Kesimpulan:

UGC dapat menguntungkan Anda dan pelanggan Anda. Ketika Anda me-repost postingan penggemar di Instagram, orang-orang jadi memiliki gambaran nyata soal produk atau layanan Anda dari sudut pandang yang baru, beda, dan segar. Selain itu, dengan membagikan postingan dari penggemar juga menandakan Anda menghargai mereka, dan Anda juga dapat menjadikannya jalan keuntungan lain. Misalnya, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan masukan untuk pengembangan produk ke depannya.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk meminta izin sebelum me-repost postingan mereka. Hal ini penting memastikan mereka merasa dihargai dan membantu Anda terhindar dari masalah hak cipta ke depannya.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions