23 Statistik UGC yang Wajib Pemasar Tahu

Konten UGC selalu menarik bagi audiens atau calon pelanggan, sebab jenis konten ini menunjukkan seperti apa sebuah produk di kehidupan nyata dan membuktikan bahwa pelanggan cukup senang dengan produk yang mereka pakai sehingga mau mempromosikan brandnya.

Diperkirakan, 90% konsumen mengatakan bahwa konten buatan pengguna (UGC) memiliki pengaruh lebih besar atas keputusan pembelian mereka daripada email promosi atau bahkan hasil dari mesin pencari.

Berikut ini, kami akan memberikan beberapa fakta, statistik, dan angka-angka yang mendemosntrasikan manfaat-manfaat dari User-generated Content (UGC) atau konten buatan pengguna:

#1 Pelanggan menemukan bahwa UGC 9.8 kali lebih berdampak daripada konten yang dibuat oleh influencer (Stackla, 2020).

#2 Sebanyak 79% orang mengatakan UGC sangat memengaruhi keputusan pembelian mereka (Stackla, 2020).

#3 Sebanyak 48% pemasar profesional percaya bahwa konten yang dibuat oleh pelanggan dapat membantu memanusiakan pemasaran mereka (TINT, 2018).

#4 Sebanyak 34% pengguna TINT yang disurvei dan 45% pemasar profesional setuju bahwa UGC mampu meningkatkan KPI mereka di media sosial (TINT, 2018).

#5 Sebanyak 42% pemasar mengatakan bahwa konten yang dibuat pengguna adalah komponen vital dalam strategi marketing (TINT, 2018).

#6 Iklan-iklan yang menampilkan UGC meraih 73% lebih banyak komentar positif di media sosial dibandingkan dengan iklan tradisional (Jukin Media, 2018)

#7 Sebanyak 31% pelanggan mengatakan iklan yang menampilkan konten UGC lebih mudah diingat daripada iklan tradisional tanpa UGC (Jukin Media, 2018).

#8 Lalu, sebanyak 28% pelanggan juga mengaku bahwa iklan konten UGC di dalamnya juga terlihat lebih unik dibandingkan dengan iklan tradisional tanpa unsur UGC (Jukin Media, 2018).

#9 Sebanyak 50% pemasar sudah menggunakan konten buatan pengguna dalam email marketing mereka (TINT, 2018).

#10 Sementara itu, 58% pemasar mengaku mengimplementasikan UGC ke dalam iklan kampanye mereka (TINT, 2018).

#11 Hampir setengah dari semua pemasar yang disurvei menggunakan UGC untuk mendukung seluruh kampanye pemasaran mereka (TINT, 2018).

#12 Sebanyak 41% pemasar profesional memberi peringkat bahwa keterlibatan konten adalah KPI teratas mereka untuk melacak konten buatan pengguna (TINT, 2018).

#13 Jenis konten UGC yang paling umum dimulai dari foto, video, konten media sosial, ulasan pelanggan atau forum, dan konten yang dibuat menggunakan filter AR milik brand (IAB, 2019)

#14 Sebanyak 60% konsumen percaya bahwa UGC adalah konten pemasaran paling autentik (Stackla, 2017)

#15 Sebanyak 75% pemasar percaya konten buatan pengguna terasa lebih autentik daripada jenis konten lainnya (TINT, 2018).

#16 Meski 92% pemasar merasa mereke membuat konten yang autentik, hanya 51% pelanggan yang berpikir bahwa brand favorit mereka menawarkan autentisitas (Stackla, 2020).

#17 Pelanggan 2.4 kali lebih cenderung untuk mengatakan bahwa konten buatan pengguna lebih autentik dibandingkan konten yang diproduksi oleh brand itu sendiri (Stackla, 2020).

#18 Sebanyak 56% pengguna internet mengaku bahwa mereka mencari tahu tentang sebuah produk dari teman atau kenalan, sementara 32% lainnya mengandalkan ulasan dari pelanggan (Statista, 2020).

#19 Rata-rata, 20% pelanggan berhenti mengikuti brand di media sosial karena merasa konten yang mereka unggah tidak autentik (Stackla, 2017).

#20 Sebanyak 70% pelanggan mengaku dapat membedakan mana konten yang dibuat pengguna dan mana konten yang dibuat oleh brand dari hanya melihatnya sekilas (Stackla, 2017).

#21 Secara demografi, pemirsa YouTube dari Generasi Z lebih banyak yang memilih UGC daripada video profesional dibandingkan dengan generasi sebelumnya (YouTube, 2020).

#22 Secara global, Gen Z dan milenial menonton lebih banyak konten buatan pengguna dibandingkan Gen X dan generasi sebelumnya (YouTube, 2020).

#23 Lebih dari 30% milenial berhenti mengikut brand di media sosial karena konten yang tidak autentik (Stackla, 2017).

Mendefinisikan strategi konten buatan pengguna (UGC)

Seperti yang bisa Anda lihat dari statistic-statistik dari berbagai sumber di atas, konten buatan pengguna tidak hanya menghemat waktu produksi, tetapi juga membuat brand Anda lebih autentik dan tepercaya.

Jika data di atas sudah membuat Anda yakin untuk menerapkan UGC dalam strategi pemasaran Anda, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Mencari inspirasi lewat brand lain. Lihat contoh brand yang sudah sukses mengimplementasikan UGC di industri yang sama dengan brand Anda, dan dapatkan wawasan baru tentang bagaimana Anda akan mengeksekusi dan menarik minat dari audiens tertarget Anda.
  • Tentukan bagaimana mendapatkan konten. Entah itu dengan cara meminta pelanggan membuat konten video untuk Anda di media sosial, membuat kontes berhadiah, atau meminta klien secara langsung untuk mempromosikan produk Anda melalui email, semua itu harus Anda tentukan sejak awal.
  • Tetap autentik. Selalu ingat bahwa yang membuat pelanggan menyukai konten Anda adalah autentisitas. Jangan ragu untuk menampilkan konten dengan kualitas lebih rendah selama konten tersebut mempromosikan dengan baik keunggulan dari produk-produk Anda.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions