5 Cara Terbaik Menggunakan Audio untuk Bisnis Kecil

Konten audio bisa dibilang sedang berada pada puncak popularitasnya. Menurut Pew Research Foundation, angka pendengar podcast di Amerika sebulan terakhir ini bahkan dua kali lebih banyak antara tahun tahun 2008 dan 2016.

Mendengarkan konten berbasis audio adalah cara yang baik untuk menjaga pikiran tetap aktif sambil menyetir, berolahraga, bekerja, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah.

Orang-orang yang mendengarkan konten sambil melakukan hal lain kebanyakan memilih konten dengan format audio dibandingkan konten lainnya. Bisnis kecil dan menengah sebaiknya mulai melakukan investasi dalam audio marketing untuk meningkatkan penjualan sebab, ada banyak sekali pendengar di luar sana yang dapat menjadi target.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 5 cara terbaik menggunakan audio untuk bisnis kecil. Apa-apa sajakah itu? Simak berikut ini:

#1 Gunakan Video yang Sudah Ada

Anda dapat menggukanan video YouTube untuk mempromosikan brand, bisnis, ataupun produk. Audio marketing bisa dibuat sesederhana menarik audio dari sebuah video dan membuatnya tersedia dalam bentuk podcast atau jenis pemasaran audio lainnya.

Cara ini adalah langkah yang bagus untuk mendapatkan pelanggan atau klien baru tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang untuk memproduksi konten dari awal lagi.

Anda dapat menambahkan tautan audio ke video dan membahas tentang video YouTube di podcast Anda. Terkadang, mendengarkan podcast bisa lebih menyenangkan daripada menonton video, dan begitu pula sebaliknya.

#2 Sediakan Konten dalam Teks dan Audio

Beberapa orang (atau kelompok) memiliki keterbatasan dalam pendengaran atau penglihatan. Anda akan memiliki lebih banyak data untuk dilacak jika bisa menyediakan konten untuk audiens yang lebih lebar. Jika Anda membuat konten audio, buatlah juga versi buku digitalnya.

Belakangan ini, banyak majalah konvensional yang membuat adaptasi buku digital berbasis audio untuk menarget audiens tertentu yang lebih spesifik seperti penyandang disabilitas.

#3 Jadi Tamu

Menjadi tamu di vlog atau podcast orang lain yang Anda kenal atau memiliki visi bisnis yang sama adalah hal lainnya yang sebaiknya Anda pertimbangkan juga.

Pertimbangkan untuk mencari tahu apakah Anda cocok untuk berbiacara sebagai tamu di sana, atau sekadar memasang iklan saja. Ada banyak siaran podcast dan sejenisnya saat ini yang menjual iklan, dan banyak orang yang menaruh perhatian pada hal-hal kecil seperti ini.

Menjadi tamu adalah salah satu metode yang ampuh untuk melihat seberapa luas Anda mampu menjangkau audiens baru. Untuk hasil yang ideal, buatlah percakapan yang natural sekaligus menarik sehingga pendengar tidak akan menyangka bahwa Anda sedang beriklan.

#4 Buat Podcast Sendiri

Di Indonesia, podcast di Spotify sedang naik daun. Sementara itu, ada banyak platform alternatif lainnya yang juga patut dicoba seperti Souncloud yang sudah lebih dulu hadir, atau Apple Podcast yang juga sama populernya.

Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat langkah besar untuk membuat podcast dan menciptakan pendengar dan calon pelanggan Anda sendiri. Anda dapat menciptakan pendengar dan mengembangkan komunitas pendengar dengan memfasilitasi mereka dengan konsisten lewat konten yang Anda siapkan secara berkala.

Selain itu, blog juga dapat membantu. Jadikan siaran digital sebagai komponen dasar di blog Anda dan bahaslah kapan pun Anda bisa. Pastikan Anda konsisten pada apa yang sudah Anda rencanakan dan jangan menipu pendengar Anda dengan mengatakan Anda akan kembali dengan konten baru pekan berikutnya, tetapi Anda tidak melakukannya.

Pro tip: Rekam beberapa podcast sekaligus dan unggah satu per satu, simpan sisanya sebagai stok jika sewaktu-waktu Anda tidak sempat merekam podcast terbaru—untuk menjaga konsistensi.

#5 Kualitas dan Kuantitas

Dalam industri podcast, tidak jadi masalah jika Anda memiliki 100 rekaman digital dengan kualitas rendah. Targetnya adalah menempatkan sebanyak mungkin konten audio agar dilihat oleh calon pendengar.

Seiring berjalannya waktu, jika Anda sudah bisa konsisten mengunggah konten dengan waktu yang sudah terjadwal, mulailah memperbaiki kualitas audio. Beberapa platform bahkan sudah menyediakan penyuntingan kualitas audio secara gratis untuk memastikan pendengar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dari mendengarkan konten Anda.

Sebagai permulaan, Anda dapat merekam audio di tempat yang tenang, mempelajari bagian yang sebaiknya dipotong, dan hal lainnya. Gunakan audio latar belakang sebagai pembuka maupun penutup untuk menambah kesan serius dan profesional.

Untuk hasil yang memuaskan, tentu saja Anda harus berinvestasi lebih banyak dalam hal uang untuk mendapatkan alat-alat pendukung terbaik, dan meluangkan waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan konten dan melakukan riset.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions