5 Cara Mudah Mengukur Konversi Kampanye Influencer Marketing

Sementara influencer marketing memberikan hasil yang jelas dan rapi, terutama dengan statistik yang mudah dilihat seperti jumlah pengikut dan atau keterlibatan yang terhubungan ke postingan, beberapa jenis konversi lainnya tidaklah kelihatan begitu jelas.

Hal ini akan semakin terlihat ketika Anda mencoba membedakan beberapa saluran atau beberapa kampanye influencer. Tanpa perencanaan yang matang, Anda tidak akan—misalnya—dapat mengetahui dengan pasti apakah kampanye tertentu memberikan peningkatan penjualan, atau apakah itu terjadi karena alasan lain di luar kampanye yang (akan) Anda jalankan.

Metode apa yang diberikan oleh pemasar online yang memperlihatkan jalur yang jelas antara upaya pemasaran dengan hasil akhir yang mereka harapkan? Berikut ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengukur konversi kampanye influencer marketing Anda:

Melacak Beberapa Bentuk Korelasi

Ini adalah cara paling sederhana dalam mengukur sebuah konversi dan hampir pasti akan Anda butuhkan. Anda cukup menghubungkan beberapa acara, seperti penerbitan postingan, dengan tahap konversi berikutnya. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan bahwa semua pelanggan yang berlangganan di situs web dalam waktu satu pekan adalah akibat dari munculnya kiriman terakhir tersebut.

Gunakan Tautan yang Dapat Dilacak

Salah satu cara paling efektif untuk melacak dari mana trafik yang datang dari influencer Anda adalah dengan menggunakan tautan yang dapat dilacak ini. Anda dapat mengatur tautan khusus untuk setiap influencer dan melacaknya dengan sangat mudah melalui konten yang dibagikan setiap influencer di kanalnya masing-masing. Tautan unik ini bisa disebar di mana saja di kanal-kanal populer seperti Facebook, Twitter, atau blog.

Menggunakan Piksel Konversi

Anda dapat menaruh pikesl konversi di situs web Anda, yang memungkinkan Anda untuk mendorong orang-orang datang ke situs web Anda berdasarkan apa yang telah dibagikan oleh influencer Anda tetapi mereka tidak datang melalui tautan khusus yang dibagikan. Beberapa situs mengungkap bahwa sebanyak sekitar 40% pengunjung datang dengan cara ini, dan Anda tidak akan dapat melacaknya jika hanya mengandalkan tautan yang dapat dilacak. Oleh sebab itulah piksel konversi dibutuhkan.

Menyediakan Kode Promo

Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kode promo untuk berbagai pengguna dan berbagai kampanye. Sama seperti kode unik, kode promo juga bisa jadi sangat mudah untuk dilacak dalam hubungannya dengan pembelian. Anda dapat memberikan misalnya diskon harga sekian persen untuk pengikut influencer yang berbelanja dengan menggunakan kode promo khusus yang dibagikan influencer di media sosialnya. Dari situ, Anda akan dapat dengan mudah mengukur hasil kampanye dari influencer tertentu secara lebih spesifik dan mendalam.

Konsumen menyukai penawaran jenis ini. Jika mereka telah mempertimbangkan untuk melakukan pembelian sebelumnya, maka hadirnya kode promo akan menjadi insentif yang tidak akan membuat mereka berpikir lagi untuk segera menyelesaikan transaksi. Nah, karena cara ini selalu bekerja dengan sangat baik, maka sebaiknya Anda memberikan jangka waktu atau waktu kedaluwarsa untuk kode promo tertentu untuk menciptakan rasa urgensi.

Gunakan Tagar yang Menarik dan Relevan

Anda dapat menggunakan tagar yang spesifik untuk digunakan oleh influencer Anda ketika menjalankan kampanye. Semakin unik tagar dan konsep kampanye yang Anda jalankan, kemungkinan bagi pengikut si influencer untuk ikut menggunakan tagar juga akan semakin besar. Penggunaan tagar yang efektif misalnya bisa sangat terlihat di Twitter. Tagar yang baik juga adalah tagar yang bisa memiliki jangka umur panjang. Artinya, Anda dapat menggunakan tagar yang sama pada kemudian hari dan tetap mendapatkan impresi yang tinggi.

Beberapa cara di atas cukup efektif untuk mengukur konversi dalam kampanye influencer marketing dan membantu untuk menentukan ROI dari kampanye Anda. Selamat mencoba!

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons