10 “YouTube Challenge” yang Harus Diketahui YouTuber

Jika kamu gemar menonton video di YouTube (kami percaya kamu pasti intens melakukannya belakangan ini), kamu akan melihat kalau beberapa YouTuber pada saat yang sama membuat konten serupa yang disebut dengan “YouTube Challenge” atau tantangan YouTube.

Tantangan YouTube atau YouTube Challenge adalah sebuah tren yang muncul di sebagian besar kanal YouTube dan kebanyakan dibuat untuk pasangan, tapi sebenarnya kamu bisa melakukan tantangan itu berdua dengan teman/pasangan, atau sendirian.

YouTube Challenge ini membantu orang untuk menjadi lebih kreatif dengan konten mereka; juga, sangat menghibur untuk ditonton dan efektif meningkatkan jumlah pelanggan.

Selain itu, kamu bisa menghabiskan waktu dengan cara yang menyenangkan bersama teman atau pasangan sambil ikut merekam YouTube Challenge versi kamu sendiri.

Kenapa kamu harus bikin YouTube Challenge?

Membuat video YouTube Challenge, terutama ketika sedang jadi tren, dapat membantu membangun dan meningkatkan pemirsa kamu lebih banyak dari sebelumnya dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, membuat video YouTube Challenge juga termasuk mudah. Umumnya, untuk membuat video seperti ini, kamu tidak perlu memiliki kemampuan mengedit yang mumpuni. Cukup menaruh kamera atau ponsel andalan kamu di satu tempat statis, lalu mulailah merekam.

Namun bagaimanapun, tantangan di YouTube membutuhkan gerakan dan/atau tarian, hingga model pembuatan film on-the-go (tetapi masih termasuk dasar). Selain itu, jika kamu ingin berkolaborasi dengan YouTuber lainnya, membuat YouTube Challenge ini adalah salah satu cara yang patut dicoba.

Tidak jadi masalah apakah kamu adalah YouTuber baru atau sudah lama, YouTube Challenge adalah cara yang menyenangkan untuk bertemu orang baru dan membangun koneksi, berkolaborasi dengan sesama YouTuber, dan membangun audiens kamu.

Berikut ini kami mengumpulkan 10 YouTube Challenge yang lucu dan seru untuk kamu ikuti dan unggah ke kanal YouTube kamu sendiri:

  1. Not My Hands
  2. 100 Layer
  3. The Yoga Challenge
  4. Fun Accent
  5. 7 Seconds
  6. The Brain Freeze
  7. Try Not to Laugh
  8. Water Bottle Flip
  9. Chubby Bunny
  10. Eat It or Wear It

#1 Not My Hands

Ini adalah salah satu YouTube Challenge yang cukup mudah. Kamu cuma perlu satu orang teman untuk berdiri di belakang kamu atau di balik kameramu untuk membuat video tantangan ini.

Cara kerja tantangan ini cukup mudah karena nanti tangan teman kamu akan bertingkah seolah-olah itu adalah tangan kamu. Tantangan ini cukup mudah, menghibur, dan menyenangkan untuk dibuat maupun ditonton. Tantangan seperti ini juga cocok untuk semua umur sehingga cukup efektif untuk menumbuhkan jangkauan dan keterlibatan, menambah jumlah penonton, dan menggaet pelanggan baru.

#2 100 Layer

Kalau YouTube Challenge yang satu ini, kamu bisa melakukannya sendirian dan bisa membuatnya sekreatif dan se-mind blowing mungkin.

Beberapa YouTuber mencoba tantangan ini dengan 100 lapis baju, bahkan ada yang cukup gila dengan membuat 100 lapis masker. Saran kami, jangan terlalu ekstrem dalam berkreasi membuat tantangan 100 Layer ini agar tidak memengaruhi kesehatan mental kamu di kemudian hari.

#3 The Yoga Challenge

Ini adalah salah YouTube Challenge yang jadi tren belum lama ini dan rupanya banyak peminatnya. Tantangan ini bisa dilakukan dengan teman dekat atau pasangan.

Pada dasarnya, The Yoga Challenge ini cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu melihat orang yang sudah melakukannya, atau mencari di internet gaya yoga yang menarik dan paling mungkin untuk kamu tirukan.

#4 Fun Accent

Anggaplah kamu adalah orang Jakarta yang suka dengan Sherlock Holmes, dan kamu ingin menirukan aksen British milik Benedict Cumberbatch yang fenomenal itu. Lewat tantangan Fun Accent ini kamu juga bisa menirukan aksen-aksen dari negara lain yang kamu kuasai seperti Singapura, India, Amerika, dan sebagainya.

Tantangan ini bisa dilakukan bersama teman, pasangan, atau bahkan sendiri. Baru-baru ini tantangan ini juga menjadi salah satu tren yang cukup ramai di TikTok. Mungkin kamu malah pertama kali tahu tantangan Fun Accent ini di TikTok, tetapi percayalah ini adalah sebuah YouTube Challenge.

#5 7 Seconds

Mungkin ini adalah salah satu YouTube Challenge paling mudah yang pernah ada. Kamu cuma harus mencari satu orang lagi sebagai partner, lalu duduk di sebelahnya, berikan dia tantangan, dan dia harus menyelesaikannya dalam waktu 7 detik. Jika dia gagal, berarti kamu pemenangnya.

Biasanya, pertanyaan yang diajukan atau tantangan yang diberikan adalah hal-hal sepele seperti “Siapa nama mantan yang masih kamu sayang?” atau, “Tirukan suara kucing yang sedang kawin!” dan semacamnya.

#6 The Brain Freeze

Sebelum melakukan tantangan yang satu ini, kamu harus tahu bahwa tantangan ini memiliki tingkat keekstreman yang cukup tinggi. Caranya adalah dengan mengisikan es batu ke dalam bathub (atau wadah sejenis), lalu suruh teman kamu masuk ke dalam hingga kedinginan. Berikan dia pertanyaan, jika bisa menjawab dengan benar, ia boleh keluar.

Tantangan ini akan menjadi salah satu tantangan terberat yang ada dalam daftar, jadi harap lakukan dengan bijak dan kalau perlu pastikan dalam pengawasan ahli.

#7 Try Not to Laugh

YouTube Challenge yang satu ini adalah salah satu tantangan terbaik yang pernah ada di YouTube. Kamu bisa melakukan tantangan ini sendirian, berdua, bertiga, bahkan beramai-ramai.

Cara mainnya cukup gampang. Kamu tinggal mengumpulkan video-video lucu yang ada di internet, tonton, dan cobalah untuk tidak tertawa. Kamu bisa senyum-senyum, tapi tidak boleh tertawa. Jika kamu tertawa, kamu kalah. YouTube Challenge ini adalah salah satu yang mendapat banyak penonton dan respons positif oleh penonton YouTube.

#8 Water Bottle Flip

Ini juga adalah salah satu tantangan yang cukup populer tidak hanya di YouTube, tetapi juga hingga ke platform media sosial lain, bahkan hingga ke TV.

Tantangan ini bisa dilakukan sendiri, berdua, atau bersama keluarga. Tantangannya cukup mudah (tetapi banyak juga yang gagal). Cukup cari botol dengan ukuran kecil, sedang, atau besar, lalu lemparkan dan buat ia mendarat dengan posisi seperti semula. Kelihatannya memang mudah jika kamu melihat video orang lain. Namun, ketika melakukannya sendiri, ternyata tidak semudah itu, bukan?

#9 Chubby Bunny

Kalau kamu ingin melakukan sesuatu yang sedikit gila tapi tetap menyenangkan bersama partner atau teman kamu. Maka YouTube Challenge yang satu ini cocok untuk dicoba. Namanya adalah Chubby Bunny. Cara mainnya adalah dengan memasukkan marshmellow sebanyak mungkin ke mulut hingga penuh, lalu coba mengucapkan kata “Chubby Bunny”.

#10 Eat It or Wear It

Sesuai namanya, tantangan ini mengharuskan peserta untuk menuliskan secara acak nama-nama makanan dan memasukkannya ke dalam tas atau wadah sejenis. Lalu, kamu akan memilih apakah akan memakan, atau memakainya. Peserta yang “memakai” lebih sedikit akan jadi pemenangnya.

Tantangan ini bisa dilakukan berdua dengan pasangan atau teman, atau dilakukan beramai-ramai dengan keluarga.

Terdengar menyenangkan, kan?


Ternyata, dengan viralnya YouTube Challenge ini juga banyak dimanfaatkan oleh brand untuk menyisipkan produk atau layanan mereka agar disebutkan di dalam video tantangan yang dibuat oleh YouTuber dengan pelanggan dan penonton yang cukup tinggi.

10 YouTube Challenge di atas hanyalah Sebagian kecil dari banyaknya tantangan yang pernah dan sedang viral di YouTube. Kamu bisa mencarinya sendiri dengan kata kunci “YouTube Challenge” dan lihat daftar yang mungkin bahkan belum pernah kamu lihat sebelumnya. Selamat mencoba tantangannya!

Kami ingin memfiturmu!

Ingin difitur di halaman Spotlight dan blog kami? Isikan datamu sekarang!

@media screen and (max-width: 480px){ p > object{width: 100% !important; height: 200px !important;}

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions