10 Selebgram Indonesia yang Sedang Naik Daun

Populasi pengguna internet di negara-negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, dan Indonesia didominasi oleh pengguna berusia muda dengan usia rata-rata di bawah 30 tahun. Data dan fakta ini menjadikan Asia Timur dan Asia Tenggara sebagai pasar nomor #1 dan #2 di dunia di mana lebih dari satu miliar pengguna mengakses internet dan berbagai platform media sosial setiap harinya.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penghasil kreator konten dan pengakses media sosial Instagram terbanyak di Asia tentu saja membuat negara ini memiliki banyak audiens dan Selebgram. Ada ratusan bahkan ribuan Selebgram Indonesia dari berbagai ceruk yang siap memengaruhi para pengikutnya di media sosial.

Hal ini tidak lepas dari fakta besarnya pengguna Instagram dan kencangnya arus informasi melalui media sosial berbasis foto dan video ini. Instagram sendiri memiliki dua fitur utama yang sangat sering digunakan penggunanya yaitu Feed dan Stories. Instagram Feed digunakan untuk mengunggah konten foto atau video yang aestetik untuk meningkatkan jumlah pengikut, sedangkan Instagram Stories digunakan untuk mengunggah konten yang bisa dibilang sebagai informasi angin-lalu atau untuk membuat pengumuman-pengumuman kepada para pengikut tapi tidak ingin membuat tampilan Feed berantakan.

Tetapi, di mata brand, baik fitur Feed maupun Stories yang dimiliki Instagram, keduanya dapat dimanfaatkan untuk beriklan dan memasarkan produk. Bahkan, saat ini, beriklan lewat Stories jauh lebih efektif dibandingkan beriklan lewat Feed. Mungkin itulah sebabnya kini banyak bermunculan selebgram.

Jika membahas tentang Selebgram Indonesia, mungkin di kepala Anda adalah nama-nama besar yang sudah terkenal seperti Ria Ricis, Rachel Goddard, Clairine Clay, atau selebgram fenomenal: Awkarin. Namun pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang 10 selebgram Indonesia yang namanya sedang dan diprediksi akan naik daun.

Para selebgram Indonesia yang sedang naik daun ini adalah mereka yang bukan tidak mungkin nantinya mampu menyamai pencapaian para selebgram yang sudah punya nama di atas, atau mungkin saja menggeser popularitas mereka. Lalu siapa sajakah 10 nama selebgram Indonesia tersebut? Berikut ini kami sajikan dengan lebih lengkap. Jangan lupa ikuti mereka, ya!

#1 Rara Febtarina

Rara Febtarina memulai karirnya melalui blog. Kecintaannya dengan dunia tulis-menulis membuatnya memutuskan untuk membuat blog dan ia menuangkan segala keresahannya ke dalam tulisan di blognya tersebut.

Setelah lama menulis tulisan-tulisan bernuansa romansa, narablog asal kota Bandung ini mulai menemukan passion-nya. Ia mulai sering menulis tentang kecantikan, gaya hidup, fashion, dan mulai sering mengikuti acara-acara yang berkaitan dengan hal yang sering ditulisnya. Selebgram yang akrab dengan panggilan Rara atau Ara ini tidak butuh waktu lama untuk dikenal oleh publik.

Ia kini menyebut dirinya sebagai Indonesian Lifestyle Blogger dan mendirikan komunitas Bandung Hijab Blogger sebagai bentuk konsistensinya terhadap hijab sebagai gaya hidupnya. Komunitas yang didirikannya pun mendapat respons yang positif dan membuatnya semakin dikenal serta semakin sering diundang sebagai pembicara ke berbagai acara serupa.

Selain mengunggah konten foto dan video di Instagram, Rara Febtarina juga sudah merambah dunia YouTube untuk melebarkan sayap dan meraih semakin banyak audiens. Ketika membuka blognya, pembaca akan langsung disuguhkan dengan video YouTube terbarunya yang terputar secara otomatis di sana.

#2 Kania Dachlan

Pernah merasa malu menjadi influencer atau malu memamerkan tubuh karena memiliki ukuran tubuh yang besar? Jangan sampai terjadi lagi!

Sama seperti Rara Febtarina, Kania Dachlan juga adalah selebgram yang berasal dari kota Kembang, Bandung. Di akun Instagramnya, ia banyak bekerja sama dengan brand produk-produk kecantikan. Selain kecantikan, Kania juga punya hobi jalan-jalan. Kota-kota yang paling sering ia kunjungi adalah kota-kota wisata yang ada di pulau Jawa, Bali, dan juga kota wisata luar negeri seperti Singapura.

Sebagai orang yang memiliki bentuk tubuh besar (ia menyebutnya curvy size), ia ingin menyerukan bahwa ukuran bukanlah penghalang bagi seseorang untuk tetap berkarya. Buktinya, banyak sekali brand yang sudah bekerja sama dengannya dan ia sudah berkali-kali diundang sebagai pembicara dalam acara bertema kecantikan dan gaya hidup.

“Having a curvy body does not mean we are not able to express ourselves and be creative in beauty and fashion.” – Kania Dachlan.

Akun Instagram Kania Dachlan pun selalu dipenuhi dengan pos-pos berisi produk-produk dari brand yang bekerja sama dengannya. Tidak percaya? Coba saja tengok sendiri.

Perjuangan Kania Dachlan menyerukan soal curvy size ini mendapat respons yang sangat positif, dan akhirnya ia pun diundang oleh sebuah media digital besar untuk membahas tentang Busana Sederhana bagi perempuan-perempuan yang bertubuh besar seperti dirinya.

Apa yang dilakukan oleh Kania adalah bukti bahwa tubuh besar bukanlah sebuah hal yang negatif jika kita pandai bersyukur dan mau melihat dari sudut pandang yang lain untuk kemudian menjadikannya sebagai batu loncatan karir.

#3 Zilqiah Angraini

Sudah memiliki anak bukanlah alasan untuk meninggalkan hobi, apalagi jika hobi tersebut bisa menghasilkan uang.

Qiah adalah ibu dua anak yang memiliki hobi fotografi dan punya ketertarikan di bidang fashion terutam hijab. Karena ketertarikannya tersebut, membuatnya berinisiatif untuk mendirikan komunitas bernama FM3 (Fotografer & Model Muslimah Makassar) dan Maysa, Muslimah Modelling Course yang ia dirikan bersama beberapa orang teman yang memiliki kegemaran yang sama dengannya.

Berawal dari hobi dan ketertarikan tersebut, Qiah tidak hanya mendirikan komunitas, tetapi ia juga pernah dinobatkan sebagai partisipan dalam acara Hunting Serentak Ragam Budaya dalam Lensa yang diadakan oleh Fotografer Indonesia secara serentak di empat negara pada beberapa tahun silam.

Usaha dan kerja kerasnya pun mulai membuahkan hasil yang manis, Qiah kini mulai sering diundang menjadi pembicara di acara-acara yang bertema sama seperti bidang yang sedang yang ia gelutinya. Dan nampaknya, tawaran serupa akan semakin sering datang kepadanya seiring naiknya nama blogger cantik asal Kota Daeng, Makassar ini.

#4 Agnesia Rezita

Nesya, nama panggilan akrabnya, adalah narablog yang sangat produktif sebelum menjadi selebgram. Terhitung sejak tahun 2016 ia telah mengikuti dan memenangkan puluhan kompetisi yang sebagian besar adalah kompetisi fotografi. Kehebatannya dalam hal fotografi tidak usah diragukan lagi, bisa dilihat dari hasil jepretannya di akun Instagram miliknya.

Kini, selebgram asal kota Medan ini lebih banyak fokus membagikan tentang alat-alat kecantikan, dan masih aktif menulis di blog juga tentang kecantikan yang diselingi cerita jalan-jalan, cerita tentang persahabatan, keluarga, dan juga beberapa acara luring lainnya yang tidak berhubungan dengan kecantikan.

Tulisan-tulisan yang dimuat di blog pribadi Nesya memang lebih personal dibandingkan selebgram pada umumnya yang seringnya mengedepankan ulasan tentang produk dari brand yang sedang melakukan kerja sama.

#5 Oxi Cinintya

Nama Oxi mendadak viral ketika videonya bermain skateboard di trotoar sambil mengenakan seragam perawat tersebar di media sosial Twitter. Setelah itu orang-orang terus membicarakan namanya, mencari tahu sumber video tersebut, hingga akhirnya pengikutnya di Instagram terus bertambah.

Oxi saat ini masih aktif sebagai mahasiswi jurusan Radiologi Medis di salah satu universitas di kota Padang, Sumatra Barat. Namun di akun Instagramnya, pengikutnya akan lebih sering melihat Oxi memainkan papan skate daripada kesibukannya sebagai mahasiswi. Ia memang menggemari skateboard sejak masih anak-anak dan kecintaannya pada olahraga tersebut membuatnya berani membangun komunitas skateboard bernama FTG Skateboards.

Hingga kini, ia masih terus aktif melakukan kedua aktivitas rutinnya tersebut; menjadi perawat di dunia kesehatan, dan bermain skateboard di sela-sela kesibukannya itu.

#6 Dee Rahma

Penghargaan yang sudah diterima Dee lewat menulis sudah tidak bisa lagi dihitung dengan jari, jadi rasanya tidak perlu didebat lagi soal bagaimana kualitas tulisannya dapat memengaruhi orang lain terutama audiens tetap yang menjadi pembaca blog setianya yang sudah menginjak angka jutaan itu.

Dee adalah seorang penulis dan influencer yang sudah sering menangani brand besar. Ia turut berperan dalam suksesnya berbagai acara-acara besar di ibu kota sebagai tim kreatif, dan beberapa kali menjadi pembicara di acara-acara bertema bisnis. Hasil-hasil pemikirannya berkali-kali memenangkan penghargaan dan dimuat di media-media besar seperti Kompas, Tempo, Jawa Pos, dan lain sebagainya. Lewat blog pribadinya, ia kini lebih sering membagikan cerita tentang gaya hidup dan perjalanannya.

Visual dari perjalanannya tersebut ia abadikan di Instagram. Kini ia dikenal sebagai selebgram yang fokus ke lifestyle traveler. Jika butuh rekomendasi tempat-tempat wisata yang sedang digandrungi atau penganggaran jika hendak berwisata, sepertinya Dee adalah orang yang tepat. Atau, jika sekadar ingin memanjakan mata dengan foto-foto yang menakjubkan dengan caption yang bikin senyum-senyum, juga cocok.

#7 Putu Aditya Nugraha

Nama Putu Aditya mulai melambung ketika ia sering mengajak pengikutnya di Twitter untuk menemukan watermark dalam gambar kutipan yang dibuatnya. Kutipan-kutipan di dalam foto tersebut ia beri nama Commaditya, yang kemudian ia jadikan sebagai nama pengguna untuk akun media sosialnya, termasuk Instagram.

Di Instagram, ia gemar membuat video lanskap menggunakan drone dengan nada warna yang khas. Ia adalah penyunting video independen yang sudah menangani banyak klien besar. Coba saja tengok video-video kreatifnya yang bekerja sama dengan brand besar di Indonesia. Selebgram satu ini kini dikenal sebagai traveler, dan ia membuat video perjalanannya sendiri. Ia juga sering kali mengajak pengikutnya untuk ikut berpartisipasi setiap kali ia akan melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri.

Saking melejitnya nama Putu Aditya, ia bahkan sudah mulai merambah ke luar negeri untuk membuat video bersama rekan-rekannya.

Jika ingin terlibat dalam pembuatan video Putu Aditya, atau ingin belajar videografi serta ikut saat ia dan rombongan melakukan perjalanan ke luar negeri, coba intip akun Instagramnya sebab di sana ia sering membagikan tentang tips membuat video serta kelas-kelas video di mana ia akan menjadi pemateri.

#8 Larasati Neisia

Biasa dipanggil Nesa, ia adalah selebgram yang berasal dari kota Bandung, bersama Rara Febtarina ia mendirikan Hijab Blogger Bandung sebagai co-founder dan juga mengisi acara yang sama. Nesa dan Rara sama-sama lahir dan besar di kota Bandung dan berkomitmen mengabdikan diri di kota kelahiran mereka, salah satunya dengan terus mengembangkan komunitas yang juga turut membesarkan namanya tersebut.

Nesa juga masih aktif menulis di blognya tentang kecantikan dan gaya hidup, serta membagikan keseharian dan acara-acara yang dihadirinya sebagai peserta dan pembicara di akun Instagram miliknya.

Belakangan, Nesa gemar membagikan tentang suka dan duka menjadi orang yang bekerja di perusahaan agensi, dunia yang kini sedang digelutinya. Tulisan itu pun mengundang respons yang cukup beragam dari orang-orang yang belum pernah merasakan bekerja di agensi, juga tanda setuju dari para pekerja yang sudah lama berkarir di dunia tersebut.

#9 Bella Kuku Tanesia

Bella Kuku Tanesia adalah selebgram Indonesia keturunan Jepang yang tinggal di Jakarta dan memiliki nama Jepang Takahashi. Namanya semakin dikenal sejak ia menjadi pembawa acara Galaxy Kick Off di salah satu stasiun televisi, Anibee TV. Setelah itu wajahnya semakin sering muncul di stasiun televisi swasta besar di Indonesia.

Jadi, tidak perlu heran lagi jika ia digadang-gadang akan menjadi selebgram yang akan semakin dikenal di masa depan.

Selebgram muda ini adalah orang yang sangat berpikiran terbuka dan sering dianggap sebagai pribadi yang jutek walau sebenarnya ia adalah orang yang sangat ramah. Ia pandai berbahasa Inggris (selain bahasa Jepang yang juga dikuasainya), gemar bermain gitar dan hobi menyanyi.

Di akun Instagramnya, Bella membagikan foto-foto secara acak mulai dari foto jalan-jalan, jelajah kuliner, hingga kecantikan dan berbagai acara luring yang diikutinya di berbagai kota. Ia juga membuat video di YouTube dengan lebih dari seribu jumlah pengikut. Hal ini sejalan dengan cita-cita yang selalu didambakan oleh seorang Bella, bahwa ia ingin menjadi orang yang dapat menghibur banyak orang dengan cara yang kreatif, inovatif, dan edukatif.

#10 Anwar Syarif

Ia lebih dikenal dengan panggilan Arsya atau Social Junkee. Ia bukanlah fotografer profesional, tetapi hasil jepretannya di Instagram membuat orang-orang berpikir dua kali untuk tidak mengikutinya. Lebih dari itu, Arsya tidak hanya punya keahlian memotret yang bagus tetapi juga tulisan keterangan foto yang unik, imajinatif, serta inspiratif.

Foto-foto yang diposnya ke Instagram tidak hanya berlokasi di dalam negeri, tapi juga di berbagai negara di Asia dan Eropa. Ia juga tidak hanya punya satu akun, untuk memuaskan hasrat fotografinya yang seperti sudah mendarah daging, Arsya mengepos foto bertema street photography dan benda-benda yang sering kita temui sehari-hari, di dua akun khusus sehingga tidak mengganggu lini masa akun pribadinya. Namun bagaimana pun, ketiga akun yang dikelolanya tetap membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum.

Selain itu, ia juga menulis di blog seputar penganggaran ketika ia hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Ia menuliskan semuanya dengan lengkap dan nyaris tanpa celah, yang membuat orang-orang semakin betah menunggu setiap postingannya di berbagai kanal media sosial yang dimilikinya.

Di atas adalah 10 selebgram yang namanya sedang naik daun. Namun sejatinya, masih ada banyak lagi nama-nama baru yang juga cocok untuk menyandang predikat yang sama. Mereka juga datang dari berbagai ceruk dan keahlian masing-masing. Melihat ramainya trafik iklan dan konten yang terus bertambah serta antusias pengguna yang semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan jika dua atau tiga tahun mendatang akan semakin banyak lagi muncul nama-nama selebgram baru dari rentang usia yang bahkan jauh lebih muda dari yang telah kami sebutkan di atas. Apakah ada nama yang muncul di pikiran?

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons