10 Marketplace Terpopuler di Indonesia

Sudah sekitar 10 tahun terakhir, kehadiran marketplace di Indonesia memberikan kemudahan bagi para penjual dan pembeli yang ingin bertransaksi secara lebih cepat, mudah, dan aman tanpa perlu keluar rumah.

Bagi para pembeli yang tidak ingin membeli langsung di toko atau stok di suatu toko offline sedang kosong, mereka tidak perlu lagi khawatir sebab toko online saat ini sudah menyediakan hampir seluruh kebutuhan yang ada di toko offline. Sementara dari sisi penjual, omzet dan penghasilan pun mendadak berlipat setelah hadirnya marketplace yang semakin memudahkan pertemuan mereka dengan para pembeli.

Penjual di marketplace tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga sampai ke luar negeri.

Di Indonesia sendiri, marketplace semakin banyak dijumpai, mulai dari marketplace luar yang melakukan ekspansi atau pelebaran lini bisnis di Indonesia sampai dengan marketplace garapan orang-orang kreatif di Indonesia sendiri.

Berikut ini adalah 10 Marketplace terpopuler di Indonesia versi StarNgage:

#1 Tokopedia

Tokopedia muncul pertama kali pada tahun 2009, didirikan oleh William Tanuwijaya bersama sahabatnya bernama Leontinus Alpha Edison. Dunia internet yang baru dalam tahap perkembangan pada masa-masa itu membuat Tokopedia juga berkembang cukup pesat dan sekarang Tokopedia sendiri sudah menjelma menjadi perusahaan berkategori Unicorn yang berarti memiliki nilai valuasi di atas atau sama dengan 1 miliar dolar.

Tidak banyak perusahaan di Indonesia (bahkan di dunia) yang mampu mencapai titik tersebut, dan Tokopedia adalah satu dari beberapa perusahaan di Indonesia yang mampu mencapai peringkat tersebut.

#2 Blibli

Berikutnya adalah Blibli yang juga adalah Garapan orang Indonesia atau lebih tepatnya sebuah marketplace yang dibiayai oleh Djarum. Blibli tadinya lebih fokus untuk konsumen yang mencari barang-barang elektronik, tetapi perkembangan pasar membuat Blibli kini sejajar dengan marketplace pada umumnya yang menyediakan segala jenis barang mulai dari fashion hingga kebutuhan sehari-hari.

#3 Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang sangat besar yang berasal dari Singapura. Tidak menunggu lama, karena permintaan pasar yang sangat besar, Shopee pun melebarkan sayap bisnis ke Indonesia dan dengan segera menjadi salah satu marketplace terpopuler yang banyak diminati warga Indoensia.

Bisa dibilang, marketplace yang sebelumnya dikenal dengan nama Garena ini adalah salah satu yang terbaik dari segi layanan, tampilan, dan menjadi marketplace yang menguasai pasar Asia Tenggara.

Untuk urusan promosi, Shopee tidak tanggung-tanggung dengan menggaet bintang sepakbola paling terkenal abad ini, Cristiano Ronaldo untuk menjadi brand ambassador mereka.

#4 Bukalapak

Bukalapak adalah marketplace populer selanjutnya yang didirikan oleh orang Indonesia asli bernama Achmad Zaky, bersama dua orang lainnya. Pada awalnya Bukalapak hanya memiliki kantor yang luasnya tak lebih dari sepetak kamar kosan standar, tetapi seiring berjalannya waktu dan respons yang positif oleh pasar membuat Bukalapak kini menyandang gelar yang sama dengan Tokopedia sebagai Unicorn.

Sebagai marketplace yang banyak dijalankan oleh orang asli Indonesia, pencapaian Bukalapak adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Kini, Bukalapak sudah meraih berbagai penghargaan sebagai marketplace terbaik dari berbagai kategori dan masih terus berjalan melayani masyarakat.

Setelah menyandang gelar Unicorn, Bukalapak kini tidak hanya fokus sebagai marketplace tetapi juga sebagai hub untuk industri kreatif yang sedang berkembang pesat di Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

#5 Lazada

Lazada adalah marketplace yang tergabung dalam Lazada Group, sebuah grup skala internasional yang dimiliki oleh Alibaba yang dikepalai oleh Jack Ma, salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Berkantor pusat di Singapura, Lazada melayani pelanggan dari seluruh dunia tanpa kecuali.

Alexander Samwer, Marc Samwer, dan Oliver Samwer adalah tiga orang yang menjadi kunci di balik berdiri dan suksesnya Lazada di seluruh dunia. Mereka betigalah yang mendirikan Lazada pada tahun 2012 dan masih menjadi salah satu marketplace terpopuler saat ini tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

#6 JD ID

Sebelum dikenal di pasar Indonesia, JD sempat mengalami perjalanan panjang dan perubahan nama yang cukup banyak. Dimulai pada 1998 dengan nama Jingdong Century Trading di Beijing, lalu beberapa kali berganti nama sebelum akhirnya menjadi JD pada Maret 2013. Selepas itu, perkembangan bisnis marketplace ini menjadi semakin pesat dan mulai merambah pasar Indonesia.

Hingga kini, karyawan JD sudah hampir mencapai 200.000 orang karyawan yang tersebar di berbagai kota di seluruh dunia. Salah satu nama JD sebelumnya yang juga cukup terkenal adalah 360buy.

Secara terbuka, banyak pihak menyebut bahwa JD adalah kompetitor langsung Alibaba.

#7 Zalora

Pada awal peluncurannya pada tahun 2012, Zalora langsung diperkenalkan di delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Hong Kong, Taiwan, dan Vietnam. Sebuah konsistensi ditunjukkan oleh marketplace yang sudah tersedia dalam tiga bahasa resmi itu dengan masih eksis hingga sekarang dengan fokus produk pada produk fashion dan gaya hidup.

Tidak banyak pesaing yang fokus di ranah bisnis yang sama membuat Zalora masih tergolong aman hingga saat ini, meski sebentar lagi sepertinya akan mulai mendapat pesaing dari ShopperBoard, marketplace fashion dan kecantikan asal Singapura yang juga akan merambah pasar Indonesia.

#8 Sorabel

Jika Anda familier dengan nama Sale Stock Indonesia, maka Anda pasti juga akan familier ketika membuka situs web Sorabel. Memang, Sorabel dulunya adalah Sale Stock sebelum berganti nama. Setelah beberapa tahun sukses menjaring pelanggan yang kebanyakan berasal dari Facebook, marketplace yang didirikan suami-istri Lingga Madu dan Ariza Novianti itu akhirnya berganti nama meski masih menyasar konsumen yang sama dengan yang disasar oleh Zalora dan ShopperBoard.

Sebagian besar pelanggan Sorabel berasal dari kalangan perempuan remaja dan dewasa sehingga fokus terbesar mereka memanglah berada di fashion wanita.

#9 Elevenia

Meski tidak sering terlihat di iklan televisi, rupanya Elevenia masih masih 10 besar sebagai marketplace terpopuler di Indonesia. Layanan yang baik dan tampilan yang cukup bersahabat serta potongan-potongan harga yang sering diberikan membuat konsumen masih betah berlama-lama berbelanja dimiliki oleh XL Axiata itu.

Didirikan pada tahun 2014, Elevenia sukses meraih 1 juta pelanggan pertama mereka pada satu tahun pertama dan berhasil mengirimkan sebanyak lebih dari 400 ribu produk. Pada tahun 2016, tercatat bahwa transaksi harian yang terjadi di Elevenia adalah sebanyak 20 ribu transaksi per hari. Tentu saja kesuksesan tersebut tidak lepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh XL Axiata yang sudah melayani masyarakat Indonesia selama kurang lebih 22 tahun lamanya dan kini dikepalai oleh Dian Siswarini yang saat ini menjabat CEO.

#10 iLotte

iLotte sebetulnya adalah pemain lama di industri offline. Mereka menyediakan berbagai kebutuhan secara offline di toko mereka yang tersebar di seluruh dunia. Namun, memasuki era digital, mereka rupanya tidak ingin ketinggalan dan membuat iLotte yang berbasis online.

Ternyata, mereka pun berhasil dan sukses menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia dan bahkan di beberapa negara di dunia terutama di negara asalnya, Jepang. Sampai pada saat ini, toko offline maupun online dari Lotte dan iLotte masih berjalan beriringan dengan penghasilan yang sama-sama besar, jadi tidak heran jika ia masuk dalam 10 besar sebagai marketplace terpopuler di Indonesia.

Catatan: Sumber daftar di atas kami ambil dari Alexa dan Katadata.

 

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons