TOP 30 Travel Influencer di Indonesia

Bisa jalan-jalan keliling Indonesia—bahkan sampai ke luar negeri—sepertinya adalah impian setiap orang. Tapi bagaimana kalau jalan-jalan keliling Indonesia dan luar negeri gratis dan sekaligus dibayar? Hm, sepertinya tidak akan ada orang yang mampu menolak tawaran seperti itu.

Di Indonesia, ada banyak travel influencer yang menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan keliling Indonesia dan juga luar negeri. Ada yang menggunakan dana pribadi dari hasil tabungan, dan ada juga yang diberi trip gratis (plus dibayar) oleh perusahaan tertentu untuk jalan-jalan ke suatu negara. Biasanya untuk yang kedua, mereka tidak sekadar jalan-jalan, tetapi diminta untuk meliput acara tertentu atau mengeksplor tempat wisata tertentu.

Berikut ini adalah daftar TOP 30 Travel Influencer di Indonesia versi StarNgage:

#1 Christina Tan

Sebelum menjadi seorang travel influencer, Christina Tan bekerja di indsutri fesyen. Kini ia adalah seorang jurnalis finansial di salah satu media besar di Singapura.

#2 Ernanda Putra

Ia adalah Creative Director di salah satu media digital bernama Makna Creative. Kini lebih dari setengah juta pengikutnya di Instagram selalu menantikan pos-pos ajaib terbaru darinya.

#3 Alexander Thian

Memulai karir sebagai penulis non-fiksi, kini travel influencer yang senang dipanggil Lexy ini semakin sering menghabiskan tahun dengan berjalan-jalan di negara-negara populer di Eropa dan Asia.

#4 Mullie Marlina

Bersama pasangannya Andy Handoko, Mullie Marlina tidak hanya berbagi tentang cerita perjalanannya tetapi juga berbagi seputar makanan di blog yang dikelolanya berdua, dikenal dengan My Fun Foodiary.

#5 Renaldy Ahmad

Ia adalah seorang penyendiri yang suka jalan-jalan dan begitu mencintai alam, mulai dari hutan, gunung, pantai, hingga laut.

#6 Trinity

Siapa tidak kenal Trinity? Pekerja kantoran yang kemudian mengundurkan diri agar bebas jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia ini, kini sudah menuliskan seluruh kisah perjalanannya ke dalam banyak buku (sekarang sudah difilmkan). Ia lebih dikenal dengan nama The Naked Traveler.

#7 Ariev Rahman

Ia melabeli dirinya sebagai “A Serious Travel Blogger”, sebuah label yang sangat kontras dengan isi tulisan yang ada di dalam blognya yang terkesan jayus dan mengocok perut.

#8 Farchan Noor Rachman

Ia adalah Social Media Specialist di Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia. lebih dikenal dengan nama Efenerr di media sosial, ia aktif membagikan informasi-informasi bermanfaat dan juga cerita jalan-jalannya ke berbagai negara.

#9 Sutiknyo

Perah dengar nama Tekno Bolang? Ya, Sutiknyo yang menggunakan nama LostPacker untuk blog pribadinya memang memakai nama Sutiknyo Tekno Bolang di media sosial.

#10 Mochamad Takdis

Salah satu travel influencer yang membawa pengaruh dan menginspirasi para travel influencer lainnya. Bersama Ariev Rachman, Takdis mendirikan sebuah travel agency bernama Whatravel.

#11 Wira Nurmansyah

Tulisan-tulisan keren di blognya didukung penuh dengan foto-foto yang tidak kalah kerennya. Wajar jika Wira menjadi salah satu travel influencer yang memiliki banyak penggemar dan menjadi inspirator.

#12 Ashari Yudha

Ia mulai dikenal publik setelah melakukan perjalanan solo tanpa henti selama enam bulan berkeliling Indonesia dengan anggaran yang sangat minim.

#13 Marischka Prudence

Sebelum memutuskan menjadi seorang traveler, Marischka Prudence adalah seorang reporter di salah satu stasiun televisi swasta Metro TV. Ia sering ditugaskan untuk meliput berita bencana alam yang terjadi di Indonesia.

#14 Rijal Fahmi

Ia punya cita-cita yang cukup unik: ingin bekerja selama satu tahun penuh, agar bisa jalan-jalan selama setahun penuh. Tapi akhirnya ia nyaman menjadi seorang freelancer karena tidak mengganggu kegiatan jalan-jalannya.

#15 Kadek Arini

Bernama lengkap Kadek Arini Stepitula Gayatri, ia adalah travel blogger yang bercita-cita mendatangi seluruh negara di dunia sebelum tua.

#16 Yunaidi Joepoet

Akrab disapa Yudi, foto-foto hasil jepretannya sudah sering digunakan oleh media-media besar untuk kepentingan komersil seperti National Geographic Indonesia.

#17 Dina & Ryan

Dua pasangan ini sudah bertahun-tahun berkeliling dunia hanya dengan dua ransel mereka. sampai-sampai mereka menamai diri mereka sebagai DuaRansel.

#18 Adam & Susan

Sama seperti Dina dan Ryan, Adam & Susan pun selalu bepergian berdua keliling dunia. Setiap selesai menulis, mereka akan pamit pada para pembacanya dengan kalimat, “Adam & Ryan, Pergi Dulu”.

#19 Chocky Sihombing

Chocky senang membagikan cerita perjalanannya serta tips dan trik ketika ingin bepergian jauh dari rumah alias jalan-jalan baik di dalam maupun ke luar negeri.

#20 Katerina

Katerina mengolaborasikan kamera digital dan kamera ponsel pintar dalam setiap perjalanannya bekeliling Indonesia. Hasilnya yang luar biasa bisa dilihat langsung di blog pribadi miliknya.

#21 Danan Wahyu Sumirat

Para blogger angkatan lama pasti kenal dengan nama ini. Danan Wahyu Sumirat adalah seorang travel blogger yang namanya sudah sangat sering muncul di daftar pemenang berbagai lomba menulis.

#22 Noni Khairani

Menggunakan nama pengguna nyonyasepatu di akun media sosialnya, Noni Khairani adalah travel influencer yang juga bekerja sebagai Assistant Marcomm Manager di sebuah hotel berbintang lima di kota Medan.

#23 Awan Yulianto

Ia adalah seroang penulis buku best seller yang kini menjadi freelance travel writer. Itu artinya, ia juga melakukan pekerjaannya sambil jalan-jalan.

#24 Alid Abdul

Travel influencer asal Jombang ini sangat menyukai hal-hal yang berbau India, sampai-sampai ia punya impian untuk menelusuri seluruh tempat di India dari ujung ke ujung.

#25 Velysia Zhang

Ia pertama kali melakukan solo traveling ke luar negeri pada usia 16 tahun, lalu mulai menjelajah dan menemukan bahwa ia hanya jatuh cinta dengan Indonesia.

#26 Firsta Yunida

Memulai perjalanannya dengan berkeliling Indonesia dan sekarang memiliki bisnis konsultansi travel. Tapi ia juga tidak segan membagikan tips dan trik bermanfaat seputar traveling secara gratis, kok.

#27 Bowie Holiday

Selain cerita perjalanan, Bowie juga gemar menceritakan kesehariannya di blog pribadinya terutama yang berkaitan dengan desain, musik, dan fesyen yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

#28 Sharon Loh

Ia melabeli dirinya sebagai Food and Travel Blogger Indonesia. Sharon memang punya hobi makan selain jalan-jalan, maka ia mengolaborasikan keduanya dan akhirnya ia jadi pemburu makanan di negara-negara yang dikunjunginya.

#29 Bintang Alleyosha Mahacakrie

Bintang Mahacakrie adalah pendiri iwearbanana, salah satu e-commerce yang bergerak di bidang fesyen. Selain BA-NA-NA, ia juga mengurus blog pribadi dan satu proyek lain.

#30 Stanislaus Hans Danial Subianto

Nama panggilannya Hans. Sama seperti Sharon Loh, ia juga suka berburu makanan saat jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri.

Give your Opinions

Simple Share Buttons