TOP 20 Food Influencer di Indonesia

Makanan adalah salah satu kebutuhan dan sumber tenaga manusia yang sifatnya wajib. Tidak makan dalam sehari tentu saja akan membuat tenaga kita berkurang bahkan hilang, dan membuat aktivitas harian menjadi tertunda.

Di Indonesia, ada begitu banyak ragam makanan unik dan khas dari setiap daerah. Setiap daerah yang Anda kunjungi, paling tidak ada satu makanan khas di sana yang berbeda atau tidak akan Anda temukan di daerah lain. Itu adalah bukti kekayaaan dan keragaman Indonesia. Dari makanan yang beragam ini, lahir pula para influencer yang memperkenalkan berbagai makanan dari pelosok negeri hingga akhirnya dikenal tidak hanya di seluruh tanah air, tetapi juga sampai ke mancanegara.

Para pegiat di ceruk makanan ini dikenal dengan sebutan Food Influencer, dan berikut ini adalah TOP 20 Food Influencer di Indonesia versi StarNgage:

#1 Magdalena (@mgdalenaf)

Magdalena atau yang akrab disapa Magda adalah seorang Food Blogger dari Indonesia yang mengawali kariernya di ceruk ini karena kesukaannya akan makanan dan fotografi. Ia kemudian membuat konten video dan ternyata respons masyarakat terhadap konten yang ia hasilkan sangat positif.

Saat ini, Magda sudah mendulang 1.2 juta orang pengikut di Instagram dan 1.4 juta pelanggan di kanal YouTube miliknya. Baik Instagram maupun YouTube, Magda fokus membagikan konten seputar makanan.

#2 Nex Carlos (@nexcarlos)

Nex Carlos adalah salah satu Food Influencer di Indonesia yang sudah berkeliling Indonesia untuk mencicipi setiap makanan khas di berbagai daerah yang tersebar di nusantara. Ia yang kini sudah hampir meraih sebanyak 400 ribu orang pengikut di Instagram terus membagikan konten seputar makanan dan juga tips kesehatan yang berhubungan dengan makanan.

Berbagai penghargaan sudah didapatkan dan berbagai rekor telah dipecahkan oleh Nex Carlos yang berhubungan dengan makanan, membuatnya jadi salah satu Food Influencer paling berpengaruh di Indonesia.

#3 Stanislaus Hans Danial Subianto (@eatandtreats)

Lebih dikenal dengan sapaan Hans Danials, ia adalah seorang Food Blogger yang sudah cukup lama berkecimpung di ceruk makanan. Ia tidak hanya memiliki kemampuan fotografi dan menulis ulasan tentang makanan yang baik, tetapi juga memiliki pengetahuan yang sangat baik dalam hal kuliner dan makanan.

Menggeluti ceruk makanan selama kurang lebih tujuh tahun lamanya, Hans Danial sudah sangat sering diundang ke berbagai acara bertema kuliner sebagai pembicara utama.

#4 Marius Tjenderasa & Julia Veronica (@AnakJajan)

Marius dan Julia adalah sepasang kekasih yang mencintai dunia kuliner. Berawal dari kesukaan, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menjadikan hobi ini sebagai ladang penghasilan utama.

Bagi pengikut lama dan pembaca blog setia Anak Jajan, sudah pasti tahu kalau Marius dan Julia juga sering membagikan konten jalan-jalan, yang tentu saja juga diselipi cerita dan foto tentang makanan.

#5 Mullie Marlina & Andy Handoko (@myfunfooddiary)

Sama seperti sepasang nama sebelumnya, Mullie Marlina & Andy Handoko juga adalah sepasang suami-istri yang membagikan konten perjalanan dan kuliner di blog dan media sosial mereka. Keduanya termasuk dalam Food Influencer yang berpengaruh di Indonesia karena kekayaan konten yang fokus ke ceruk makanan. Selain itu, kemampuan fotografi yang mereka miliki juga akan berhasil membuat Anda betah lama-lama menatap foto yang mereka bagikan.

Di Instagram, mereka sudah hampir mendulang 100 ribu orang pengikut.

#6 Aditya Perdana & Vendryana Larasati (@Moinblog)

Keduanya adalah sepasang sahabat yang sama-sama menyukai kuliner. Berawal dari kesukaan itu, mereka berdua akhirnya memutuskan membuat kanal yang khusus membahas makanan di YouTube. Rupanya, hal tersebut langsung mendapat sambutan hangat penonton.

Anda dapat menemukan konten-konten Moinblog di blog, Instagram, dan juga YouTube.

#7 Cindy Lulaby (@cnlulaby)

Cindy Lulaby adalah seorang Food Blogger yang cukup populer. Di dalam kontennya, ia membahas semua level makanan mulai dari makanan yang kekinian hingga makanan murah dari daerah-daerah yang tujuannya hanya untuk pengisi perut semata.

Jika Anda menyukai kuliner yang ramah di kantong dari segi harga, maka Cindy Lulaby akan memberikan banyak rekomendasi untuk Anda.

#8 Ryan Haryanto (@diarymakan)

Ryan Haryanto juga adalah salah satu Food Influencer yang memulai kariernya melalui blog. Ia menulis di blog Diary Makan kemudian berpindah ke Instagram dan YouTube untuk mengikuti perkembangan media sosial dan keinginan pasar.

Kepopuleran Food Influencer yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi, ia sudah pernah diwawancara oleh stasiun televisi swasta yang cukup besar di Indonesia.

#9 Windy Iwandi (@foodirectory)

Bersama Cindy Lulaby, Windy Iwandi sering bepergian ke luar kota atau ke luar daerah untuk jalan-jalan sekaligus mencicipi kuliner khas daerah yang mereka kunjungi tersebut. Awal mulanya, Windy sering ditemani partnernya Andrey, tetapi belakangan ia lebih sering melakukan perjalanannya seorang diri karena faktor kesibukan.

#10 Yackikuka (@yackikuka)

Jika kebanyakan Food Influencer berkeliling untuk mencicipi berbagai macam makanan, maka berbeda dengan Yackikuka. Ia lebih sering memasak sendiri, membagikan resep, dan tips kepada para audiensnya. Masih aktif hingga hari ini, tips dan resep memasak dari Yackikuka selalu dinanti oleh para pengikut setianya.

Tentu saja resep makanan yang uniklah yang membuat Yackikuka menjadi salah satu Food Influencer yang beda dan berpengaruh di antara yang lainnya. Di Instagram, ia sudah berhasil meraih lebih dari 700 ribu orang pengikut, sementara di YouTube sudah hampir mencapai 600 ribu pelanggan.

#11 Theresia (@heytheresia)

Yang membuat Theresia atau Tere berbeda dalam hal konten adalah detail. Selain membagikan resep pada setiap postingannya tentang makanan, ia juga memberikan detail yang mempermudah para pengikut yang ingin meniru caranya dalam memasak.

Tere adalah salah satu Food Influencer yang juga menyukai perjalanan dan membagikannya di akun Instagram miliknya yang sudah hampir mencapai 100 ribu pengikut.

#12 Endang Indriani (@justtryandtaste)

Berawal dari sebuah blog, hingga hari ini Endang Indriani sudah berhasil menulis 6 buah buku tentang kuliner. Ia yang sudah sembilan tahun berkecimpung di dunia blog mengaku sangat menikmati perjalanannya tersebut.

Di blognya, Endang membagikan resep masakan yang mudah, sederhana, dan praktis untuk ditiru bahkan oleh para pemula sekalipun.

#13 Ken & Grat (@kenandgrat)

Ken dan Grat adalah sepasang kekasih yang memilih kuliner sebagai ceruk konten utama mereka. Pasangan yang gemar mengunggah konten kuliner ini juga tidak jarang mempertontonkan kemesraan di akun media sosial seperti Instagram dan juga YouTube yang sudah berhasil meraih ratusan ribu pengikut.

Kalau Anda adalah pengikut setia dari pasangan ini, maka sudah pasti paham kalau mereka lebih sering membagikan kuliner pedas. Jika Anda butuh referensi makanan-makanan pedas, coba kunjungi profil mereka.

#14 Gerry Girianza (@gerrygirianza)

Gerry Girianza adalah seorang chef, jadi tidak perlu heran mengapa ia menggeluti dunia kuliner. Dengan hobi fotografi yang sangat tinggi, ia pun memutuskan untuk membuat konten video di YouTube. Hasilnya, ia sudah berhasil mendapatkan hampir 700 ribu pelanggan hingga saat ini.

#15 Jiewa Vieri (@inijie)

Lagi-lagi berawal dari hobi, Jiewa Vieri mengawali karier sebagai fotografer makanan karena hobi dan kini ia berprofesi sebagai seorang Food Curator. Food Blogger asal Surabaya ini pun sudah sering wara-wiri di berbagai acara yang berkaitan dengan kuliner.

#16 dr. Verdi D (@filipsuverdi)

Indonesia memang dipenuhi influencer yang beragam dan dari latar belakang yang tidak terduga. Siapa yang menyangka kalau Verdi adalah seorang dokter yang menggilai makanan? Karena faktor kesibukan, dr. Verdi dibantu oleh adik kandungnya untuk membagikan konten-konten kuliner ke lebih dari 50 ribu pengikutnya di Instagram.

Tidak hanya di Instagram, ia juga merambah dunia blog dan menjuluki dirinya sebagai The Hungry Doctor.

#17 Dyo (@dyodoran)

Salah satu Food Influencer asal Yogyakarta yang namanya sudah sangat populer. Di Instagram, ia konsisten membagikan konten kuliner kepada lebih dari 500 ribu orang pengikutnya. Dyo fokus membagikan kuliner unik dan baru untuk para pengikutnya yang sebagian besar memang didominasi oleh remaja.

#18 Prawnche (@foodventurer_)

Prawnche adalah Food Blogger yang namanya sudah dikenal bahkan sampai ke luar negeri. Namanya beberapa kali muncul di media luar seperti NPR di Cina dan The RiotACT di Australia.

Sejak awal kemunculannya, Prawnche memang sudah memilih ceruk kuliner sebagai wadah eksplorasinya di media sosial dan masih terus ia tekuni hingga kini.

#19 Henji Wong (@henjiwong)

Henji Wong adalah salah satu Food Influencer yang memiliki basis penggemar cukup besar di media sosial. Pria berwajah tampan ini memperoleh banyak sekali pengikut aktif yang hampir selalu berinteraksi soal ketampanannya pada setiap postingan yang menampakkan wajah orientalnya.

#20 Daisy Caroline & Yu Kato (@foodescape_id)

Pasangan ini adalah dua orang yang saling melengkapi dalam mencapai tujuan mereka di dunia kuliner. Daisy adalah seroang dokter yang sangat menggilai makanan, sedangkan Yu Kato adalah fotografer makanan yang senang jalan-jalan.

Keduanya akhirnya memutuskan untuk membuat blog bernama The Food Escape yang mereka isi dengan cerita perjalanan dan makanan yang sudah mereka mulai sejak tahun 2010 silam. Kemampuan keduanya adalah sebuah perpaduan yang bisa dibilang sempurna untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi. Keduanya masuk ke dalam daftar Food Influencer paling berpengaruh di Indonesia.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons