Panduan Lengkap Video Marketing yang Dipersonalisasi

Dalam beberapa tahun terakhir, video marketing yang dipersonalisasi semakin melonjak dan berkembang dengan cukup pesat.

Setiap pemasar dan pengiklan pasti mengerti betapa pentingnya video yang dipersonalisasi dalam marketing untuk tujuan meningkatkan keterlibatan dan konversi. Menjangkau calon audiens dengan pesan yang dipersonalisasi dalam bentuk video berpotensi menciptakan keajaiban bagi bisnis.

Jika Anda menanyakan pemasar yang Anda kenal soal jenis video apa yang seharusnya ada dalam strategi marketing, maka jawabannya akan sangat jelas: Video marketing yang dipersonalisasi—dan dalam artikel ini kami akan membeberkan panduan lengkap mengenai video marketing yang dipersonalisasi yang dapat dicoba agar video marketing yang dipersonalisasi Anda berhasil.

Bagaimana cara kerja video yang dipersonalisasi?

Ekspektasi pelanggan adalah alasan utama kenapa pemasar harus memasukkan video yang dipersonalisasi ke dalam aktivitas marketing media sosial mereka. Berikut ini adalah beberapa keuntunggan memasukkan video yang dipersonalisasi ke dalam bisnis:

  • Meningkatkan brand awareness dan memperkuat hubungan antara bisnis dengan pelanggan atau pengguna.
  • Video yang dipersonalisasi memperkuat afinitas brand dan loyalitas pelanggan pada brand.
  • Meningkatkan keterlibatan dengan konten sosial yang penuh makna dan dipersonalisasi.
  • Secara organik akan memberikan umpan balik jika melakukan pendekatan dengan pesan yang dipersonalisasi.
  • Menghasilkan lebih banyak prospek bisnis dan rasio konversi.
  • Menciptakan pengalaman individual yang relevan dengan pelanggan.
  • Meningkatkan pemeliharaan prospek dengan kampanye email yang memberikan dampak.
  • Meningkatkan ROI karena lebih banyak pelanggan yang kembali lagi.

Video yang dipersonalisasi untuk marketing

Marketing yang dipersonalisasi adalah sebuah strategi untuk menciptakan komunikasi yang relevan dengan audiens berdasarkan data pelanggan. Strategi ini mirip dengan one to one marketing karena dibuat berdasarkan kebutuhan personal pelanggan.

Marketing yang dipersonalisasi dirancang untuk melayani individu dan menarik audiens dengan pesan yang lebih personal lewat personalisasi tadi. Karena banyaknya individu dengan keinginan dan kebutuhan yang beragam, maka prosesnya dibuat secara otomatis berdasarkan minat, perilaku, dan lainnya.

Bisnis lebih cenderung meningkatkan pemeliharaan prospek dan penjualan dengan menyelesaikan permintaan pelanggan. Marketing yang dipersonalisasi berkaitan dengan inisiatif penargetan dan komunikasi dengan calon pelanggan.

Sebagai contoh, Anda dapat mengirim ucapan selamat liburan kepada pelanggan dengan cara yang dipersonalisasi, bisa dengan bingkisan yang berisi serangkaian foto ketika pelanggan atau klien terakhir kali berbelanja di toko Anda (jika ada).

Namun, dalam konteks video, perlu diingat bahwa butuh waktu untuk membuat video yang dipersonalisasi untuk pelanggan. Jadi, sebaiknya rencanakan secara matang sebelum benar-benar melakukannya mengingat perusahaan tentu punya pelanggan yang cukup banyak—perlu riset lebih dalam.

Bagaimana mana membuat strategi video yang dipersonalisasi?

Sampai di sini, kami menganggap Anda sudah tahu betapa pentingnya memasukkan video ke dalam strategi marketing. Namun, video saja tidak akan cukup. Anda harus membuat video yang yang dipersonalisasi dan berdampak untuk memaksimalkan hasil. Konten yang dipersonalisasi kini telah menjadi bagian sentral dalam strategi marketing keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam membangun video marketing yang dipersonalisasi.

Bangun perpustakaan untuk konten visual

Umumnya, brand membuat perpustakaan penuh gambar dan konten blog untuk situs web perusahaan—yang tidak mencakup perjalanan pelanggan. Pastikan untuk memasukkan konten yang dibuat pengguna (UGC) dengan mendekati audiens yang ditarget dengan pesan yang dipersonalisasi.

Pahami perilaku pengunjung

Brand wajib memahami pengunjung secara individual dengan cara menganalisis perilaku audiens secara real-time. Pisahkan pengunjung berdasarkan ketertarikan dan demografi. Selanjutnya, lakukan pendekatan dengan teknologi seperti AI atau Machine Learning.

Suguhkan konten yang tepat pada waktu yang tepat

Setelah poin sebelumnya sudah terpenuhi dengan jelas, suguhkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan data tersebut dalam bentuk video, gambar, atau pesan pada waktu yang tepat. Gunakan alat khusus untuk melihat kapan waktu yang tepat untuk menyuguhkan konten kepada audiens pada waktu yang benar-benar tepat agar hasilnya maksimal.

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

Monitor dan analisis performa

Memonitor dan menganalisis metrik secara real-time akan membantu Anda selangkah di depan kompetitor—dan hal itu akan membutuhkan pemenuhan ekspektasi yang meningkat dari pengunjung.

Di mana video yang dipersonalisasi sebaiknya digunakan?

Ada banyak cara dan tempat menggunakan video yang dipersonalisasi ke dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat diikuti dalam mendistribusikan video (atau apa pun) yang dipersonalisasi untuk mendekati pelanggan.

  • Undangan acara
  • Konten promosi
  • Ucapan terima kasih
  • Ucapan Hari Raya
  • Pesan selamat datang
  • Video perkenalan
  • Ucapan ulang tahun
  • Layanan pelanggan
  • Demo produk dan tutorial.

Personalisasi adalah masa depan keterlibatan

Video kampanye yang dipersonalisasi nampaknya adalah sesuatu yang mustahil. Lebih dari 80% konsumen suka melihat demo produk sebelum membeli. Video yang digunakan dan disesuaikan pada beberapa industri cukup berhasil untuk meningkatkan potensi prospek dan meningkatkan konversi. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjawab mengapa personalisasi adalah adalah masa depan keterlibatan:

  • Video yang dipersonalisasi digunakan juga di instansi pemerintah untuk menciptakan kesan dan semangat bagi orang-orang.
  • Pesan yang dipersonalisasi fokus menyoroti masukan dari tiap-tiap individu dengan mengambil pendekatan baru untuk industri apa pun.
  • Industri retail menggunakan video yang dipersonalisasi sebab pelanggan mengalihkan fokusnya pada riset sebelum memutuskan melakukan pembelian.
  • Video yang dipersonalisasi mencakup kekhawatiran pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan untuk membangun kepercayaan—selangkah menuju loyalitas pelanggan.
  • Memperkenalkan strategi video kreatif dalam bisnis dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan.
  • Mendorong pelanggan dalam keterlibatan dalam proyek video yang dipersonalisasi dapat membantu membangun hubungan yang erat antara brand dengan pelanggan.

Kesimpulan

Semakin banyak pemasar yang menemukan bahwa menggunakan video marketing yang dipersonalisasi mampu memberikan hasil yang di luar dugaan. Video yang dipersonalisasi dapat menggaet pelanggan baru, mencapai brand awareness yang lebih luas, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan loyal.

Semakin banyaknya ketersediaan alat yang mendukung terciptanya pendekatan ini akan semakin membuka pula kemungkinan terciptanya pengalaman yang lebih baru dan segar dari sisi pelanggan. Identifikasi dan jawab pertanyaan pelanggan dengan merangkul marketing yang dipersonalisasi yang menghasilkan nilai nyata untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions