Interview Influencer: Noorma Fitriana M. Zain

Film        : Film India dan semua film Rhoma Irama

Sepatu   : Fladeo dan Nevada

Warna   : Hitam

Editor    : PicsArt, Snapseed

Noorma Fitriana M. Zain

Noorma adalah bloger dan juga influencer di kategori lifestyle yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Ia dapat ditemui di blog, Instagram, dan juga Twitter.

Kapan pertama kali Noorma memutuskan untuk menjadi influencer?

Pertama kali Noorma memutuskan untuk menjadi influencer adalah pada tahun 2012. Ketika itu, ia ditawari oleh salah satu provider telekomunikasi di Indonesia untuk menulis tips sederhana, yang menandai awal ia menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan pertamanya dari media sosial.

Setelah menyadari bahwa internet—terutama media sosial—ternyata bisa menghasilkan uang, Noorma pun semakin bersemangat untuk memaksimalkan blog dan media sosialnya.

Tantangan terberat yang dihadapi Noorma sebagai influencer

Salah satu tantangan terberat yang dihadapi Noorma adalah ketika brand menginginkan ulasan tentang pengalaman langsung menggunakan sebuah produk sementara ia sulit untuk mendapatkan produk yang dimaksud. “Belum lagi kalau terkendala teknis dan sarana. Itu sih yang kadang bikin galau berat,” terangnya.

Bagian paling menyenangkan dari menjadi influencer

Noorma merasakan banyak manfaat dari menjalani profesinya sebagai seorang influencer. Bisa bergaul dengan orang yang memiliki hobi dan profesi yang sama adalah salah satunya.

“Bisa kenal dengan banyak teman secara online dan ketemu pas ada event offline. Banyak teman, banyak ilmu, dan fee yang dapat membantu perekonomian keluarga,” ujar Noorma.

Mengapa Noorma memilih menjadi lifestyle influencer?

Noorma memilih kategori lifestyle karena ia menyadari bahwa ada potensi di dalam dirinya yang selalu suka belajar tentang banyak hal baru. Ia mengaku punya blog yang ia isi khusus tentang kuliner dan juga khusus tentang parenting. Namun, yang paling sering diperbarui adalah blog dengan tema lifestyle.

Kesibukan Noorma di luar menjadi influencer

Noorma adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Pekalongan.

Apakah Noorma punya komunitas?

Ya. Pada awalnya, Noorma adalah seorang anggota aktif Komunitas Blogger Semarang. Sampai akhirnya ia kembali ke Pekalongan dan sempat vakum menulis dalam waktu yang cukup lama. Dari sana, bersama empat orang teman lainnya, ia mendirikan Komunitas Blogger Pekalongan pada 30 Oktober 2016 lalu.

Target apa yang ingin dicapai Noorma (sebagai influencer) pada tahun 2019?

Noorma ingin fokus mengembangkan komunitas yang dibangunnya pada tahun 2019 ini, membuatnya dikenal lebih luas di masyarakat. “Alhamdulillah, ada yang sudah dicapai akhir tahun lalu yaitu bersinergi dengan beberapa pihak di Pekalongan,” terang Noorma.

Saat ini Komunitas Blogger Pekalongan sudah bekerja sama dengan Diskominfo dan Dinas Pariwisata Kota Pekalongan. Noorma berharap, tahun ini mereka bisa bersinergi dengan lebih banyak lagi pihak di kabupaten Pekalongan, dan jika bisa dengan kabupaten yang ada di luar Pekalongan juga.

Tiga influencer yang paling menginspirasi Noorma Fitriana

Grace Melia. Ia menyukai konten tentang parenting yang disajikan oleh Grace tentang bagaimana merawat dan mendidik anak.

Pungky Prayitno, adalah salah satu narablog dengan tulisan yang sangat inspiratif dengan banyak pelajaran yang dapat diambil di setiap tulisan-tulisannya.

Agus Magelangan, adalah salah seorang influencer yang konsisten menggunakan bahasa Jawa dalam setiap kontennya. Ia menggunakan bahasa Jawa dalam setiap humor di postingannya di Twitter dan Instagram.

Give your Opinions

Simple Share Buttons