Cara Lengkap Beriklan di TikTok

Apakah bisnis Anda menggunakan TikTok? Apakah Anda penasaran bagaimana cara lengkap dan efektif untuk beriklan di TikTok?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang bagaimana membuat akun iklan dan iklan untuk mempromosikan produk atau brand Anda.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok membuka peluang baru yang megah bagi para pengiklan. TikTok tidak hanya unggul dari Snapchat atau Twitter dalam hal popularitas, tetapi juga memiliki tayangan iklan yang lebih baik dibandingkan platform lama itu. Aplikasi yang digunakan pengguna untuk berbagi video pendek berdurasi 15-60 detik ini benar-benar mengguncang dunia pemasaran dengan viralitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada awal 2019, TikTok akhirnya meluncurkan layanan iklan versi beta, dan dengan segera membuat brand-brand ternama seperti Grubhub, Fenty Beauty, dan Nike mengambil tempat untuk menggunakan TikTok dalam mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual. Dengan fitur penargetan iklan yang lebih canggih daripada platform lainnya, membuat iklan di TikTok menjadi semakin menyenangkan. Jika digunakan secara efektif, Anda akan dapat menemukan dan memasuki arena baru dengan kelompok pengguna yang menguntungkan.

Namun, tidak semua jenis bisnis cocok untuk melakukan promosi melalui TikTok. Sebelum terjun ke dalam iklan TikTok, setidaknya ada dua hal yang perlu Anda jawab sebagai brand atau pengiklan.

Siapa target bisnis Anda secara demografis?

Jika audiens Anda adalah para usia, maka Anda sudah selangkah ke tempat yang tepat untuk berikaln di TikTok. 66% pengguna di TikTok dihuni oleh remaja berusia 16-24 tahun. Jadi jika audiens Anda adalah para orang tua, Anda bisa melewatkan kesempatan ini tanpa rasa bersalah.

Namun, ada hal menarik lainnya. Meski TikTok lebih populer di kalangan muda, setiap tren yang ada di sana juga secara terstruktur menghampiri kaum yang lebih tua sehingga pada akhirnya semua akan mendapatkan jatahnya. Hanya saja, waktunya cenderung lebih lama dibanding ketika Anda menargetkan audiens berusia muda pada awal menjalankan kampanye iklan.

Apakah Anda memiliki anggaran yang cukup untuk beriklan di TikTok?

Sementara brand besar seperti Grubhub, Fenty Beauty, dan Nike langsung beriklan tanpa ba-bi-bu, mungkin bisnis yang lebih kecil akan sedikit terkendala di anggaran dana untuk beriklan.

Karena iklan di platform ini masih terhitung baru dan jarang, harganya relatif tinggi. Untuk satu iklan premium rata-rata dihargai USD10 per CPM dan dapat mencapai hingga USD300.000 untuk kampanye yang lebih besar. Selain itu, Anda diharuskan menyimpan investasi minimal sebesar USD500 untuk dapat memulai kampanye sehingga mungkin saja tidak cocok untuk bisnis baru atau yang skalanya kecil.

Namun, jika Anda telah memikirkan matang-matang dan memutuskan bahwa ini adalah langkah yang tepat, begini cara memulai iklan di TikTok.

#1 Buat akun iklan di TikTok

Untuk membuat kampanye pertama Anda, kunjungi halaman iklan TikTok dan pilih Create an Ad.

Karena masih dalam versi beta, jadi semua proses pembuatan iklan TikTok masih sepenuhnya daring. Setelah Anda mengeklik tombol dan mengisi formulir untuk membuat akun, Anda akan dihubungi oleh tim TikTok untuk mengonfirmasi dan mengakses akun TikTok Ads Anda.

Biasanya akan butuh waktu maksimal 48 jam untuk mendapatkan konfirmasi. Sedikit lama, tetapi setelah itu akan semudah membuat iklan di platform lain yang pernah Anda coba—bahkan dengan tampilan yang lebih baik.

#2 Buat iklan kampanye TikTok

Pada Dasbor, klik Campaign dan klik lagi tombol Create untuk mulai membuat iklan.

Berikutnya, pilih tujuan Anda membuat iklan—yang menjadi tujuan utama dari iklan Anda. Pada bagian ini, ada 3 opsi yang diberikan: Trafik, Konversi, atau Pemasangan Aplikasi.

Untuk mengatur anggaran dana yang ingin Anda keluarkan, Anda dapat mengisi Daily Budget atau Total Budget. Perlu diingat, keduanya minimal harus diisi dengan anggaran senilai USD500 untuk dapat memulai iklan.

#3 Atur penempatan iklan, detail, dan terget

Salah satu fitur yang menyenangkan di TikTok Ads adalah bahwa Anda tidak hanya dapat menjalankan iklan di satu platform, tetapi juga platform lain yang bermitra dengan TikTok. Sebut saja Vigo Video (hanya tersedia di India), BuzzVideo, News Republic, dan lainnya.

Atau jika Anda adalah seorang pengiklan yang malas atau tidak punya waktu, Anda bisa membuatnya otomatis dan TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya iklan Anda dimunculkan dengan memastikan mana platform terbaik untuk iklan Anda.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan semua detail yang dibutuhkan sebelum menjalankan iklan Anda. Masukan kata kunci yang paling relevan agar TikTok dapat membantu Anda menemukan audiens yang paling tepat untuk jenis iklan yang Anda buat.

#4 Kontrol pengeluaran iklan, durasi, dan tujuan

Sekarang Anda sudah siap untuk mengatur anggaran, jadwal, dan siapa sasaran untuk iklan Anda.

Atur biaya dan jadwalkan

Anda dapat membagi iklan Anda ke dalam grup (jika membuat lebih dari satu iklan) dan setiap iklan minimal harus memiliki anggaran masing-masing USD50 untuk anggaran harian. Pembaruan: di beberapa negara minimal anggaran iklan per grup bisa USD20.

Juga, jangan lupa memilih durasi untuk tampilan iklan Anda. Anda dapat mengatur harian atau mingguan untuk setiap iklan di bagian Dayparting.

Pilih opsi Pacing

Selanjutnya, atur anggaran untuk berapa kali iklan Anda akan muncul di akun pengguna yang sama secara bolak-balik dan terus-menerus. Opsi Standar akan membagi anggaran Anda sama rata dengan iklan lainnya, sementara opsi Akselerasi akan memunculkan iklan Anda secara rutin—tetapi menguras anggaran lebih cepat.

Atur tujuan optimasi

Bagian ini akan menunjukkan metrik apa yang ingin Anda capai dengan kampanye Anda. Anda dapat memilih untuk mengoptimalkan tujuan kampanye grup iklan Anda ke berbagai pilihan seperti Konversi, Klik, atau Tayangan, dan TikTok akan memaksimalkannya sebagaimana yang telah Anda pilih.

Jika Anda memilih Konversi, iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan mengonversi iklan produk atau layanan Anda. Untuk melacaknya, Anda bisa mengeklik Library untuk melihat sejauh mana tayangan iklan Anda telah dilihat dan dikonversi oleh orang-orang di luar sana.

Nyalakan atau matikan Smart Optimization

TikTok menawarkan sebuah fitur bernama Smart Optimization untuk memaksimalkan iklan Anda. Jika Anda memilih Klik atau Tayangan untuk tujuan iklan Anda, maka disarankan untuk mematikan saja fitur ini. Fitur ini bekerja untuk memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

#5 Desain iklan Anda menggunakan aplikasi bawaan TikTok

Yang menarik dari TikTok adalah mereka memiliki Video Creation Kit yang memiliki fitur dan pustaka yang melimpah. Semua dapat Anda gunakan untuk membuat video iklan Anda di dalam aplikasi dengan cepat dan mudah. Terdapat pula pustaka musik yang bekerja sama dengan Apple Music sehingga tidak perlu ragu untuk pilihan musik terbaik.

#6 Optimasi iklan TikTok Anda

Berkat tampilan yang lengkap dan komprehensif yang disediakan oleh TikTok, membuat iklan menjadi lebih mudah dan efektif karena dapat diatur dan dikuasai. Namun karena baru, tidak ada panduan di dalam platform untuk mempelajari bagaimana Anda dapat memaksimalkannya. Karena itulah artikel ini dibuat untuk Anda.

Semoga panduan di atas dapat membantu Anda untuk selangkah demi selangkah menuju iklan yang sukses di platform dengan nilai valuasi terbesar di dunia untuk kategori perusahaan startup. Pelajari secara perlahan, dan Anda akan membangun lingkungan audiens baru yang loyal di TikTok.

 

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons