4 Cara Mudah Brand Berkolaborasi dengan Influencer

Berdasarkan sebuah penelitian, terungkap bahwa pengguna media sosial mengikuti setidaknya satu akun brand di media sosial mereka, begitu juga dengan akun influencer. Pada penelitian lainnya disebutkan bahwa lebih dari 50% pengguna Instagram memutuskan membeli sebuah produk setelah melihat influencer yang mereka ikuti menggunakan produk tersebut di Feed mereka di Instagram.

Dari secuil data itu saja, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa influencer marketing kini menjadi salah satu strategi marketing paling efektif dan efisien digunakan oleh brand, bisnis kecil, hingga untuk kebutuhan personal.

Efektivitas dan efisiensi influencer marketing—terutama Instagram—juga didukung oleh fakta bahwa Instagram kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan yang semakin membesarkan peluang keberhasilan menjalankan kampanye influencer marketing di platform yang sudah berdiri sejak tahun 2010 silam itu.

Jika Anda aktif di media sosial, Anda akan menemukan banyak sekali influencer dengan pengikut beragam yang rutin mempromosikan brand, layanan, dan produk dari berbagai industri di akun Instagram mereka. Namun, pernahkah Anda sebagai pemilik bisnis bertanya bagaimana cara untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan influencer? Seperti apa mekanismenya, dan bagaimana hasilnya?

Pada tulisan ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menjangkau influencer untuk diajak bekerja sama dalam kampanye influencer marketing untuk meningkatkan bisnis Anda.

#1 Menghubungi langsung lewat email atau DM

Biasanya influencer yang sudah memiliki basis pengikut yang besar akan menyertakan informasi kontak seperti nomor telepon atau email di bio akun media sosial mereka. Namun, tak sedikit juga influencer yang meminta dihubungi langsung melalui DM atau pesan langsung untuk mengajak kerja sama.

Cara seperti ini efektif, tetapi tidak efisien terutama jika akan membuat kampanye marketing yang membutuhkan banyak influencer karena akan memakan waktu yang cukup lama. Banyaknya jumlah pengikut influencer juga menandakan banyak DM yang masuk—tentu saja tidak semua pesan akan dibaca dan kemungkinan pesan Anda diabaikan akan sangat besar.

Kelebihan:

  • Bisa negosiasi langsung dengan influencer bersangkutan tanpa perantara;
  • Kolaborasi jadi lebih personal;
  • Proses brief jadi lebih singkat.

Kekurangan:

  • Kemungkinan pesan tidak dibaca jauh lebih besar;
  • Tidak efisien;

#2 Menghubungi lewat manajer

Untuk influencer yang juga merangkap artis biasanya akan cenderung menaruh informasi kontak berupa nomor atau email manajer alih-alih kontak pribadi. Cara ini akan banyak dipilih oleh influencer yang memiliki kesibukan luar biasa di luar menjadi sosok influencer di media sosial.

Menghubungi influencer melalui manajer memang lebih praktis dan akan langsung membahas sisi bisnis. Namun, biaya yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih besar dari seharusnya karena ada biaya manajer dan biaya lain-lain yang harus Anda keluarkan.

Kelebihan:

  • Lebih praktis, lebih cepat, lebih jelas;
  • Syarat dan ketentuan kerja sama bisa dijelaskan dengan lengkap.

Kekurangan:

  • Biaya lebih mahal;
  • Negosiasi akan sengit;

#3 Melalui pihak ketiga

Pihak ketiga yang dimaksud adalah agency atau perusahaan yang memang menyediakan kebutuhan besar dalam membuat kampanye influencer marketing.

Jika brand atau bisnis Anda membutuhkan promosi besar-besaran dengan dana yang juga besar, meminta bantuan agency adalah pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu mengerjakan pekerjaan seperti yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya di atas.

Umumnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyebutkan total anggaran dan kriteria influencer yang Anda butuhkan untuk kampanye. Selain itu, jika menggunakan layanan agency untuk menjalankan kampanye influencer marketing, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan lain seperti laporan hasil kampanye lengkap yang dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk kampanye selanjutnya pada masa yang akan datang.

Kelebihan:

  • Hemat waktu;
  • Laporan hasil kampanye lengkap;
  • Daftar influencer yang diajukan bisa dipilih langsung;
  • Lebih tepercaya karena agency paham kriteria influencer yang dibutuhkan klien;
  • Ide dan brief kampanye dari agency;
  • Kemungkinan sukses kampanye lebih besar.

Kekurangan:

  • Cenderung mahal karena layanannya lengkap;
  • Biaya potongan untuk agency (agency fee) lebih besar.

#4 Menggunakan platform marketplace untuk influencer

Menggunakan dan memanfaatkan platform marketplace untuk influencer seperti StarNgage untuk berkolaborasi dengan influencer adalah salah satu pilihan efektif dan efisien untuk brand dan bisnis yang ingin menjalankan kampanye marketing.

Bagaimana caranya?

Pertama, Anda cukup mendaftar sebagai Pengiklan atau Advertiser, lalu isikan data seperti:

  • Nama
  • Nama Pengguna
  • Email
  • Kata sandi
  • Ketika ulang kata sandi
  • Nama brand/bisnis/perusahaan

Jika sudah berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke halaman Dashboard dan siap untuk menjalankan kampanye pertama Anda.

Selanjutnya, Anda bisa membuat campaign dengan beberapa langkah mudah dan menentukan apakah Anda ingin membuat campaign dengan memberikan produk gratis untuk diulas oleh influencer, atau mengundang influencer (mega, macro, micro) untuk mempromosikan campaign yang Anda jalankan (berbayar).

Isikan semua kolom dengan informasi yang diperlukan, dan influencer yang melihat dan tertarik dengan campaign Anda akan mengajukan proposal kepada Anda. Anda adalah pengambilan keputusan terakhir apakah akan menerima atau menolak proposal yang diajukan oleh influencer.

Buat campaign dengan sampel produk gratis
Buat campaign dengan mengundang influencer untuk promosi

Kelebihan platform marketplace influencer StarNgage:

  • Memiliki daftar hingga lebih dari 2 juta influencer
  • Potensi jangkauan hingga 2 juta jangkauan (reach)
  • Lebih dari 40 ribu influencer yang telah diverifikasi
  • Bisa menghubungi influencer yang diinginkan secara langsung lewat pesan pribadi
  • Harga lebih terjangkau.

Kekurangan:

  • Tidak ada (dibandingkan dengan poin lainnya di atas).

Selaint fitur di atas, StarNgage juga memungkinkan Anda untuk mencari dan menemukan influencer lewat platform Pencarian Influencer dari StarNgage.

Dengan menggunakan fitur premium, Anda dapat mengirimkan undangan dan pesan kepada influencer yang Anda inginkan untuk berpartisipasi dalam campaign yang telah Anda buat.

Di StarNgage, kami percaya bahwa konten visual yang dipromosikan di media sosial adalah masa depan periklanan. Hal itu sekarang sedang terjadi di Instagram dan kami ingin membantu brand untuk berpetualang dan memenangkan persaingan di Instagram. Platform kami memungkinkan brand untuk mengukur upaya pemasaran Instagram dan terlibat dengan influencer untuk membuat konten.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions