7 Cara Mempromosikan Halaman Facebook, GRATIS!

Dengan angka yang hampir mencapai 3 miliar pengguna, maka membuat Halaman Bisnis Anda di Facebook jadi terlihat dan mudah ditemukan akan menjadi sesuatu yang penting dan krusial.

Namun, besarnya angka pengguna Facebook di atas tidak serta merta membuat Halaman Bisnis Facebook Anda akan muncul dengan mudah di pencarian. Sebaliknya, persaingan akan semakin besar karena setiap brand dan bisnis juga ingin mendapatkan hasil yang sama.

Lalu, apa yang dapat dilakukan agar Halaman Bisnis Facebook bisa ditemukan oleh prospek atau calon pelanggan potensial bisnis Anda, juga untuk mengarahkan lebih banyak trafik ke Halaman Bisnis Facebook secara cuma-cuma alias gratis?

Cara paling umum dan banyak dilakukan pada awal membuat Halaman Bisnis Facebook adalah dengan meminta teman atau kolega untuk mengikuti Halaman Bisnis Facebook Anda. Namun, cara tersebut sudah termasuk jadul. Dalam artikel ini kami akan membeberkan 7 Cara Mempromosikan Halaman Facebook, GRATIS!

#1 Tambahkan tautan Halaman Facebook ke website

Ini adalah cara paling mudah dan umum dilakukan. Namun, tidak jarang seorang Website Developer lupa menaruh tautan Halaman Facebook pada website karena menganggap hal tersebut tidak terlalu memberi pengaruh—dalam hal ini membuat Halaman Facebook menjadi populer.

Namun, keadaan sudah berubah. Banyak orang yang ketika menengok sebuah website yang bagus juga akan mencari tahu seperti apa penampilan atau kehadiran mereka di media sosial. Tautan media sosial yang umum ada di website adalah Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn.

#2 Tambahkan Halaman Facebook ke Halaman Kontak

Ini adalah salah satu cara yang sangat direkomendasikan—menambahkan Halaman Facebook dan media sosial lainnya pada Halaman Kontak. Dengan begitu, orang-orang jadi punya pilihan dalam menghubungi Anda selain lewat email.

Beberapa orang lebih senang meminta bantuan melalui mention di Twitter, pesan di Facebook atau Instagram, alih-alih lewat email yang sering kali terlewatkan. Karena itu, berikan audiens pilihan bagaimana mereka ingin menjangkau Anda.

#3 Tambahkan tombol bagikan ke media sosial pada postingan blog

Tombol bagikan ke media sosial biasanya muncul pada bagian atas, atau pada bagian bawah tulisan. Jika pembaca menekan atau mengklik tombol tersebut, mereka bisa membagikan tulisan ke media sosial yang mereka pilih—termasuk Facebook.

Di mana pun tombol tersebut akan berada, pastikan ada tombol yang dapat digunakan untuk membagikan tulisan ke media sosial populer untuk memastikan orang-orang bisa membagikannya dengan mudah.

Selain itu, pastikan pengaturan di website sudah teratur dengan baik seperti meta description atau pratinjau. Hal itu berguna untuk membuat tampilan postingan dari website Anda terlihat jelas dan rapi ketika dibagikan ke platform lain.

#4 Sematkan postingan dari Halaman Facebook ke dalam postingan blog

Anda bisa memberikan informasi bermanfaat yang relevan dengan bisnis Anda di Halaman Facebook, lalu menulis ulang dengan lebih panjang di blog dan menautkan postingan dari Halaman Facebook tadi untuk dielaborasi dalam postingan blog.

Jika seseorang menganggap hal itu berguna, mereka akan penasaran dan mencari informasi lain di sana. Dengan kata lain, besar kemungkinan mereka akan mengikuti Anda di Facebook dengan asumsi media sosial lebih sering dibuka daripada website perusahaan.

Cara termudah menyematkan postingan dari Halaman Facebook ke postingan blog adalah dengan mengklik tanda “…” pada sisi pojok postingan dan pilihan “Kode semat” atau “Embed code”.

#5 Buat postingan di Google My Business

Google My Business adalah fitur lain dari Google yang menjadi sangat populer. Namun, fitur ini sering dianggap sebelah mata karena dianggap berbeda dengan media sosial. Padahal, orang yang bukan pengguna media sosial pun berpeluang besar menemukan banyak informasi bisnis lewat Google My Business.

Jika Anda cukup sering membuat postingan di Facebook, mengapa tidak sekalian membuatnya di Google My Business juga? Dengan begitu, orang yang mengetik nama bisnis Anda di mesin pencari Google juga akan menemukan informasi terbaru dalam bentuk postingan di sana.

#6 Taruh Halaman Facebook dalam tanda tangan di email

Email adalah salah satu alat yang powerful untuk mempromosikan banyak hal, termasuk Halaman Bisnis Facebook Anda. Dengan email, orang tidak terdistraksi seperti halnya ketika mereka membuka dan menggulir media sosial, sehingga menaruh tautan ke Halaman Facebook di dalam tanda tangan email menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyadarkan orang-orang.

Atau, jika Anda mengirimkan newsletter kepada audiens yang sudah berlangganan, pastikan ada tautan dan logo yang ketika diklik akan mengalihkan audiens langsung ke Halaman Facebook Anda.

#7 Buat Pinterest Pin yang tertaut ke Halaman Facebook

Pinterest adalah salah satu platform media sosial yang mendapat atensi publik semakin besar sejak dunia memasuki masa pandemi. Jadi, mengapa tidak mencoba memanfaatkannya untuk mempromosikan Halaman Facebook Anda juga di sana?

Cukup dengan membuat grafik Pinterest dan dimensi yang tepat dan berikan tautan balik ke Halaman Bisnis Facebook Anda, dan voila! Sudah jadi.

Kesimpulan

Mempromosikan media sosial lintas platform sebetulanya bukan hal baru, dan bukan juga hal yang sulit. Mempromosikan Instagram di Twitter, mempromosikan Facebook di TikTok, dan seterusnya adalah hal yang lumrah dilakukan baik oleh brand baru maupun brand yang sudah lama, kecil maupun besar.

Namun, sebagian orang yang sudah senang di Instagram akan tetap di Instagram, dan yang senang di Twitter akan tetap di Twitter. Maka dari itu, penting untuk tetap mengatur strategi terbaik sebelum melakukan esksekusi.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions