50 Fakta dan Angka tentang YouTube

YouTube adalah fenomena internet di era modern.

Konon katanya, konsep orisinal platform media sosial terinspirasi dari gagasan atau ide situs kencan daring dengan judul “Tune In Hook Up” yang berarti kurang lebih “Selaraskan, Terhubung”. Namun, pada akhirnya YouTube diluncurkan sebagai situs berbagi video yang sederhana yang telah membantu menghidupkan kembali web dari saluran statis yang hanya satu arah ke ekosistem web interaktif (bersama dengan saluran media sosial seperti Facebook, MySpace, dan Twitter) yang memikat dan memaksa pengguna untuk terlibat secara global dengan pengguna internet lainnya menggunakan berbagai platform multimedia yang begitu kaya.

YouTube yang awalnya hanya berisi video-video hiburan yang menjadi viral, kini ditujukan lebih dari itu. Kategori “How to” di YouTube kini menjadi salah satu segmen yang paling pesat berkembangannya dan paling banyak dicari di platform berbagi video sosial ini.

Bahkan, berdasarkan pengakuan Salman Khan dari khanacademy.org, YouTube digunakan untuk mengajar matematika tingkat tinggi dan mata pelajaran akademis dan tersier lainnya. Ia mengungkapkan hal ini pada Ted Talk, mengenai bagaimana sekitar 2000 videonya di YouTube membantu para mahasiswa meraih gelar sarjana mereka.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang salah satu platform berbagi video yang sangat populer di dunia ini, berikut adalah 50 fakta menarik tentang YouTube:

#1 YouTube pertama kali dibuat oleh tiga orang yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang mana ketiganya adalah karyawan PayPal.

#2 Dana untuk membangun YouTube pada awalnya berasal dari pembelian dari eBay melalui PayPal.

#3 Ketiga pendiri YouTube pada awalnya tidak merencanakan YouTube menjadi seperti yang ada saat ini. Mereka bermaksud membuat platform kencan daring berbasis video dengan nama Tune In Hook Up. Namun, dalam perjalanannya mereka mengubah arah dan tujuan, lalu jadilah YouTube hingga saat ini.

#4 Pendirian YouTube berawal dari dua kejadian berbeda yang secara tidak sengaja menginspirasi pendirinya. Pertama datang dari Jawed Karim ketika ia tidak mampu menemukan video “wardrobe malfunction” dari Janet Jackson, dan kedua ketika Chad dan Chen tidak dapat mengirimkan rekaman video dari sebuah pesta makan malam yang disebabkan oleh keterbatasan lampiran pada email.

#5 Domain YouTube.com pertama kali didaftarkan pada Hari Valentine tahun 2005.

#6 Nama domain ini mengakibatkan kesalahpahaman besar antara pengunjung Universal Tube & Rollform Equipment. Domain perusahaan mereka, utube.com, dipenuhi dengan orang-orang yang salah mengeja saat dilakukan pencarian melalui suara di ponsel.

#7 Video pertama yang muncul di YouTube adalah video milik salah satu pendirinya, Jawed Karim, yang membahas tentang gajah dengan judul “Me at the Zoo” yang diambil di San Diego Zoo.

#8 Hingga saat ini, video pertama tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 6 juta kali dan meraih lebih dari 1 juta komentar.

#9 Google mengeluarkan dana sekitar USD 1,65 miliar untuk mengakuisis YouTube pada November 2006. Angka ini dianggap cukup sepadan dan tidak sia-sia mengingat YouTube masih belum terkalahkan sebagai sebuah platform video.

#10 Menurut Nielsen, YouTube melayani enam kali lebih banyak video dibanding kompetitornya.

#11 Teknologi pengenalan suara Google yang disematkan ke YouTube mampu mengenali dan menerjemahkan 51 bahasa termasuk teks.

#12 Video terpanjang yang pernah tayang di YouTube berdurasi sepanjang 48 jam (dua hari!)

#13 Video dengan kategori “How to” di YouTube menjadi video paling laris ditonton sejak platform ini dibuat. Kategori ini tumbuh secara vertikal di banyak jenis video.

#14 YouTube memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif harian dan sekitar 1.9 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2018 lalu.

#15 Pengguna menonton sebanyak sekitar 92 miliar tampilan halaman setiap bulan.

#16 Rata-rata pengguna mengunjungi YouTube 15-20 kali setiap bulan.

#17 Pengguna menghabiskan waktu rata-rata 30 menit setiap kali membuka YouTube.

#18 Rata-rata pengguna menghabiskan waktu hingga 6 jam menonton video YouTube setiap bulannya.

#19 Bersama-sama, kita menghabiskan waktu sekitar 2,9 miliar jam menonton YouTube per bulan. Angka ini sama dengan 362.294 tahun!

#20 Lebih dari 13 juta jam video diunggah selama tahun 2010 dan 35 jam video diunggah setiap menitnya.

#21 Jumlah video yang diunggah pada 2010 setara dengan 150.000+ film dengan durasi penuh yang diputar di bioskop setiap minggu.

#22 Video yang diunggah ke YouTube dalam 60 hari jauh lebih banyak dibandingkan dengan pada tiga jaringan mayor di Amerika Serikat yang telah dibangun selama 60 tahun.

#23 Lebih dari 70% lalu lintas YouTube berasal dari luar Amerika Serikat.

#24 YouTube kini dilokalkan ke dalam 193 negara dan 76 bahasa.

#25 Demografi YouTube mencakup usia 13 hingga 65+ tahun.

#26 Pada 2010, YouTube mencapai angka 700 miliar dalam menit pemutaran.

#27 YouTube memiliki lebih dari 10.000 mitra beriklan tetap termasuk Disney, Turner, Univision, dan Channel 4 & 5.

#28 Ratusan dari mitra mereka menghasilkan enam angka dalam setahun.

#29 Terdapat lebih dari 7000 film dengan durasi penuh di YouTube.

#30 YouTube memonetisasi lebih dari 2 miliar tayangan video per pekan secara global.

#31 100 dari 100 pengiklan teratas di AdAge telah menjalankan kampanye di YouTube dan Google Display Network.

#32 Jumlah pengiklan yang menggunakan iklan bergambar di YouTube meningkat hingga 1000% dalam beberapa tahun.

#33 YouTube memiliki video berkualitas HD lebih banyak dari situs video mana pun.

#34 10% dari total video yang ada di YouTube sudah memiliki kualitas HD.

#35 ID Automasi Konten (yang mendeteksi konten duplikat untuk mencegah pelanggaran hak cipta) memindai lebih dari 100 tahun durasi video setiap hari.

#36 Lebih dari 1000 mitra YouTube telah menggunakan Konten ID untuk mencegah pelanggaran hak cipta. Mereka termasuk label rekaman, penyiar, dan studio film.

#37 Lebih dari sepertiga dari total konten yang dimonetisasi di YouTube berasal dari pengguna yang memiliki ID Konten.

#38 Lebih dari 4 juta pengguna terhubung dan berbagi otomatis ke setidaknya satu jejaring sosial untuk video YouTube yang mereka tonton, unggah, atau sukai.

#39 Setiap detik, ada 6 pembagian yang dilakukan secara otomatis lewat aplikasi Pembagian Otomatis.

#40 Lebih dari 5 juta orang telah menemukan dan berlangganan setidaknya satu teman di YouTube lewat fitur pencarian teman.

#41 Jutaan langganan terjadi setiap hari. Langganan memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna lain yang mereka sukai atau minati videonya di YouTube, bisa serupa teman, komunitas, atau klub.

#42 Pengguna seperti Raditya Dika, Ria Ricis, Atta Halilintar, memiliki jutaan pelanggan di saluran YouTube mereka.

#43 Lebih dari 50% video di YouTube dikomentari atau dinilai oleh komunitas.

#44 Jutaan video di YouTube difavoritkan setiap hari.

#45 YouTube mendapatkan lebih dari 100 juta tampilan setiap hari pada 2010. Angka ini meningkat hingga 1000% pada awal 2019.

#46 Pemutar YouTube disematkan di puluhan juta situs web yang tersebar di internet.

#47 YouTube menyebutkan ada lebih dari 400 cuitan per menit yang berisi tautan YouTube.

#48 Video yang paling banyak ditonton (yang bukan video musik) adalah video “Charlie Bit My Finger” yang sudah ditonton sebanyak lebih dari 866 juta kali.

#49 Video musik yang paling banyak ditonton saat ini adalah video milik Wiz Khalifa dan Charlie Puth yang hingga kini sudah ditonton sebanyak 4 miliar kali.

#50 Pada 2009, saluran Presiden Amerika Serikat beserta Kongres diluncurkan secara resmi.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons