5 Tren Influencer Marketing Instagram 2021 yang Wajib Diketahui

Tahun lalu, influencer marketing Instagram meledak dengan semakin dan semakin banyak brand yang beralih menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk mereka dengan cara baru dan menarik.

Influencer Instagram menawarkan banyak cara menarik dan unik untuk menjadi jembatan antara pelanggan potensial dengan brand dari berbagai industri, tak terkecuali fashion, kecantikan, makanan, kesehatan, gaya hidup, hingga fotografi.

Jika Anda adalah brand, bisnis, atau pemasar yang membaca ini dan menyadari bahwa Anda belum menggunakan influencer marketing di dalam strategi marketing Instagram Anda, maka sebaiknya Anda buru-buru mengambil keputusan. Semestinya, Anda sudah memulai strategi influencer marketing—paling tidak—pada tahun 2019, tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Tren yang akan kami jabarkan dalam tulisan kali ini adalah tren yang kemungkinan dapat membantu Anda memantapkan strategi sebelumnya yang sudah usang, atau menyempurnakan strategi marketing yang sudah ada.

#1 Semakin Banyak Influencer Fokus di IGTV

Jika berbicara tentang video marketing, besar kemungkinan Instagram tidak akan menjadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Namun, konten video secara umum terus-menerus memecahkan rekor beberapa waktu belakangan ini.

Video marketing Instagram kini menjadi salah satu alat paling powerful, entah itu video singkat berdurasi 30 detik maupun 15 detik video teaser, menjadi senjata paling “mematikan” bagi banyak influencer.

Setelah video untuk Feed dan Stories tersedia, Instagram menghadirkan IGTV dengan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi di atas satu menit hingga satu jam. Agendanya adalah untuk menyaingi platform berbasi video seperti YouTube, tetapi jelas pasar keduanya berbeda sehingga kemungkinan bagi influencer dan brand berkolaborasi untuk memanfaatkan keduanya sangat terbuka lebar.

#2 Bangkitnya Micro-Influencer

Bagi usaha rintisan dan brand baru, micro-influencer tidak hanya lebih mudah dijangkau dibandingkan influencer level selebritas, tetapi juga influencer level micro mampu menggambarkan semangat brand dengan lebih baik dalam setiap konten mereka.

Micro-influencer mungkin memiliki jumlah pengikut yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan influencer level selebritas. Namun, micro-influencer memberikan keuntungan lain dengan rasio keterlibatan (engagement rate) yang lebih tinggi.

Para micro-influencer lebih interaktif dan aktif merespons aktivitas pengikut di akun mereka—hal yang jarang dilakukan influencer pada level mega atau selebritas.

Brand besar maupun kecil memahami bahwa micro-influencer mampu menyampaikan pesan brand dengan rasa yang lebih pribadi dan membumi dibandingkan ketika hal tersebut dilakukan oleh influencer level selebritas. Maka, tidak heran jika semakin hari semakin banyak brand yang berkolaborasi dengan micro-influencer untuk memperkenalkan produk atau layanan baru—atau bahkan dalam menyoroti produk lama yang menghasilkan penjualan terbaik.

#3 Semakin Natural Semakin Baik

Beberapa pemasar Instagram menghabiskan uang untuk membayar fotografer profesional dan layanan produksi video. Sementara pengeluaran lain dihabiskan untuk hal seperti riasan, tata rambut, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pengambilan gambar dan video—bahkan secara spontan.

Namun, sebagaimana yang terlihat, banyak influencer dikenal karena tampilan yang natural. Tentu saja konten-konten yang menggunakan efek juga membantu, tetapi sejak 2018 orang-orang terlihat lebih menyukai konten yang sifatnya natural—semakin natural semakin menarik.

Bagi sebagian orang, semakin natural sebuah konten maka semakin persuasif.

Sementara bagi brand, semakin natural berarti sebuah keuntungan sebab mereka tidak perlu mengeluarkan lebih banyak anggaran dalam produksi konten—semua tanpa rasa khawatir.

#4 Momentum bagi Influencer Berbakat

Pada umumnya, alasan pertama orang-orang mengikuti influencer adalah karena kecantikan dan ketampanan. Namun, alasan itu perlahan makin bergeser ke arah yang lebih krusial. Kini, influencer Instagram dengan kemampuan spesial lebih diminati.

Salah satu contohnya adalah Kristo Immanuel. Ia memang seorang influencer yang memiliki ketampanan, tetapi kemampuannya menirukan suara dan gaya berbicara banyak artis dan figur publik adalah hal yang paling menjadi sorotan dari dirinya. Kini, ia adalah salah satu influencer yang sangat diperhitungkan di Indonesia.

Salah satu keuntungan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki bakat seperti ini adalah mereka dapat mempromosikan layanan atau produk dengan cara yang jauh lebih kreatif, di saat influencer lain hanya sekadar berbicara mengenai suatu produk. Hal ini juga akan semakin menguntungkan brand mengingat sekarang sebagian besar platform sosial sudah memiliki fitur Shop yang memudahkan pengguna untuk berbelanja tanpa meninggalkan media sosial.

#5 Semakin Banyak Brand Membangun Kolaborasi Jangka Panjang dengan Influencer

Jika Anda mengikuti influencer di Instagram sejak setidaknya 2018, mungkin Anda menyadari satu hal: Influencer yang sama memunculkan brand yang sama.

Dari sudut pandang influencer, menjadi loyal dan dipercaya oleh satu atau beberapa brand dengan kualitas yang baik jauh lebih masuk akal daripada mempromosikan banyak brand dalam jangka pendek. Lagi pula, jika dalam kerja sama jangka panjang itu semuanya berjalan baik, kenapa harus pindah ke brand yang lain, kan?

Beberapa kampanye marketing, terutama di Instagram, mungkin memberikan hasil dan manfaat jika menggunakan sebanyak mungkin influencer di dalamnya. Namun bagi beberapa brand, menemukan satu atau dua influencer dan menjadikan mereka representatif di media sosial adalah salah satu resep sederhana untuk mendulang loyalitas pelanggan—dan banyak hal menguntungkan lainnya.

Dengan membangun kolaborasi jangka panjang dengan influencer, artinya brand tidak perlu lagi repot-repot mencari influencer-influencer baru setiap kali akan melakukan perilisan produk atau layanan baru. Alih-alih, mereka tinggal menghubungi influencer yang menjadi duta mereka untuk melakukan promosi.

Cara tersebut lebih organik dan Anda bisa menghemat waktu dengan tidak perlu lagi mencari influencer lainnya. Selain itu, mencari influencer baru setiap kali mengadakan kampanye akan cukup merepotkan terutama ketika membahas tentang komitmen influencer dalam kampanye tersebut—ini juga dapat memengaruhi kesuksesan jangka panjang.

Menemukan influencer yang tepat untuk brand Anda di Instagram bisa jadi lebih mudah jika Anda bisa mengidentifikasi audiens tertarget yang ideal. Dengan menggunakan alat seperti pencarian influencer StarNgage, Anda dapat menemukan influencer yang tepat berdasarkan audiens Anda.

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

Kesimpulan

IGTV, micro-influencer, bakat influencer, konten yang natural, dan kerja sama jangka panjang adalah tren yang sudah dilihat jauh-jauh hari oleh sebagian pemasar. Dan, tahun 2021 adalah waktu yang tepat untuk mengimplementasikannya ke dalam strategi influencer marketing Anda.

Bagi sebagian orang, Instagram mungkin hanya sekadar platform media sosial. Namun, hal-hal yang kami sebutkan di atas pada akhirnya bermuara pada satu kesimpulan: keterlibatan (engagement). Ini adalah hal yang perlu diperhatikan agar tidak kehilangan jalur lainnya.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions