Strategi Influencer Marketing 2021 untuk Meningkatkan Bisnis

2020 adalah tahun yang menandai terjadinya perubahan besar di seluruh dunia. Perubahan ini dimulai dari cara orang bekerja, hidup, bahkan bermain—semua berubah akibat pandemi COVID-19.

Dengan semakin besarnya angka orang yang terpaksa melakukan sebagian besar aktivitasnya di rumah, penggunaan media sosial pun jadi semakin meningkat pesat.

Hal ini tentu saja membuat banyak brand dan bisnis mengalokasikan sebagian besar anggaran marketing mereka ke dalam influencer marketing di media sosial, terutama Instagram. Namun, hanya sekadar menghabiskan uang di media sosial tidak akan serta merta membangun kesadaran (brand awareness), keterlibatan (engagement), atau komunitas pelanggan yang loyal.

Atas dasar itulah kami menuliskan artikel tentang strategi influencer marketing 2021 yang berisi tips mengimplementasikan strategi influencer marketing yang efektif—di Instagram.

#1 Tetapkan Tujuan dan KPI yang Jelas

Jauh sebelum memulai kampanye influencer marketing Anda di Instagram (atau di kanal lain mana pun yang Anda pilih), tanyakan terlebih dahulu kepada diri Anda: Apa alasan Anda melakukannya? Tujuan apa yang ingin Anda capai? Sebelum jawaban atas pertanyaan tersebut jelas, Anda tidak akan bisa menjalankan kampanye influencer marketing yang efektif.

Biasanya, bisnis secara khusus bekerja sama atau berkolaborasi dengan influencer untuk meluaskan jangkauan dan meningkatkan keterlibatan. Namun, brand dan bisnis lain juga tentu akan menetapkan tujuan yang sama untuk kampanye influencer marketing mereka, sehingga sangat penting untuk menetapkan tujuan dan KPI yang jelas dan spesifik sebelum mengimplementasikannya ke dalam strategi influencer marketing secara keseluruhan.

#2 Tentukan dan Temukan Audiens Tertarget

Sebenarnya, bagian ini adalah salah satu bagian penting dalam pemasaran, tetapi sering kali brand terlena dan terjebak dalam euphoria kolaborasi dengan influencer. Alhasil, mereka jadi mengabaikan identifikasi audiens tertarget dan tidak memberikan waktu lebih untuk menganalisisnya.

Ternyata, hal ini bisa menjadi kesalahan besar. Kenapa? Karena dengan bisa mengidentifikasi dan menetapkan audiens yang ditarget dengan jelas, maka itu berarti Anda juga bisa mengidentifikasi dan menemukan influencer yang paling relevan, cocok, dan sevisi dengan brand atau bisnis.

Dengan melakukan riset, Anda akan bisa mengetahui demografi pengikut influencer yang akan Anda ajak berkolaborasi dan membandingkannya dengan target audiens Anda sendiri. Dengan mengetahui target audiens secara akurat, dengan segera Anda juga akan bisa mengetahui kanal-kanal mana saja yang dapat memberikan hasil terbaik untuk kampanye Anda.

Namun, jika Anda merasa hal ini akan membuang lebih banyak waktu Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan platform StarNgage untuk membantu Anda menemukan influencer terbaik untuk diajak berkolaborasi.

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

#3 Identifikasi Influencer yang Benar-benar Tepat

Menemukan influencer yang tepat untuk diajak berkolaborasi (terutama untuk jangka panjang) adalah aspek paling penting yang akan turut menentukan sukses tidaknya sebuah strategi influencer marketing.

Tentu saja, hal yang diinginkan ketika berkolaborasi dengan influencer adalah memengaruhi pengikut influencer tersebut untuk mau menggunakan produk atau layanan sebuah brand. Maka dari itu, Anda perlu menemukan influencer yang mampu menyampaikan pesan dengan cara yang baik dan menyenangkan untuk memberikan impresi yang besar.

Idealnya, influencer yang Anda ajak berkolaborasi tidak hanya memiliki pengikut yang banyak, tetapi juga memahami ceruknya—sehingga mampu menjelaskan keahliannya kepada para pengikutnya. Anda juga harus memastikan bahwa influencer tersebut memiliki rasio keterlibatan (engagement rate) yang tinggi, pengikut asli, dan demografinya sesuai dengan audiens tertarget Anda.

Namun tentu saja, menemukan influencer dengan kriteria tersebut di atas bukanlah hal yang mudah. Maka, menggunakan layanan dari platform influencer marketing seperti StarNgage akan bisa membantu Anda menemukan daftar influencer di ceruk yang sama untuk Anda pilih.

#4 Padukan antara Macro dan Micro-Influencer

Influencer marketing belakangan lebih sering menjadi buah bibir akibat harga influencer level selebritas yang harganya selangit.

Selain itu, bekerja sama dengan influencer level selebritas juga menghadirkan dua masalah utama. Pertama, tentu saja harga yang bagi sebagian brand dianggap tidak masuk akal, dan kedua adalah rasio keterlibatan yang cenderung rendah (akibat angka pengikut yang semakin besar tetapi interaksi yang semakin sedikit).

Untungnya, kini ada cara untuk menyiasati hal tersebut: menggunakan macro-influencer. Macro-influencer memiliki jumlah pengikut yang juga cukup besar, tetapi memiliki rasio keterlibatan yang cenderung lebih tinggi daripada mega-influencer maupun selebritas.

Lebih jauh, ada micro-influencer yang memiliki cara pendekatan yang lebih natural dan nyata dengan para pengikutnya. Dari segi jumlah pengikut mungkin micro-influencer memiliki pengikut yang relatif kecil, tetapi tingkat interaksinya lebih baik dari yang lain. Pemasar yang cerdik cenderung memadukan antara macro (atau mega) influencer dengan micro-influencer untuk menjamin keberhasilan kampanye marketing.

Kesimpulan

Beberapa poin di atas memang adalah hal penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata jika berbicara tentang kampanye influencer marketing. Namun, ada satu hal lain yang tidak kalah pentingnya dan tidak boleh dilewatkan: Pesan brand yang ingin disampaikan dalam kampanye.

Influencer yang tepat, KPI yang jelas, dan target audiens yang jelas tentu tidak akan ada gunanya jika pesan brand yang ingin disampaikan tidak bisa disampaikan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Anda bekerja dengan baik dengan influencer untuk memastikan pesan dan segala hal yang telah disiapkan tidak terbuang sia-sia begitu saja. Para pengikut di Instagram mengharapkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi—bukan hanya nama besar brand dan influencer.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions