5 Tips Meningkatkan Video Marketing Media Sosial

Sudah bukan rahasia lagi bahwa media sosial sekarang bisa menjadi jembatan yang tepat untuk marketing yang sukses. Tidak lagi terbatas pada generasi muda, kini media sosial sudah digunakan oleh berbagai kalangan dan generasi, dari kaum remaja, dewasa, hingga orang tua. Dari kaum bawah, menengah, hingga mapan.

Setidaknya, untuk sebuah brand harus ada di platform media sosial yang populer seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya untuk dapat mengeksplorasi pasar di media sosial.

Lebih jauh, konten yang sedang menjadi tren di media sosial adalah konten berjenis video. Negara-negara seperti Singapura misalnya, di sana semakin banyak bisnis yang mencari perusahaan yang dapat memproduksi video atraktif dan berkualitas tinggi untuk diposting ke media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan sebagainya.

Dengan video marketing media sosial, Anda dapat mempromosikan produk, layanan, hingga brand ke audiens yang lebih luas, atau bahkan pada audiens yang lebih spesifik (dan relevan) jika Anda memiliki alat yang memadai untuk manargetkan audiens tersebut.

Sekarang, kami akan memberikan 5 tips berharga yang dapat Anda coba untuk meningkatkan video marketing media sosial agar mendapatkan lebih banyak jangkauan, pengikut, dan membangun kredibilitas brand Anda.

#1 Optimalkan Video

Format video untuk Instagram dan TikTok sangat berbeda. Jika Anda ingin mengunggah video yang Anda buat di semua platform media sosial di mana brand Anda berada, pastikan untuk membuat format video untuk masing-masing media sosial tersebut.

Facebook:
Dimensi yang direkomendasikan adalah 1280 x 720 untuk video Portrait dan Landscape.
lebar minimum yang direkomedasikan: 120 piksel.
Ukuran maksimal 4GB.
Format video yang direkomendasikan: .MOV dan .MP4.
Durasi maksimal 240 menit.

Instagram:
Resolusi minimal untuk video lanskap: 600 x 315
Resolusi minimal untuk video kotak: 600 x 600
Resolusi minimal untuk video vertikal: 600 x 750

Twitter:
Resolusi video yang direkomendasikan: 1200 x 1200
Ukuran video maksimal 1GB
Format video yang direkomendasikan: .MP4 untuk web dan .MOV untuk ponsel
Durasi 140 detik

YouTube:
Dimensi yang direkomendasikan: 426 x 240 (240p), 640 x 360 (360p), 854 x 480 (480p), 1280 x 720 (720p), 1920 x 1080 (1080p), 2560 x 1440 (1440p) and 3840 x 2160 (2160p)
Durasi maksimal 12 jam atau 128GB
Format video yang didukung: .MOV, .MPEG4, MP4, .AVI, .WMV, .MPEGPS, .FLV, 3GPP, and WebM.

LinkedIn:
Durasi video minimal 3 detik, maksimal 10 menit
Format video yang didukung: .ASF, .AVI, .FLV, .MOV, .MPEG-1, .MPEG-4, .MP4, .MKV, and .WebM.
Ukuran maksimal 5GB

Pinterest:
Dimensi video yang direkomendasikan: 600 x 600 untuk video kotak, 600 x 900 untuk video vertikal
Resolusi minimum 240p
Ukuran maksimal video: 2GB
Durasi maksimal 30 menit
Mendukung video format .MOV dan .MP4

Masalah resolusi terlihat sepele, tetapi sebenarnya memiliki peran yang sangat krusial. Bayangkan Anda memiliki video format lanskap tetapi Anda unggah ke TikTok yang notabene mendukung format vertikal, tentu saja hasil video tidak akan maksimal dan berpotensi ditinggalkan sebelum selesai ditonton.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui format dan aturan-aturan lain sebelum mengunggah video di tiap-tiap platform agar video yang Anda miliki dapat memberikan hasil terbaik di setiap kanal tempat Anda mendistribusikannya.

Selain mengoptimalkan video yang ada untuk berbagai platform, agar lebih maksimal Anda sebaiknya menyediakan subtitle pada tiap video. Mengapa? Berdasarkan hasil penelitian dari Lyfe Marketing, 85% video di media sosial terputar secara otomatis tanpa suara, sehingga adanya subtitle akan menjadi penentu video Anda ditonton hingga akhir atau digulir sebelum selesai.

#2 Jangan sepelekan kualitas video

Kualitas tinggi adalah syarat utama dan mutlak jika Anda akan menyajikan video ke khalayak ramai. Kualitas video adalah salah satu faktor kunci yang akan menentukan apakah seseorang menonton video Anda sampai habis, atau tidak.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Verizon ke seribu responden dewasa, sebanyak 85% responden mengaku ketika menonton video di internet, mereka mengharapkan kualitasnya setara dengan video yang mereka lihat di televisi.

Sementara itu, sebanyak 25% responden mengaku mereka berhenti menonton hingga 50% video secara terpaksa karena kualitasnya yang buruk—dalam sebulan terakhir. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa kualitas video yang baik dapat membuat penonton tinggal lebih lama.

#3 Menonjol dari yang lain

Biasanya, orang-orang hanya melihat postingan di lini masa dalam hitungan detik dan akan langsung menggulirnya ke postingan-postingan lain. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan mereka selain konten yang menarik, menonjol, dan beda dari yang lain yang lewat di lini masa.

Sekarang pertanyaannya: Bagaimana membuat konten yang menarik, menonjol, dan beda dari yang lain? Anda dapat mencoba membuat thumbnail, caption, judul, dan memainkan strategi warna untuk menampilkan sesuatu yang beda dan mencolok. Kuncinya di sini adalah kreativitas dan tren. Jika Anda bisa menggabungkan keduanya menjadi satu konten, Anda selangkah di depan para pesaing Anda.

#4 Buat singkat, padat, dan jelas

Video marketing tidak sama dengan video wawancara atau ngobrol di platform seperti YouTube. Karena itu, video marketing harus benar-benar padat, tidak bertele-tele, dan menyampaikan pesan brand dengan baik dan jelas.

Tiga hingga lima detik pertama video marketing juga akan menentukan penonton tetap menonton atau pergi begitu saja, jadi diperlukan kalimat pembuka yang bombastis untuk bagian ini.

Kami mengerti, mungkin brand Anda memiliki sejarah yang begitu panjang, atau produk dan layanan Anda memiliki seribu satu manfaat. Namun Anda juga tidak mungkin menyebutkannya satu per satu di dalam satu video. Temukan poin-poin penting yang dapat menjual produk dan brand Anda, dan buat sesederhana mungkin.

Jika memungkinkan, buatlah plot atau cerita yang menarik dan tambahkan pesan penting pada setiap akhir penjelasan agar menarik atensi audiens lebih dalam. Jika bisnis Anda bergerak di bidang pemograman yang rumit, tidak perlu menjelaskan kerumitannya dalam satu video marketing. Alih-alih, jelaskan kelebihan yang Anda tawarkan agar audiens mau menggunakan layanan tersebut—betapa mereka tidak perlu ikut-ikutan pusing dengan kode-kode rumit berkat layanan Anda.

#5 Tetap kreatif

Kreativitas memang sulit, tetapi hasilnya tidak pernah berbohong. Menjadi beda dan out of the box ketika membuat video untuk marketing media sosial akan membuat Anda melangkah jauh di depan kompetitor.

Melihat tren dan ikut di dalamnya tentu bisa mendatangkan jangkauan yang luas. Namun, coba pikirkan, bagaimana jika Anda menjadi yang menciptakan tren dan orang-orang yang mengikutinya? Alih-alih mengikuti tren, bukankah lebih baik jika mengambil sikap dan mulai mengeksplorasi sesuatu yang baru dan beda?

Memang akan sangat riskan, karena kemungkinannya hanya ada dua: Berhasil atau gagal total. Namun, menciptakan tren memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa Tetap Kreatif kami taruh pada poin paling akhir.

Pada akhirnya, semua tips di atas tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak mengambil langkah pertama dan mulai mengatur strategi video marketing media sosial Anda. Buatlah tim, rincikan, dan mulai!

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions