4 Tools Personalisasi untuk Meningkatkan Strategi Marketing

Personalisasi adalah elemen penting dari semua jenis pemasaran berbasis akun (Account-based Marketing) atau ABM. Sebab jika konten tidak dipersonalisasi, artinya itu bukanlah ABM yang sebenarnya.

Mengapa personalisasi begitu penting untuk ABM?

  • Meningkatkan pendapatan 5-15%
  • Meningkatkan efisiensi pengeluaran hingga 30%
  • 88% pemasar B2B mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi
  • 49% pemasar mengatakan bahwa konten yang dipersonalisasi merupakan saluran ABM yang paling efektif.

Personalisasi sama pentingnya bagi pengalaman pelanggan dan juga untuk akuisisi pelanggan—bekerja pada tiga level.

#1 Recognition (pengakuan) dan engagement (keterlibatan). Apakah Anda tahu siapa saya, apa yang penting bagi saya, dan apa yang telah saya lakukan?

#2 Menjaga perjalanan pembeli. Apakah Anda mengajari saya sesuatu yang baru? Apakah Anda membuatnya jadi lebih mudah—menyajikan konten yang relevan bagi saya berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang saya? Apakah Anda meyakinkan saya dengan studi kasus yang tepat dan mengarahkan saya ke area yang tepat berdasarkan siapa saya?

#3 Menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Apakah komunikasi saya terlihat berbeda dari pelanggan yang lain sehingga rasanya benar-benar relevan?

Dalam sebuah konferensi—B2B Marketing Conference, Kirsty Dawe menyoroti 4 tools yang telah digunakan oleh banyak brand dan agensi, dan mengungkapkan dampak dari alat-alat ini terhadap kampanye yang telah dijalankan.

Namun, sebelum mengungkapkannya, ia memberikan dua peringatan.

“Personalisasi dimulai dengan data, dan berbicara mengenai data membutuhkan waktu yang sangat panjang. Intinya, jika Anda tidak memiliki insight yang cukup tentang prospek yang Anda cari dalam kampanye ABM Anda, maka personalisasi tidak akan cukup efektif.”

Pada dasarnya, personalisasi memang harus lebih dalam dan lebih personal daripada sekadar memajang gambar untuk kampanye di jalan raya seperti kampanye konvensional atau nondigital.

“Saya akan mendorong Anda untuk bekerja secara tim dan menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan lebih banyak insight, baik pada level bisnis maupun pribadi. Jadi ketika memulai perjalanan Anda memiliki gagasan tentang apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan, tantangan, dan penggeraknya—bukannya melakukan investasi dalam teknologi terlebih dahulu.”

Catatan lain yang perlu digarisbawahi terlepas dari upaya personalisasi ini, adalah bahwa setengah dari semua prospek yang Anda targetkan akan melewati perjalanan yang telah dikurasi dengan hati-hati dan langsung menuju website Anda.

Berikut ini adalah 4 tools untuk personalisasi yang akan mengubah permainan dalam pemasaran berbasis akun atau ABM.

#1 Webeo

Webeo adalah alat personalisasi berbasis web yang dapat memberikan pengalaman yang dapat diatur dan dirancang secara khusus bagi para pelanggan ketika mengunjungi sebuah website.

Webeo akan memungkinkan Anda untuk meniru pengalaman kampanye yang dipersonalisasi di situs Anda. Tool ini berfungsi baik untuk ABM yang sifatnya one-to-many maupun ABM yang bersifat one-to-one.

Untuk menggunakan tool ini, ada biaya berlangganan bulanan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda akan mendapat pengembalian yang cukup cepat. Banyak bisnis B2B yang telah melihat peningkatan 20% dalam waktu yang singkat dan penyelesaian rasio konversi yang jauh lebih tinggi.

Kemudahan penggunaan: 8/10

#2 Crystal

Sebelumnya dikenal dengan nama Cyrstal Knows, tool ini menggunakan profiling DISC untuk membantu memberikan Anda pemahaman yang lebih dalam mengenai prospek Anda. Tool ini menganalisis perilaku sosial dan profil sosial, agar dapat memberikan masukan tentang bahasa, garis subjek, dan pendekatan yang sebaiknya dilakukan dalam merespons pelanggan.

Tool ini sangat cocok untuk kampanye yang sifatnya one-on-one. Selain itu, banyak karyawan menyukai bagaimana alat ini dalam memberikan insight.

Kemudahan penggunaan: 8/10

#3 Movable Ink

Lebih umum digunakan di dunia B2C, tool ini memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi semua elemen email HTML untuk setiap prospek. Artinya, setiap orang yang ada di dalam database punya kemungkinan untuk menerima email yang benar-benar bersifat individual secara penuh.

Really B2B cenderung menggunakan teks email biasa yang dipersonalisasi daripada HTML untuk ABM, tetapi dapat digunakan untuk mengubah citra, konten, dan tautan—dan disesuaikan berdasarkan fungsi pekerjaan dan tahap saluran.

Kemudahan penggunaan: 6/10

#4 Radiate B2B

Tool ini memungkinkan Anda untuk menggunakan iklan tampilan digital untuk menargetkan prospek ABM di tempat dan waktu yang tepat. Anda juga dapat menargetkan bisnis pada level fungsi—membaca prospek konten yang dikonsumsi dan mengidentifikasi fungsi yang paling mungkin membaca konten tertentu.

Untuk menggunakan tool ini secara penuh, ada minimal pengeluaran yang harus Anda keluarkan. Namun, versi gratis tool ini juga sudah cukup untuk percobaan.

Kemudahan penggunaan: 8/10


Ada masih banyak lagi tool sejenis yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempersonalisasi strategi marketing Anda, tetapi 4 tool ini dapat Anda coba terlebih dahulu sebagai permulaan. Sudah ada banyak brand dan agensi yang berhasil menjalankan kampanye yang dipersonalisasi melalui bantuan pihak ketiga dan hasilnya belum pernah mengecewakan.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons