10 Tips Marketing Instagram Paling Berguna

Sejak semakin banyaknya pengguna Instagram yang bertumbuh di seluruh penjuru dunia, semakin banyak pula bermunculan orang-orang yang memanfaatkan pasar ini untuk membangun dan menumbuhkan bisnis mereka.

Saat ini, pengguna di Instagram sudah mencapai angka 1 miliar pengguna aktif bulanan. Lebih dari 95 juta foto diunggah ke Instagram setiap hari, dan hampir dua miliar kali tombol “suka” ditekan oleh pengguna untuk diberikan kepada postingan yang mereka lihat.

Selain itu, muncul juga banyak influencer dengan pengikut yang cukup besar. Dan, dengan rencana serta pengetahuan yang benar, Anda bisa menjadikan bisnis Anda sebagai salah satu brand yang memiliki pengaruh di Instagram.

Namun, Instagram juga bisa menjadi tempat yang tidak tepat jika Anda tidak mengetahui cara kerjanya: Anda harus aktif membuat postingan secara berkala dan relevan dengan pengikut—sembari memberikan informasi berharga untuk mereka. Sayangnya, kita tidak pernah benar-benar tahu jenis konten apa yang diinginkan oleh pengikut.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami memberikan 10 tips marketing Instagram paling berguna yang bisa Anda ikuti untuk bisa tetap relevan dalam dunia marketing yang berputar dengan cepat—sekaligus memenangkan permainan dari kompetitor.

#1 Ganti profil personal ke profil bisnis

Jika Anda belum tahu, Instagram menyediakan dua jenis profil: personal dan bisnis. Akun personal adalah akun yang akan Anda dapatkan ketika pertama kali mendaftar atau membuat akun di Instagram. Setelah itu, Anda dapat mengganti akun menjadi akun bisnis hanya dengan beberapa langkah sederhana.

Dengan profil bisnis, Anda bisa menaruh kontak seperti alamat email dan nomor telepon bisnis pada tab khusus di profil Anda. Hal ini akan memudahkan orang yang mengunjungi profil untuk menghubungi Anda.

Keuntungan lain menggunakan profil bisnis di Instagram adalah: Anda bisa membuat postingan iklan langsung di Instagram—tanpa harus masuk ke Facebook Ads Manager. Selain itu, dengan profil bisnis Anda dapat mengamati dan menganalisis perilaku audiens Anda di Instagram karena terdapat tab statistik untuk melihat aktivitas audiens—membantu memahami audiens dengan lebih baik.

#2 Manfaatkan fitur-fitur gratis dari Instagram

Sama seperti profil bisnis di Facebook, profil bisnis di Instagram juga memiliki fitur yang kurang lebih sama—memungkinkan pengguna untuk melihat statistik seperti impresi, data keterlibatan (engagement), dan lain sebagainya.

Bahkan, dalam fitur statistik yang dapat diakses lewat profil bisnis, Anda bisa melihat informasi detail dari pengikut Anda seperti usia, gender, lokasi, dan waktu paling produktif di mana mereka paling aktif melihat konten Anda.

Hal menariknya, Instagram menyediakan fitur ini secara gratis. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda. Semakin banyak Anda tahu mengenai hal ini, maka Anda akan bisa menyesuaikannya untuk menyuguhkan konten yang paling diinginkan pengguna.

#3 Unggah teaser produk untuk mendorong pengguna untuk membeli

Bayangkan jika Anda bisa menjual lebih banyak produk hanya dengan mengunggah teaser produk di Instagram.

Tentu saja hal itu sangat mungkin untuk direalisasikan. Sebab, Instagram memang dirancang untuk menjadi tempat yang tepat untuk mengiklankan produk. Dan jika Anda bisa melakukannya dengan baik, pengikut Anda tidak akan merasa terganggu.

Jika cara Anda menjual produk di Instagram terlalu memaksa (hard selling), ada kemungkinan Anda akan kehilangan pengikut. Sebaliknya, jika Anda mengunggah teaser produk yang sederhana, tidak berlebihan, dan tidak memaksa, Anda tidak akan terlihat seperti sedang berjualan.

#4 Buat iklan bersponsor

Jika Anda adalah pengguna aktif di Instagram, Anda tentu akan sering melihat iklan bertebaran di beranda Anda. Lakukan juga cara itu untuk bisnis Anda.

Berikut ini adalah contoh iklan yang dapat Anda buat di profil bisnis Instagram Anda:

  • Foto
  • Video
  • Carousel/Iklan Dinamis
  • Stories
  • Kanvas Stories

Dari kelima pendekatan di atas, Stories dan Video adalah yang paling efektif untuk mendapatkan audiens yang lebih luas dan menjadi salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens. Namun, apa pun jenis konten yang akan Anda produksi, semua kembali lagi pada level kreativitas Anda dan tim.

#5 Gunakan Instagram Stories

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Instagram Stories dapat membantu memberikan prospek baru.

Instagram Stories adalah fitur yang benar-benar berbeda dengan Instagram Feed karena Stories memiliki format “slideshow”, hanya terbatas 24 jam sebelum menghilang sehingga menciptakan urgensi sehingga orang-orang lebih cenderung tertarik pada Stories dibanding Feed.

Instagram Stories juga memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dan menjadi lebih dekat dengan pengikut.

  • Tagar
  • Polling
  • GIF
  • Hitung Mundur
  • Pertanyaan
  • Rate
  • Kuis
  • Stiker
  • Dan lain sebagainya.

Instagram pun terus-menerus berinovasi untuk membuat fitur-fitur baru yang akan membuat pengguna semakin betah.

#6 Kolaborasi dengan influencer untuk menjangkau audiens lebih luas

Jika Anda ingin menjangkau pelanggan yang potensial di Instagram, salah satu cara tercepat untuk mencapainya adalah dengan berkolaborasi dengan influencer yang sudah punya basis pengikut yang besar.

Semakin hari semakin banyak orang yang keputusan pembeliannya bergantung pada influencer yang mereka ikuti di media sosial—karena mereka memercayainya.

Jika Anda bisa menemukan influencer yang tepat dengan industri Anda, Anda akan dapat membawa brand Anda terlihat dan memiliki reputasi yang baik di depan pengikut dari influencer yang Anda ajak bekerja sama.

 

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

#7 Kumpulkan foto-foto kiriman pengguna

Bayangkan jika Anda bisa menbuat konten yang menarik untuk halaman Instagram Anda tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga dan uang lebih. Menarik, ‘kan?

Jika produk, layanan, atau brand Anda sudah dikenal orang, Anda akan mendapatkan konten dari pengikut setia yang menggunakan layanan Anda. Mereka akan mengunggah hal terkait di profil pribadi mereka dan menandai Anda. Anda dapat memanfaatkan ini dengan mengunggah ulang (repost) postingan mereka ke profil Anda dan voila! Anda punya konten yang menarik tanpa harus memikirkan apa pun.

Tip: Pastikan Anda menyebut nama mereka jika Anda mengunggah ulang konten pengikut Anda—sebagai bentuk apresiasi.

#8 Gunakan tagar khusus (branded hashtag)

Tagar adalah salah satu fitur yang sangat luar biasa pada era media sosial, tak terkecuali Instagram. Dengan tagar yang spesifik, unik, dan mewakili brand Anda, Anda jadi bisa melacak ada berapa orang yang menggunakan tagar khusus dari Anda di dalam postingan Instagram mereka.

Cara ini juga akan menunjukkan seberapa populer brand Anda dibanding kompetitor. Pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan, baru (belum pernah digunakan sebelumnya), dan unik untuk membuat orang melihat (notice) hal tersebut.

 

Cari, Lacak, dan Analisis Tagar Instagram dalam Waktu Singkat

Pelacak tagar Instagram kami adalah yang Anda butuhkan untuk menganalisis performa tagar dan meningkatkan kampanye influencer marketing Anda.

 

#9 Posting pada waktu yang tepat

Anda mungkin sudah punya konten yang keren, terstruktur, bermanfaat, dan dibutuhkan oleh pengikut. Namun, semua itu tidak akan ada gunanya jika Anda mempostingnya ketika orang-orang sedang sibuk karena tidak akan ada yang melihatnya. Jadi, pastikan untuk memposting pada waktu yang tepat.

Namun, jangan juga berlebihan dalam membuat postingan. Mengapa? Karena jika setiap kali membuka Instagram yang terlihat adalah postingan Anda semua, kecenderungan untuk berhenti mengikut akan lebih besar.

Buatlah jadwal posting secara reguler dan catat Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram untuk memastikan postingan Anda mendapatkan jangkauan dan keterlibatan yang paling tinggi.

#10 Pastikan Anda mengukur metrik yang tepat

Anda tidak akan bisa memperbaiki performa Instagram Anda dan mengoptimalkannya jika tidak tahu apakah performanya sudah baik atau tidak.

Jika Anda memiliki cara (atau alat) untuk mengukur hasilnya, tentu akan lebih mudah untuk melihat postingan mana yang berhasil dan mana yang tidak. Untuk memulai, Anda bisa mengecek rasio pertumbuhan pengikut.

Instagram menyediakan Dasbor khusus yang menunjukkan peningkatan maupun penurunan pengikut dari waktu ke waktu. Jika Anda melihat grafiknya menanjak, berarti Anda berada di jalan yang benar—silakan lanjutkan. Jika trafiknya stagnan atau bahkan menurun, berarti ada yang salah dengan strategi Anda. Anda harus memutar otak dan mencari cara pendekatan yang baru.

Kesimpulan

Bagi banyak brand, Instagram adalah hal yang wajib. Di sana mereka membangun branding, memperkenalkan produk baru, mendekatkan diri dengan audiens, dan meningkatkan penjualan.

Jika Anda adalah brand baru di Instagram, inilah saat yang tepat untuk memulai. Jika Anda adalah brand yang sudah lama tetapi belum menemukan “pasar”, maka saatnya membuat strategi pemasaran baru untuk menjangkau lebih banyak.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions