10 Media Berita Digital Populer di Indonesia

Trafik informasi yang sangat deras di indonesia membuka peluang munculnya media-media penyedia informasi. Media-media ini berlomba-lomba memberikan informasi yang menarik—dan tentu saja dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Tidak dapat dipungkiri, lanskap industri media massa dan media online ini memang arusnya sangat deras. Berdasarkan data dari SPS (Serikat Perusahaan Pers) pada tahun 2013, provinsi dengan jumlah oplah media cetak terbesar diduduki oleh kota Jakarta dengan 14.982.945 eksemplar secara keseluruhan, disusul oleh Jawa Timur di posisi kedua dengan 1.651.000 eksemplar, dan Jawa Tengah di posisi ketiga dengan 811.550 eksemplar.

Lebih luas, data dan fakta ini semakin menguatkan bahwa sebaran media cetak di luar pulau Jawa (terutama yang mengarah ke Timur) semakin mengecil angkanya. Hal ini juga menunjukkan bahwa minat baca masyarakat masih sangat rendah.

Saat ini, mulai banyak media cetak yang gulung tikar. Ada yang benar-benar berhenti, dan ada yang beralih memanfaatkan arus pembaca dari media daring. Mulai meningkatnya minat baca di ranah daring ini juga membuat munculnya berbagai media baru yang membahas ceruk khusus, dan konten-konten yang terus disesuaikan dengan segmentasi pembaca.

Berikut ini adalah media-media umum di Indonesia yang banyak diakses pembaca untuk mencari informasi-informasi terbaru yang sedang ramai dibahas ataupun berita lainnya.

#1 Detik

Detik atau detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring. Detik menjadi salah satu portal raksasa dan populer yang diakses hingga jutaan orang tiap harinya.

Media dengan slogan Situs Warta Era Digital yang berada di bawah naungan PT Agranet Multicitra Siberkom ini sudah beroperasi sejak tahun 1998 dan sudah berkali-kali berganti tampilan. Detik memiliki banyak anak situs yang fokus membahas ceruk khusus seperti detikFood yang membahas makanan, detikOto untuk otomotif, detikHealth yang membahas masalah kesehatan, detikinet dengan teknologi-teknologi terbaru, dan beberapa lainnya yang pengunjungnya sama banyaknya.

#2 Liputan 6

Liputan 6 pada awalnya adalah sebuah program berita televisi yang disiarkan di salah satu stasiun televisi Indonesia, SCTV.

Liputan 6 sempat menayangkan acara dengan nama serupa pada pagi, siang, dan malam hari, juga program regional di enam kota besar di Indonesia. Setelahnya, situs daring Liputan 6 pun diluncurkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang mengarah ke kenvergensi media. Semua berita yang dimuat di Liputan 6 juga dapat diakses di situs daring baik berita dalam bentuk tulisan maupun video yang dapat ditonton langsung dan gratis.

#3 Kompas

Berbeda dengan Detik yang sudah berada di jalur daring sejak awal dan Liputan 6 yang berawal dari berita televisi, Kompas hadir pertama kali sebagai media surat kabar; Koran Kompas.

Kini Kompas memiliki banyak sekali kanal media termasuk media daring dan media televisi serta media surat kabar dan majalah digital yang sampai hari ini masih terus mendapatkan pembaca setia dari berbagai kalangan terutama orang-orang yang menyukai topik berat seperti politik dan ekonomi.

Kompas pertama kali didirikan oleh dua orang bernama Peter Kansius Ojong dan Jakob Oetama dengan tujuan menerbitkan surat kabar yang berimbang, kredibel, dan tentu saja independen. Saat ini Kompas memiliki lebih dari 20.000 orang karyawan yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

#4 Kapan Lagi Network

Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?

Slogan tersebut adalah slogan yang akhirnya digunakan oleh Kapan Lagi Network, sebuah situs daring yang didirikan pada tahun 2003.

Sebagian besar saham Kapan Lagi Network kini dikuasai oleh dua perusahaan besar yaitu Mediacorp Pte Ltd dan PT Kreatif Media Karya di mana keduanya menguasai saham di atas 50 persen dan membuat KLN semakin dikenal di mana-mana. Saat ini, portal daring yang didirikan oleh Steve Christian bersama Eka Wiharto ini memiliki berbagai unit usaha daring yang membahas ceruk khusus dan tidak kalah besarnya seperti Bolanet, Otosia, Fimela, Brilio, dan masih banyak lainnya.

#5 Tempo

Tempo dulunya adalah majalah Indonesia yang terbit mingguan yang cenderung membahas berita dan politik. Majalah naungan Tempo Media Grup ini adalah majalah pertama yang tidak memiliki afiliasi dengan pemerintah.

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin bergerak ke arah digital, Tempo kini bisa diakses lewat situs daring dan aplikasi untuk ponsel pintar, serta sudah memiliki majalah digital berbayar untuk pembaca yang ingin menikmati akses lewat perangkat ponsel pintar atau tablet.

Karena kecenderungannya membahas berita politik, Tempo kerap kali menghebohkan dunia pemberitaan dengan kepala berita yang cukup kontroversial dan menyulut emosi orang-orang yang berkepentingan. Namun kenyataannya, hingga hari ini para pembaca masih memercayai Tempo sebagai salah satu sumber berita yang kredibel dan informasinya dapat dipertanggungjawabkan.

#6 Metro TV News

Sama seperti Liputan 6 yang memulai eksistensi lewat media berita televisi, Metro TV News pun demikian. Lewat media Metro TV yang dikenal dengan televisi berita, Metro TV News langsung mendapat sambutan hangat ketika meluncurkan portal berita daring.

Berita-berita yang diangkat di situs Metro TV News lebih banyak berbentuk video untuk mempertahankan kredibilitas berita yang disertai bukti visual. Portal ini pun menjadi semakin ramai saat membuat program Jurnalisme Warga di mana warga biasa yang tertarik menjadi jurnalis juga dapat melaporkan berita di sekitarnya yang mungkin tidak diberitakan atau luput dari liputan wartawan. Video berita yang lolos kurasi akan ditampilkan di situs dan juga media televisi Metro TV dengan imbalan hadiah yang lumayan.

#7 Kaskus

Kaskus adalah media komunitas terbesar di Indonesia yang dibuat oleh mahasiswa bernama Andrew Darwis dalam rangka menyelesaikan tugas kuliah. Tidak disangka, Kaskus kini menjadi perusahaan besar penyedia informasi dan portal diskusi serta menjadi tempat bertemunya para komunitas di seluruh Indonesia.

Lebih dari 90 persen berita yang muncul di Kaskus dibuat oleh penggunanya sendiri dengan sukarela. Kini Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar dan terus bertambah setiap harinya.

Kini, seiring semakin besarnya Kaskus mereka pun menambah berbagai layanan untuk memudahkan dan membuat betah para pelanggannya. Layanan-layanan yang ada di Kaskus di antaranya adalah Kaspay, e-Pulsa, Kaskus Ads, Forum Jual Beli, Kaskus Radio, dan beberapa lainnya.

Untuk memudahkan pengguna berdasarkan minat, Kaskus membagi forum diskusi mereka berdasarkan kesukaan dan regional. Total ada ratusan forum dan regional aktif di sana hingga saat ini.

#8 Good News from Indonesia

Good News from Indonesia atau GNFI adalah salah satu portal yang didedikasikan untuk menyebarkan berita baik yang berasal dari Indonesia, mulai dari hal baik yang ada di Indonesia hingga hal baik yang orang Indonesia lakukan di luar Indonesia.

GNFI memang berkomitmen untuk terus menebarkan konten positif dan inspiratif yang datang dari Indonesia. Berita yang mereka terbitkan dihimpun dari berbagai sumber dan diolah menjadi berbagai konten bermanfaat. GNFI juga menerbitkan majalah bulanan dan berbasis digital barang dagangan sebagai bentuk dukungan penuh untuk Indonesia.

#9 Viva

Viva adalah perusahaan media yang dipegang oleh Bakrie Group, salah satu perusahaan yang pemiliknya adalah salah seorang terkaya di Indonesia. Didirikan pada tahun 2004 oleh Anindya Bakrie, Viva saat ini memiliki 2.892 orang karyawan (data tahun 2016) yang tersebar di beberapa kota. Sama seperti media daring lain, Viva juga membagi ceruk mereka ke dalam beberapa ceruk seperti Vivabola, Vivalife, dan Vivalog yang sering kali dimanfaatkan oleh para narablog untuk mempromosikan tulisan mereka secara gratis.

#10 Tirto

Tirto memang baru diluncurkan dua tahun terakhir, namun konten mereka yang diulas secara mendalam dengan kredibilitas tinggi serta dilengkapi dengan infografik yang ciamik, membuat Tirto cepat mendapat tempat di pasar.

Tirto juga menyajikan materi berita sebagaimana yang diberikan media lainnya, namun penyampaian yang lebih lengkap dan jelas membuatnya cepat disukai pembaca daring. Di bawah naungan PT Tirta Adi Surya, Tirto memiliki dua kantor yang berlokasi di Jakarta dan Yogyakarta.

Meskipun kini konten yang dihadirkan tidak lagi terlalu berat (namun tetap kritis), Tirto pun sempat jadi perbincangan di antara sesama media saat menerbitkan berita kontroversial berbau politik. Namun kini, nampaknya kasus tersebut sudah dilupakan dan Tirto kembali menyajikan berita yang selalu dinantikan pembaca.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons