10 Blogger Senior di Indonesia yang Masih Aktif Ngeblog

Blogger adalah salah satu platform blog terpopuler di dunia blogging. Platform ini sudah hadir sejak 23 Agustus 1999 yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan teknologi raksasa di dunia, Google, pada tahun 2003 silam.

Di tahun yang sama saat Blogger diakuisisi oleh Google, lahir pula platform blogging yang kini menjadi pesaing utama Blogger untuk urusan blog yaitu WordPress.

Di Indonesia sendiri, blog mulai populer sejak tahun 2000-an awal dengan para pelaku yang memulai menggunakan blog untuk menulis tentang kehidupan sehari-hari mereka. Sebut saja nama seperti Raditya DIka, Arief Muhammad alias Poconggg, hingga Enda Nasution adalah nama-nama besar yang memulai karir mereka dari blog. Sayangnya, ketiga nama tersebut saat ini sudah tidak lagi aktif ngeblog meskipun blog mereka masih tetap eksis.

Meskipun demikian, bukan berarti para blogger angkatan lama semuanya meninggalkan blog. Ada banyak sekali blogger senior yang masih setia ngeblog sampai hari ini karena sudah merasakan manfaat dan kenyamanan dari platform yang ternyata tidak hanya mampu menghasilkan pengunjung dan pembaca ini, tetapi juga dapat menghasilkan banyak uang.

Berikut ini adalah 10 blogger senior di Indonesia yang masih aktif ngeblog sampai sekarang:

#1 Alitt Susanto

Alitt Susanto adalah penulis novel dan Youtuber yang memulai karirnya lewat blog, sama seperti Raditya Dika dan Arief Muhammad. Namun berbeda dengan Dika dan Arief, Alitt hingga hari ini masih aktif menulis di blognya meskipun intensitas tulisan yang terbit tidak lagi sesering dulu.

Di blognya, Alitt menceritakan tentang kehidupan sehari-harinya sebagai mahasiswa abadi yang kemudian ceritanya di blog diadaptasi ke dalam sebuah novel personal literatur. Ia menceritakan kesialan-kesialan yang menimpa dirinya selama hidup sebagai mahasiswa dan mendapatkan banyak pembaca dari sana. Selepas buku pertamanya, nama Alitt pun melejit dan menjadi terkenal sebagai penulis namun ia tetap rendah hati dan masih terus membagikan tulisan melalui blog maupun media sosialnya yang diikuti ratusan ribu orang.

#2 Haya Aliya Zaki

Blogger perempuan yang sudah memiliki tiga orang anak ini sudah memulai karir di dunia tulis menulis sejak lama. Ia sudah menjadi penulis lepas sejak tahun 1998 dan mengenal blog di tahun 2000-an. Ia kemudian terus melebarkan sayap di dunia tulis-menulis dengan menjadi penyunting lepas untuk penerbit besar, sebut saja Mizan dan Penerbit Pelangi Indonesia.

Di luar pekerjaan itu, Haya Aliya Zaki juga mengontribusikan tulisan-tulisannya melalui situs web daring bertema parenting dan sejenisnya.

Pengalamannya di bidang blog yang sudah tidak diragukan lagi dibuktikan juga dengan memenangkan berbagai lomba blog hingga diundang khusus sebagai juri untuk berbagai lomba blog sejak tahun 2012 hingga saat ini. Hingga kini ia masih terus mengisi blognya dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan edukatif kepada para pembacanya yang setia dan terutama kalangan ibu-ibu muda.

#3 Mugniar Marakarma

Sama seperti Haya Aliya Zaki, Mugniar juga adalah seorang blogger yang sudah memiliki tiga orang anak. Ia mengaku menemukan passionnya di bidang ini sejak bertahun-tahun lalu. Ia kemudian mengasah kemampuan menulisnya tersebut dengan rutin mengirimkan tulisan-tulisan hasil pemikirannya ke berbagai media cetak, ikut lomba menulis, dan kuis di media sosial yang berkaitan dengan kepenulisan.

Ia sudah mulai ngeblog sejak tahun 2006, namun baru serius digeluti tahun 2011 dan hingga kini ia telah meraih banyak penghargaan dan berkat tulisannya ia sering diundang untuk wawancara ke media televisi untuk membahas tulisannya yang telah berhasil dimuat di media cetak maupun daring tersebut.

#4 Yahya Kurniawan

Yahya Kurniawan adalah seorang blogger di ceruk teknologi yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran sejak tahun 2000-an. Di tahun di mana blog belum seramai sekarang, ia bahkan sudah sering menjadi pemateri acara-acara seperti seminar dan workshop yang membahas tentang teknologi terbaru yang sedang digandrungi pada masanya.

Kini blogger yang berdomisili di kota Yogyakarta ini masih terus memperbarui blognya dengan tulisan seputar teknologi dan juga menjadi kontributor tetap di salah satu majalah teknologi bernama Info Komputer, bagian dari Kompas Gramedia.

#5 Vicky Laurentina

Percaya atau tidak, blogger senior yang satu ini adalah seorang dokter umum. Namun kecintaannya pada dunia tulis-menulis sudah terlihat sejak ia mulai gemar menulis esai panjang sejak usianya masih lima tahun.

Blogger yang menyukai Bryan Adams ini sudah ngeblog sejak lama dan sudah mendapatkan berbagai penghargaan berkat blog yang dikelolanya. Kini, blogger yang sudah memiliki satu orang anak ini lebih fokus mengurus investasi di pasar modal syariah dengan spesifikasi pada bursa saham dan reksadana. Namun meski sibuk, ia tetap aktif menulis di blognya dan terbuka untuk kerja sama dengan berbagai klien di berbagai bidang.

#6 Ani Berta

Nama Ani Berta tentu saja tidak asing lagi di dunia blogger Indonesia. Bagaimana tidak, blogger satu ini sudah memenangkan berbagai penghargaan di bidang blog bahkan sejak blog belum seramai sekarang ini. Hingga saat ini, blogger asal Bandung yang juga bekerja sebagai copywriter ini sudah mendirikan berbagai komunitas blogger seperti Blogger Community, Blogger Reporter Indonesia Community, Indonesian Social Blogpreneur, dan beberapa lainnya.

Penghargaan yang diterima Ani Berta dari dunia blog tidak hanya dari dalam negeri, ia pun pernah mewakili blogger Indonesia untuk menghadiri berbagai acara blog di luar negeri seperti di Malaysia, Australia, dan Singapura.

Meski banyak pekerjaan di dunia nyata, namun ia tetap menyempatkan diri untuk menulis di blognya dan masih aktif membagikan tulisan-tulisan seputar acara yang diikutinya di blog pribadinya.

#7 Shintaries

Shintaries adalah salah satu blogger senior yang masih aktif ngeblog sampai hari ini. Ia mulai ngeblog sejak tahun 2005 dengan isi tulisan tentang keseharian dan hal-hal personal lainnya.

Ia adalah pendiri salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia bernama Blogger Perempuan. Ia juga sudah memenangkan berbagai penghargaan dan sering kali menjadi pembicara untuk kelas blogger di dalam dan luar negeri. Belasan penghargaan dan puluhan kali menjadi pembawa materi dalam acara bertajuk blog membuat Shintaries sangat sibuk namun tidak membuatnya berhenti ngeblog sedikit pun. Hingga kini ia masih aktif mengisi blognya dengan tulisan-tulisan yang segar dan bermanfaat kepada para pembacanya.

#8 Febriyan Lukito

Blogger senior yang satu ini adalah seorang pekerja kantoran di bidang keuangan. Ia menggunakan waktu luangnya untuk menulis di blog pribadinya dan juga berkontribusi di beberapa situs web yang menjadi kegemarannya.

Selain itu, Febriyan juga menekuni dunia fotografi dan penulisan berbasis SEO yang menjadi kegemarannya sejak ia terjun ke dunia blog.

Blogger senior asal Jakarta ini sudah lama malang-melintang di dunia blogger dan telah merasakan pahit manisnya dunia tulis-menulis ini. Sampai saat ini Febriyan masih mengisi blognya dengan tulisan-tulisan acak termasuk kehidupan sehari-harinya yang sering kali dihinggapi kejadian-kejadian lucu nan unik.

#9 Muhammad Irfan

Muhammad Irfan adalah blogger senior yang berasal dari pulau Sumatra. Ia sudah menyukai dunia tulis-menulis sejak memasuki bangku SMP dan menekuni dunia blog sejak 2007 akhir.

Awal mula ia ngeblog, Irfan memulai tulisannya dengan cerita-cerita sederhana tentang kehidupan sehari-harinya, sama seperti blogger-blogger terdahulu seperti Raditya Dika dan juga Arief Muhammad alias Poconggg. Namun makin ke sini, ia mulai berhenti menulis curhatan dan mulai melakukan tulisan bersponsor dengan berbagai klien. Ia pun memutuskan untuk membuat satu blog lagi yang ia buat khusus untuk bercerita tentang kehidupan sehari-harinya, dan hal lain yang tidak berkaitan dengan sponsor.

#10 Dani Rachmat

Dani Rachmat adalah salah satu blogger senior di Indonesia yang juga fokus menulis tentang keuangan. Pengalaman 10 tahun di dunia perbankan membuatnya paham betul seluk-beluk dan lika-liku dunia yang bercerita banyak tentang uang ini.

Meskipun membahas hal yang sensitif—uang—namun Dani Rachmat selalu membahasnya dengan santai dan dengan kalimat sesederhana mungkin agar bisa dipahami oleh para pembacanya yang tergolong usia muda yaitu antara 18 hingga 34 tahun.

Dengan ceruk tulisan di blognya yang cukup berat, Dani Rachmat mengaku ia pertama kali membuat blognya secara iseng dan hanya diisi dengan tulisan yang lebih banyak membahas seputar gaya hidup masa kini.

Itulah 10 blogger senior di Indonesia yang masih aktif menulis hingga saat ini. Siapakah blogger favoritmu?

 

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons