10 Alasan Menggunakan Facebook Marketing Tahun 2021

Dari tahun ke tahun, dari waktu ke waktu, marketing terus berkembang dan menjelma menjadi sesuatu yang vital dan menjadi penentu berhasilnya sebuah perusahaan—terutama yang berfokus di ranah digital.

Maka dari itu, pastikan Anda tidak ketinggalan dan terus memperbarui informasi mengenai tren terbaru apa yang sedang hangat di dunia marketing.

Dalam artikel kali ini, kami akan membeberkan 10 alasan masuk akal mengapa Anda (masih) harus menggunakan Facebook Marketing dalam kelangsungan bisnis Anda—dan mengapa Facebook marketing masih relevan tahun 2021 serta bagaimana membuatnya berhasil.

Fun fact: Jika Facebook adalah sebuah negara, maka ia akan jadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia saat ini.

Saat ini Facebook memiliki 2.89 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya platform media sosial terbesar di planet bumi saat ini. Kedengarannya mungkin sedikit terlalu old-school, tetapi Facebook marketing adalah salah satu faktor besar yang dapat menentukan sukses tidaknya strategi marketing bisnis Anda saat ini.

Facebook memiliki banyak sekali alat dan fitur baru yang mampu memaksimalkan hasil marketing: chatbot, Facebook Marketplace, Video 360, pembaruan algoritma, dan banyak lagi lainnya telah membuat Facebook maju pesat dan memberikan banyak alasan untuk tetap menggunakan Facebook dalam menumbuhkan bisnis.

#1 Facebook memiliki audiens yang luas

Untuk poin pertama, kita tidak perlu memperdebatkannya. Audiens Facebook, sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, adalah yang terbesar di planet bumi saat ini. Namun, hal yang penting dalam upaya marketing adalah demografi audiens yang variatif dan alamiah.

Kabar baiknya, Facebook menyediakan segala bentuk demografi audiens yang Anda perlukan untuk marketing.

  • Perempuan berusia antara 18-24 tahun dan pria berusia antara 25-34 tahun adalah dua grup usia pengguna yang mendominasi di Facebook;
  • Sebanyak 62% pengguna internet berusia di atas 65+ memiliki akun Facebook dan 72%-nya berusia antara 50-64 tahun; dan
  • Sebanyak 76% orang yang berusia 18-24 tahun menggunakan Facebook.

Platform Facebook digunakan oleh lintas generasi, mulai dari generasi baby boomers hingga Gen X, membuatnya jadi tempat yang sangat strategis untuk beriklan dengan ceruk yang sangat spesifik.

#2 Medium yang ramah untuk menemukan calon pelanggan

Salah satu hal yang menurut kami keren dari Facebook adalah kemampuannya menampilkan iklan yang sangat relevan kepada para calon pelanggan dengan tarif yang relatif lebih murah.

Prospek Facebook membuat proses bergabung dengan daftar email menjadi lebih mudah bagi audiens karena Facebook mampu membaca aktivitas pengisian formulir sebelumnya. Jadi, pengguna merasa lebih dimudahkan dan menjadikan fitur ini salah satu alternatif terbaik dibandingkan proses tradisional yang sudah usang.

Namun, apa yang membuatnya lebih murah?

Sebab proses prospek ini memberikan proses yang lebih cepat bagi pengguna untuk memberikan informasi dan mendapatkan konten yang terjamin keamanannya—membuat tingkat konversi jadi lebih baik.

Jika tingkat konversi sudah lebih baik, Facebook perlahan menurunkan biaya per prospek untuk menarik lebih banyak pengguna menggunakan layanannya.

Selain itu, prospek iklan Facebook juga memiliki rasio konversi yang bagus. Berdasarkan sebuah studi dari Wordstream untuk mengetahui tolok ukur iklan Facebook dari berbagai industri, mereka menyimpulkan bahwa tingkat konversi rata-rata di semua industri adalah 9,21%.

#3 Penargetan audiens yang disesuaikan

Menargetkan iklan kepada orang yang sebelumnya sudah menunjukkan ketertarikan pada brand atau bisnis Anda selalu lebih baik daripada menargetkan orang baru yang tidak pernah mendengar brand Anda sebelumnya. Dan, itulah yang dilakukan oleh alat penargetan yang disesuaikan yang dimiliki oleh Facebook.

Facebook memungkinkan Anda menargetkan kelompok orang spesifik yang punya relasi dengan bisnis Anda, dalam hal ini pelanggan lama, pernah mengunduh aplikasi Anda sebelumnya, pernah mengunjungi website, atau terlibat dengan brand Anda di kanal sosial.

#4 Penargetan yang bersifat psikografis

Penargetan psikografis Facebook lebih terperinci dibandingkan faktor demografi. Dan sejujurnya, demografi tidak bisa menjadi satu-satunya parameter untuk menggambarkan gaya hidup dan perilaku pembelian seseorang.

Usia, negara, pekerjaan, dan tingkat penghasilan memberitahu kita banyak hal, tetapi terbatas pada batasan tertentu.

Sebagai contoh, tidak semua orang dari generasi milenial dengan pendapatan rendah memaksakan diri membeli barang mahal; tidak semua orang dewasa mengalirkan uangnya untuk investasi, dan tidak semua generasi baby boomer mampu mempelajari keterampilan baru.

Atas dasar itulah penargetan psikografis dibuat untuk memainkan peran. Penargetan psikografis adalah penargetan di mana audiens dipisahkan berdasarkan inpirasi, keyakinan, minat, perilaku, dan karakteristik psikologi subyektif lainnya.

Menggunakan elemen psikografis berdampingan dengan demografi akan membuka pintu untuk:

  • Menciptakan iklan yang bersifat empati
  • Menguatkan nilai brand Anda
  • Mendefinisikan ulang persona pembeli

#5 Cocok untuk brand dengan konsep bisnis B2C dan B2B

Sebelumnya, ada miskonsepsi yang menyebut bahwa Facebook hanya cocok untuk brand dengan konsep bisnis B2C. Persepsi tersebut sedikit keliru, tetapi dapat dimengerti mengingat pada dasarnya Facebook dari sisi bisnis memang dimaksimalkan untuk UMKM dan sejenisnya.

Namun, sejak diperkenalkannya Facebook Pixel dan iklan yang menargetkan prospek dalam beberapa tahun terakhir, segalanya terlihat berubah. 43% pemasar B2B menyebut Facebook sebagai kanal periklanan yang penting dan krusial.

Tentu saja, hal itu membuat pasar B2B menjadi semakin kompetitif. Namun, dengan penargetan iklan Facebook yang tepat Anda dapat menumbuhkan bisnis B2B di Facebook dengan cepat.

Facebook Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan postingan dan iklan kepada segmentasi audiens berikut—yang selaras dengan kebutuhan bisnis B2B:

  • Nama karyawan
  • Jabatan
  • Industri
  • Industri minat
  • Skala perusahaan
  • Pelancong bisnis

#6 Penargetan dengan corong audiens yang lengkap

Facebook bisa jadi adalah satu-satunya platform yang memungkinkan Anda menargetkan dan mendorong pengguna melewati tiga tahap corong—kesadaran, pertimbangan, hingga konversi—dalam satu tempat yang sama.

Dengan fitur-fitur periklanan dan kemampuan penargetan yang dimiliki oleh Facebook, Anda bisa mendorong pengguna mulai dari tahap pertama ke tahap selanjutnya dengan menyuguhkan iklan berbeda tetapi tetap beresonansi pada tiap tahap dalam perjalanan pelanggan.

Tahap pertama: kesadaran

  • Postingan bersponsor
  • Stories bersponsor
  • Iklan video
  • Iklan Carousel

Tahap kedua: Pertimbangan

  • Menawarkan insentif
  • Newsletter langganan
  • E-book gratis
  • Percobaan produk gratis
  • Dan sebagainya.

Tahap ketiga: Konversi

  • Pengunjung lama dari website
  • Pengguna yang didapatkan dari tahap sebelumnya
  • Pengguna aplikasi
  • Pengguna yang terlibat di Facebook

 

Mari bekerja sama!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang StarNgage, alat kami, dan layanan influencer marketing kami?

 

#7 Analisis mendalam

Facebook Analytics menyediakan segudang metrik yang dapat digunakan untuk menganalisis performa marketing—baik organik maupun berbayar.

  • Performa konten
  • Wawasan audiens
  • Trafik referral
  • Keterlibatan profil.

Facebook Ads Manager bahkan memberikan metrik yang sangat penting seperti CTR, CPC, hingga CPA sehingga pemasar dan pengiklan mampu menghitung performa iklan dan mengalkulasi ROI dengan lebih akurat.

Dengan adanya pilihan ini, Anda bisa memilih metrik mana yang sebaiknya difokuskan untuk dilacak berdasarkan tujuan marketing yang Anda buat.

#8 Umpan balik pelanggan

Salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah brand adalah bagaimana mereka meminta dan memanfaatkan umpan balik dan kritikan dari audiens. Dulu, umpan balik pelanggan hanya dapat ditemukan melalui email dan panggilan telepon—cukup memakan waktu dan tenaga. Sekarang, tidak lagi.

Dengan Facebook, Anda bisa dengan mudah terhubung dengan pelanggan di grup atau bahkan di kolom komentar dan menanyakan langsung umpan balik mereka, termasuk pengalaman dan hal lain yang mereka ingin sampaikan.

Mendengarkan suara pelanggan adalah suatu cara yang sudah terbukti bisa digunakan untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Cara ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas produk sekaligus mendorong kepuasan pelanggan.

#9 Chatbot

Beberapa pemasar sudah memprediksi bahwa chatbot tidak lama lagi akan menjadi kebutuhan primer banyak bisnis. Statistik menunjukkan bahwa sebanyak 60% Gen Z berharap bisa berkomunikasi langsung (dan lebih jauh) dengan bisnis melalui fitur atau aplikasi perpesanan.

Mengapa chatbot adalah pilihan yang tepat untuk bisnis? Karena chatbot mudah digunakan dan bisa difungsikan secara otomatis untuk berkomunikasi dengan audiens—di Messenger. Menariknya, chatbot juga memungkinkan pengguna untuk saling berkirim gambar, video, atau tautan dalam pesan.

Berdasarkan laporan dari Search Engine Journal, Facebook Messenger memiliki rasio dibuka (open rates) antara 70-80% pada satu jam pertama—yang berarti lebih baik dari rasio dibuka pada email rata-rata (hanya 5-10%).

#10 Facebook adalah platform yang terus berkembang

… jika bukan selamanya.

Ini adalah fakta yang tidak bisa ditolak: Facebook adalah platform yang menjadi pemimpin, terus bertumbuh, dan tidak pernah berhenti berinovasi.

Dalam dua tahun terakhir, Facebook bahkan mampu menggandakan jumlah pengguna mereka. Dengan terus bertambahnya orang-orang yang mendaftar ke Facebook setiap harinya, tentu saja Anda akan semakin memiliki potensi besar untuk melebarkan audiens sebagai pemasar dan pengiklan.

Baru-baru ini, Facebook memperkenalkan tampilan baru yang bertujuan memudahkan akses untuk membuat acara, grup, halaman, bahkan iklan di Facebook.

Selain itu, ada lagi beberapa fitur baru yang diluncurkan:

  • Tombol CTA yang dapat diubahsesuaikan
  • Facebook Messenger untuk pengguna desktop
  • Gambar 3D
  • Siaran langsung untuk Halaman Facebook
  • Penjadwalan acara
  • Siaran ulang acara
  • Fitur untuk menganalisis kompetitor
  • Facebook Business Suite

Brand dan bisnis harus membayar begitu banyak untuk memiliki dan menggunakan alat yang dapat membantu mereka produktif untuk mengelola kegiatan marketing di dalam satu tempat—Facebook memberikannya secara cuma-cuma.

Namun, memiliki fitur dan alat saja tidak akan cukup untuk membuat kampanye marketing yang hebat di Facebook. Anda harus punya strategi marketing yang tepat dan memanfaatkan semua fitur yang disediakan seefektif mungkin.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions