Top 10 Komikus di Indonesia

Dunia komik Indonesia saat ini sedang berada pada masa yang bagus dan meyakinkan. Sejak viralnya komik strip Tahilalats yang berisi cerita singkat yang cukup menguras otak untuk mengetahui maknanya, mulailah bermunculan komikus-komikus lain yang mewarnai dunia komik tanah air.

Jauh sebelum itu, nama-nama komikus Indonesia sebenarnya sudah menghiasi dunia Hollywood. Ada banyak nama-nama besar yang pernah menggambar karakter-karakter pahlawan super terkenal di dunia. Sebut saja nama seperti Ardian Syaf yang pernah menggarap komik Batman dan X-Men, Alti Firmansyah yang menggambar berbagai karakter di komik X-Men 92, sampai Iwan Nazif yang menjadi otak di balik suksesnya How to Train Your Dragon.

Tidak ada angka pasti soal berapa jumlah komikus Indonesia dengan berbagai ciri khas pada setiap komik yang mereka ciptakan, tetapi berikut adalah Top 10 Komikus Indonesia versi StarNgage:

#1 Nurfadli Mursyid – Tahilalats

Tahilalats, atau dikenal juga dengan sebutan Mind Blowon (plesetan dari kata Mind Blowing) adalah komik strip yang isinya adalah lelucon-lelucon receh yang cukup membuat otak berpikir untuk memecahkan maksud dari setiap stripnya.

Komik Tahilalats diciptakan oleh pemuda bernama Nurfadli Mursyid. Komik dengan pengikut sebanyak lebih dari 3.2 juta orang di Instagram ini pertama kali muncul pada tahun 2012. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014, Tahilalats sudah memiliki lebih dari dua juta pengikut di Instagram dan Webtoon dan masih terus memproduksi komik harian hingga saat ini.

Saat ini, komik Tahilalats sudah memiliki tim yang beranggotakan 5 orang dan sudah bekerja sama dengan brand-brand besar dari berbagai ceruk.

#2 Faza Meonk – Si Juki

View this post on Instagram

Silahkan #KomikStripJuki

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

Si Juki adalah salah satu karakter komik terkenal yang sudah memiliki film. Si Juki yang tadinya adalah karakter dari buku komik, akhirnya muncul di layar lebar untuk pertama kalinya pada tahun 2017 lalu dengan judul Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir. Tidak main-main, para pengisi suara untuk film perdana yang disutradari oleh Faza Meonk sendiri, adalah artis-artis terkenal seperti Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Pandji Pragiwaksono, dan aktor komedi legendaris Indonesia yaitu Indro Warkop.

Di Instagram, Si Juki sudah mengantongi sebanyak lebih dari 700 ribu orang pengikut, sementara Faza Meonk sendiri sedang mengembangkan karakter-karakter lain untuk mendukung karakter utamanya.

#3 Muhammad Misrad – Mice Cartoon

Mice Cartoon adalah sebuah komik yang lebih fokus menggarap tema yang berhubungan dengan kritik-kritik sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Otak di balik terciptanya kartun dengan tokoh utama Mice ini adalah Muhammad Misrad, bersama seorang temannya bernama Benny Rachmadi. Keduanya adalah alumnis Desain Grafis, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta.

Karakter Mice sendiri diambil dari nama panggilan akrab penciptanya. Hingga kini, hampir 200 ribu orang telah mengikuti Mice Cartoon di Instagram.

#4 Reza Mustar – Komikazer

View this post on Instagram

Sebuah true story… #SemuaSayangOjol

A post shared by Reza Mustar (@komikazer) on

Komikazer dengan nama karakter Azer diambil dari nama penciptanya sendiri yaitu Reza. Nama Reza jika dibaca dari belakang, maka akan menjadi nama karakter komik ini. Sama seperti Tahilalats dan Si Juki, komik buatan Reza Mustar ini pun sudah pernah dicetak dan terbit dalam bentuk buku yang cukup laku di pasaran dan begitu digemari para pencinta komik. Kini, sebanyak 150 ribu orang telah mengikuti Komikazer di Instagram dan angkanya terus meningkat.

#5 Gata Anjanaviadi – Sitankhi

View this post on Instagram

Pesan #pyar #sitankhi #komikinajah #dagelan

A post shared by Si Tankhi (@sitankhi) on

Sitankhi adalah karakter komik yang digambarkan sebagai seorang anak kecil dengan dot yang terus menempel di mulutnya. Meski demikian, ia adalah karakter yang bawel dan selalu mengeluarkan kalimat-kalimat tak terduga untuk para pembacanya.

Hadir dengan tema-tema segar dan terbaru, Sitankhi kini sudah hampir meraih 100 ribu pengikut di Instagram.

Karakter bayi lucu ini dibuat oleh komikus bernama Gata Anjanaviadi, seorang lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual yang mengaku sudah mendalami menggambar dan menghidupkan karakter bocah gembul Sitankhi sejak tahun 2006 silam. Konsistensinya itu pun sudah membuahkan hasil seperti yang terlihat sekarang. Ia pun menjadi salah satu komikus dengan penghasilan terbanyak di Indonesia saat ini.

#6 Arsya Javidiar – Recehlogy

Recehlogy adalah sebuah komik yang lebih fokus pada penggunaan logika di setiap ceritanya, alih-alih membangun karakter yang kuat seperti yang ada pada komik Tahilalats atau Si Juki. Dengan mengutamakan logika berpikir yang dipadukan dengan visual yang segar, menarik, dan mudah dipahami, komik Recehlogy yang didalangi oleh Arsya Javidiar sudah diikuti oleh 230 ribu orang pengikut di Instagram dengan tingkat keterlibatan yang sangat tinggi.

Arsya Javidiar adalah otak di balik komik Recehlogy, alumni Universitas Airlangga yang kini sedang menempuh pendidikan masternya di Universitas Indonesia.

#7 Prasetia Pradana – Pepekomik

View this post on Instagram

#pepekomik #komikinajah #komikanu #dagelan #stripjogja

A post shared by HJGR ! (@pepekomik) on

Dibuat oleh Prasetia Pradana, Pepekomik hadir dengan lelucon-lelucon yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dalam bermasyarakat. Komik yang menggunakan templat mirip dengan yang dibuat Tahilalats ini sudah memiliki lebih dari 150 ribu orang pengikut di Instagram.

Tidak hanya di Instagram, nama Pepekomik juga semakin dikenal ketika ia menjadi salah satu komikus yang turut menjadi kontributor dalam program Jagoan Nulis UCNews, salah satu perusahaan media besar yang dinaungi oleh Alibaba Group.

Sejak hadirnya Pepekomik di media tersebut, penggemarnya pun menjadi semakin luas dan Prasetia Pradana pun menjadi semakin sering memperbarui cerita-ceritanya dengan tema-tema baru nan segar.

#8 Fathan Mubin Putra – Fatkomik

Jika ingin bernostalgia dengan lelucon-lelucon atau hal-hal receh yang pernah menghiasi masa kecil, maka Fatkomik adalah tempat yang tepat. Fatkomik yang diciptakan oleh kreator bernama Fathan Mubin Putra, menciptakan komik yang membawa tema nostalgia.

Ia, dengan visual yang menarik dan variatif, menyuguhkan komik dengan cerita yang berangkat dari hal-hal yang pernah terkenal di masa-masa kecil. Hal-hal yang sering ia garis bawahi dalam komiknya adalah hal-hal yang pernah terkenal sebelum masa berjayanya internet dan ponsel pintar. Hal ini memberikan keunikan tersendiri, membuatnya berhasil meraih hampir 200 ribu orang pengikut di Instagram.

Fatkomik adalah salah satu tempat yang tepat untuk menumbuhkan kembali memori menyenangkan pada kehidupan masa kecil.

#9 Dhimas Adi Nugraha – Komikdimsum

View this post on Instagram

#komikdimsum #komikstrip komikdimsum.com

A post shared by Komik Dimsum (@komikdimsum) on

Bagi penggemar komik strip, nama Komikdimsum jelas sudah tidak asing lagi di telinga. Dhimas Adi Nugraha yang mana adalah sosok di balik komik konyol Komikdimsum memulai kariernya dengan menulis.

Selain menulis, Dhimas juga ingin menjadi seorang komika. Namun, karena keterbatasannya yang suka gagap saat berbicara di depan umum, ia pun meluapkannya ke dalam komik yang didukung oleh kegemarannya menggambar sejak ia masih duduk di bangku SMA. Hingga kini, karakter konyol Dimsum sudah meraih hampir 150 ribu orang pengikut di akun Instagramnya.

#10 Adelia Maghfira – Maghfirare

View this post on Instagram

Edgy mother #magfcomic

A post shared by Adelia Maghfira (@maghfirare) on

Kata siapa perempuan tidak bisa membuat komik? Adelia Maghfira membunuh stigma tersebut dengan menciptakan komik Maghfirare dengan karakter perempuan. Bahkan, ketenaran komik Maghfirare mengalahkan beberapa komikus yang disebutkan sebelumnya, meski belum bisa mengalahkan Tahilalats.

Di Instagram, Maghfirare sudah meraih lebih dari 300 ribu orang pengikut dengan tingkat keterlibatan yang sangat tinggi. Jika keseringan membaca komik strip dengan tokoh atau tema yang selalu diambil dari sisi kaum adam, maka komik Maghfirare akan bisa menjadi warna baru karena diambil dari sudut pandang seorang perempuan.

Mulai Buat Konten dan Dapatkan Hadiah

Setelah menyelesaikan kerja sama dan membagikannya dengan pengikut Anda, Anda akan dibayar melalui PayPal atau Cek - mudah, kan?

Brand Menggunakan StarNgage untuk Menemukan Micro-Influencer di Instagram

Berkonsultasilah untuk membahas bagaimana kami dapat membantu Kampanye Influencer Marketing Anda selanjutnya.

มาเริ่มสร้างสรรค์เนื้อหาที่ยอดเยี่ยมและรับรางวัล

เมื่อเนื้อหาของคุณผ่านการอนุมัติและแชร์ไปยังผู้ติดตามของคุณ คุณจะได้รับเงินผ่าน PayPal หรือเช็ค - ง่ายๆ แบบนั้นเลย!

หลายแบรนด์ต่างเลือกใช้StarNgage เพื่อค้นหา อินสตาแกรม ไมโคร-อินฟูลเอนเซอร์

ติดต่อขอคำปรึกษาเพื่อให้เราได้ช่วยแนะนำแคมเปญ ส่งเสริมการตลาดออนไลน์ของคุณผ่านกลุ่มคนที่มีอิทธิพล

Start Creating Great Content and Get Rewarded

Once you complete your endorsement and share it with your followers, you get paid via PayPal or Check - it’s that simple!

Brands use StarNgage to Find Instagram Micro-Influencers

Request a consultation to discuss how we can help your next Influencer Marketing Campaign.

Give your Opinions

Simple Share Buttons