Interview Influencer: Ednadus Harjaka Setiawan

Film favorit         : Crayon Shin-chan

Warna favorit    : Biru

Kamera                : Digital dan smartphone

Editor foto          : Adobe Photoshop

Ednadus Harjaka Setiawan

Kapan Nadus pertama kali memutuskan menjadi influencer?

Bermula dari ikut berpartisipasi di dalam komunitas teknologi, Nadus kemudian mempelajari apa yang dilakukan orang-orang di dalam komunitas tersebut, bagaimana mereka menulis, menghasilkan uang, hingga mengikuti acara-acara. Dari sana, ia berpikir bahwa ia juga bisa melakukan apa yang senior-seniornya telah raih. Ia pun memutuskan untuk membuat blog saat ia masih duduk di bangku kuliah, dan terus menulis hal berbau teknologi sampai sekarang.

Apa tantangan terberat dari menjadi influencer bagi Nadus?

Tantangan terberat bagi Nadus adalah ketika rasa malas datang. Ditambah lagi, saat kerja sama dengan klien yang memberikan arahan yang kurang jelas dengan tenggat waktu yang sangat singkat.

Hal paling menyenangkan dari menjadi influencer bagi Nadus

Bagi Nadus, hal paling menyenangkan dari menjadi influencer adalah karena ia dapat menghasilkan uang, menggali bakatnya yang selama ini terpendam, dan membuatnya menjadi lebih percaya diri.

Mengapa Nadus memilih menjadi lifestyle influencer?

Bagi Ednadus, lifestyle mencakup banyak bidang dan aspek kehidupan termasuk digital. Para lifestyle influencer, menurutnya, lebih mudah menyesuaikan diri dengan tren-tren terbaru yang sedang banyak digandrungi.

Di mana Nadus berdomisili dan apa kesibukannya di luar menjadi influencer?

Sejak lahir, Nadus berdomisili di Bekasi, Jawa Barat dan saat ini bekerja di sebuah media pemberitaan swasta di kota tempatnya tinggal.

Apakah Nadus memilik komunitas?

Nadus saat ini aktif di beberapa komunitas blogger, salah satunya adalah Komunitas Warung Blogger yang memiliki anggota di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Apa target yang ingin dicapai oleh Nadus (sebagai influencer) di tahun 2019?

Nadus tidak menyebutkan target secara spesifik, ia harnya berharap rezeki, kesehatan, dan job untuk influencer terus berdatangan selama tahun 2019 dan seterusnya.

Influencer yang paling menginspirasi seorang Nadus

Yulia Yuli. Ia adalah influencer yang lebih dikenal dengan Emak dan/atau Julayjo. Bagi Nadus, Yulia Yuli sudah seperti ibunya sendiri. Ia menjadikan sosok yang diidolainya sebagai orangtua, teman berbagi, bertukar pikiran, hingga teman nongkrong.

 

Give your Opinions

Simple Share Buttons