Advertiser & Influencer FAQs

Apa yang bisa kami bantu?


Advertiser FAQ

Influencer FAQ

Bagaimana cara kerja StarNgage?

StarNgage adalah platform marketing dan analitik Instagram yang memungkinkan Anda bekerja sama secara langsung dengan influencer. Setiap prosesnya meliputi empat langkah:

  • Target:​ Atur profil pelanggan yang Anda targetkan dan kategori industrinya (contoh: kuliner, fashion, olahraga, dll). Buat brief campaign dan mekanisme promosi singkat, dan tuliskan biaya per keterlibatan (cost-per-engagement) yang diinginkan.
  • Identifikasi​: Cari kategori influencer yang spesifik dan memiliki profil selaras dengan brand Anda. promosikan campagin Anda kepada influencer melalui algoritme pencocokan yang paling mutakhir dari kami.
  • Amplifikasi:​ Mobilisasi influencer untuk membuat konten visual yang optimal yang melibatkan pelanggan tertarget, memperkuat pesan brand, dan memberikan hasil online. Jika dibutuhkan, kami akan dengan senang hati membantu meninjau mekanisme campaign Anda.
  • Lacak​: Setelah campaign diluncurkan, Anda dapat melacak campaign influencer marketing melalui dasbor.
Tidak. Satu email hanya dapat digunakan untuk mendaftarkan satu jenis akun.
Mereka adalah orang-orang yang sangat passionate terhadap fashion, olahraga, kuliner, travel, fotografi, dan lainnya, influencer Instagram kami memiliki pengikut yang bermutu dengan sebagian besarnya berisi teman dan keluarga. Atau dikenal juga dengan sebutan micro-influencer, jenis influencer yang sehari-harinya mungkin tidak menjadi berita utama sebagaimana selebritas. Namun, pengikut mereka cenderung lebih percaya, dan mengambil tindakan atas apa yang mereka katakan. Kami melakukan analisis data pada masing-masing influencer Instagram kami, termasuk jumlah pengikut, tingkat keterlibatan (suka, komentar, re-post), serta faktor kualitatif lainnya. Kami juga memberikan influencer kami keterampilan dan pengetahuan untuk mendorong pengikutnya mengambil tindakan (misalnya: pendaftaran, penjualan, pemasangan) untuk pasar tertentu.
Untuk saat ini, platform StarNgage melacak platform media sosial Instagram. Namun, kami akan dengan senang hati bekerja dengan advertiser dan influencer dalam kampanye yang lebih luas di platform lain seperti YouTube, Facebook, Twitter, TikTok, Twitch, atau blog jika diperlukan.
  • Campaign Sample Gratis: Sampel produk sponsor untuk diulas/difitur oleh influencer di media sosial.
  • Campaign Berbayar: Influencer dibayar untuk menampilkan produk di media sosial. StarNgage akan mendapatkan komisi 20%.
  • Masuk ke akun advertiser Anda dan pergi ke dasbor untuk memulai campaign. Brief campaign Anda bisa dipublikasikan gratis. Setelah dipublikasikan, Anda akan mulai menerima pengajuan dari influencer. Keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda apakah akan menerima atau menolaknya--tidak ada kewajiban untuk menerima semuanya.
  • Instruksi:
    • Daftar atau masuk sebagai advertiser.
    • Pilih jenis campaign yang ingin Anda buat. Anda dapat memilih antara mensponsori produk gratis atau terlibat dengan influencer dengan bayaran.
    • Buat campaign baru Anda dengan mengisi brief campaign. Setelah membuat campaign, brief akan dikirim ke Tim Editorial StarNgage untuk persetujuan (biasanya memakan 1-3 hari kerja). Setelah disetujui, campaign akan dibagikan ke jaringan influencer kami.
    • Anda akan mulai menerima pengajuan dari influencer.
    • Setelah influencer mengajukan proposal mereka, Anda memutuskan untuk memilih atau menolak mereka.
    • Lanjutkan untuk melakukan pembayaran ke platform kami jika harga telah disepakati.
    • Setelah Anda melakukan pembayaran ke StarNgage dan influencer telah mengirimkan hasil kerja mereka kepada Anda, periksa dengan teliti.
Kami pasti akan senang membantu menyesuaikan campaign marketing Instagram untuk brand, berdasarkan ukuran dan ruang lingkup campaign. Silakan kirim email kepada kami di hello@starngage.com dan infokan rincian campaign Anda.
Setelah campaign dibuat, akan dikirim lebih dulu ke Tim Editorial StarNgage untuk persetujuan (biasanya memakan 1-3 hari kerja). Setelah disetujui, campaign akan dibagikan ke jaringan influencer kami.
Tentu saja! StarNgage memberikan fleksibilitas untuk memilih influencer yang sesuai dengan kategori, brand, dan dana Anda. Kami akan dengan senang hati membantu Anda menjangkau influencer lain yang ingin Anda ajak bekerja sama dan terhubung dengan mereka bahkan jika mereka belum mendaftar di platform.
Daftar Informasi Influencer kami adalah fitur premium. Pengguna paket gratis tidak dapat melihat informasi tersebut lebih dari tiga halaman. Advertiser harus berlangganan ke paket berbayar untuk dapat melihat detail dari influencer. Paket berbayar memungkinkan Anda mempersempit pencarian berdasarkan negara, usia, jumlah pengikut, tingkat keterlibatan rata-rata, dan yang paling penting; mengirim undangan. Jika Anda meningkatkan akun, Anda akan melihat waktu respons yang lebih cepat, mengirim undangan pribadi ke influencer yang ingin Anda libatkan, dan Anda dapat menjalankan campaign dengan lebih efektif.
  • Anda dapat menghubungi influencer yang ingin Anda ajak bekerja sama melalui email yang disediakan influencer di informasi daftar influencer.
  • Anda juga dapat bekerja sama dengan influencer di bawah bagian komentar pada tab proposal di dasbor Campaign. (Campaign → Lihat proposal → Komentar).
Harga untuk setiap influencer berbeda. Anda dapat menggunakan fitur rate card influencer kami untuk membantu dalam membuat perkiraan awal berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk campaign influencer marketing dan untuk mencegah Anda membayar lebih dari yang seharusnya. Dengan menggabungkan statistik dari berbagai negara, rate card influencer StarNgage memberikan tarif rata-rata yang dikenakan oleh sebagian besar influencer.
  • Anda dapat melacak hasil campaign atau mengikuti perkembangannya melalui dasbor.
  • Anda bisa dengan mudah melacak performa atau perkembangan campaign influencer marketing Anda dengan melacak campaign yang menggunakan tagar tertentu menggunakan pelacak tagar kami. Nantinya Anda akan dapat melihat influencer mana yang memberikan hasil terbaik dan membantu Anda memutuskan apakah Anda sebaiknya bekerja sama lagi dengan mereka di masa depan.
  • Paket self-service cocok untuk advertiser yang menginginkan kendali penuh atas pencarian influencer untuk campaign marketing. Untuk paket self-service, StarNgage mendapat 10% komisi.
  • VIP Manage Service dari StarNgage adalah solusi yang sempurna untuk brand, agensi, dan para startup yang tumbuh pesat yang menginginkan lebih dengan meningkatkan branded content dan membutuhkan layanan lengkap beserta tim yang akan mencakup semuanya, dari awal hingga akhir. 30% biaya layanan akan dikenakan oleh StarNgage.
  • Paket Dasar memungkinkan Anda untuk mengundang influencer untuk berpartisipasi dalam campaign Anda.
  • Dengan paket Bisnis dan Agensi, Anda mendapatkan keuntungan seperti paket Dasar, plus kredit undangan dalam jumlah besar. Paket ini didesain untuk pemasar yang bekerja dengan influencer dalam jumlah besar. Anda dapat melewati langkah-langkah yang memakan waktu dalam membangun daftar influencer, menemukan informasi kontak mereka, dan berkomunikasi dengan masing-masing influencer secara terpisah.
Anda boleh mengubah paket kapan saja, selama masa percobaan maupun setelah membayar. Cukup pilih paket yang menurut Anda cocok dan jangan khawatir jika nanti berubah pikiran.
Masa berlanganan paket minimum adalah satu bulan. Anda bisa berhenti berlangganan kapan saja setelah satu bulan.
StarNgage mengutamakan pembayaran melalui Kartu Kredit. Namun, tidak menutup kemungkinan kami akan memperkenalkan metode pembayaran lainnya nanti.
Jika pembayaran untuk influencer dinegosiasikan sebagai bagian dari kolaborasi, brand wajib melakukan pembayaran sebelum campaign dimulai. Sebagai brand, pembayaran hanya dilakukan setelah Anda memilih dan menyetujui proposal influencer. Setelahnya, StarNgage akan menahan dana terlebih dahulu untuk mengurangi risiko influencer membuat konten dan tidak dibayar, atau brand yang membayar influencer tetapi tidak menerima konten seperti kesepakatan awal. StarNgage mengambil 20% sebagai komisi. Sebagai contoh, untuk campaign berbayar senilai Rp1jt, brand akan membayar Rp1,2jt dan Rp200rb akan dibayarkan ke StarNgage.
StarNgage adalah platform marketing Instagram yang memungkinkan brand untuk menganalisis, menyesuaikan, mengatur, dan mengukur marketing word-of-mouth (mulutke mulut) dan terhubung dengan top influencer di Instagram.
Untuk menjadi influencer StarNgage, kamu harus aktif di Instagram. Kamu suka mengambil foto dan membagikannya ke teman-teman kamu. Kamu bisa jadi koki amatir, pencinta kuliner, perancang busana, doyan traveling, fotografer andal, orang yang suka fitnes dan olahraga, pegiat seni, atau desainer. Selain itu, kamu harus punya sejumlah pengikut dan memiliki tingkat keterlibatan (suka dan komentar) yang signifikan di setiap postingan Instagram kamu. Untuk memenuhi syarat sebagai influencer pilihan, kamu harus punya setidaknya 1.000 pengikut. Kami akan mencocokkan kamu dengan peluang yang paling memungkinkan, dan kamu yang memutuskan sendiri apakah tertarik untuk mengikuti kampanye yang kami tawarkan atau tidak.
Tidak. Kami percaya influencer harus diberi kebebasan untuk bekerja dengan agensi mana pun yang mereka inginkan dan memiliki hak penuh atas akun mereka. Untuk influencer yang menandatangani kontrak eksklusif, kami akan bekerja dengan agensi dan manajer mereka.
Tidak. Satu email hanya dapat digunakan untuk mendaftarkan satu jenis akun
Untuk mendaftar sebagai influencer di StarNgage, kamu hanya perlu mengunjungi halaman pendaftaran dan isikan data kamu.
  • Setelah mendaftar sebagai influencer, kamu bisa mulai menjelajahi tab Campaign untuk mencari campaign berbayar yang tersedia untuk kamu mendaftar. Kamu juga bisa menjelajahi tab Sample Gratis kami.
  • Untuk meningkatkan eksposur ke advertiser dan terlihat di bawah tab pencarian influencer, kamu disarankan untuk memverifikasi akun dengan cara menghubungkannya ke akun Instagram kamu.

Campaign kami biasanya mempromosikan produk atau layanan brand berdasarkan spesifikasi rinci dari brand. Mereka mungkin memasukkan hal atau peluang menarik seperti:

  • Peluncuran produk baru: Mencakup undangan acara eksklusif, preview, foto-foto produk, uji coba pengguna, dan sebagainya.
  • Kontes: Termasuk kontes influencer dan kompetisi yang mengikutsertakan pengikut, atau penggunaan tagar.
  • Promosi: : Mencakup penawaran khusus, obral atau diskon, biasanya ditandai dengan tagar atau kode unik.
  • Liputan acara: Undangan untuk influencer atau media acara oleh perusahaan.
  • Pembangunan penggemar brand: : Influencer akan “mengambil alih” akun brand dan membantu membangun dan menumbuhkan basis penggemar mereka.
* Tips:Coba alat “Pelacak Tagar” gratis selagi kamu mempromosikan produk untuk klien. Ini berguna untuk meningkatkan eksposur postingan kamu.

Ada dua cara:

  • Kamu bisa menelusuri campaign berbayar atau campaign gratis yang dibuat oleh berbagai brand di StarNgage. Kamu bisa masuk ke akun kamu dan mendaftar untuk campaign yang kamu minati. Sebelum melakukan pengajuan, pastikan kamu berada di lokasi di mana campaign berlaku

    Untuk campaign berbayar, kamu harus mengirimkan proposal yang berisi biaya dan tanggal pengiriman.

    Untuk campaign gratis, kamu hanya perlu menekan tombol “Apply” saja.

  • Kamu juga bisa menunggu brand mengirimkan undangan pribadi untuk berpartisipasi dalam campaign mereka. Terima undangan dan lakukan negosiasi dengan klien jika kamu tertarik bergabung.
Setelah kamu mendaftar untuk sebuah campaign, kamu akan menerima email dari brand. Isinya mencakup mekanisme campaign, penawaran kepada influencer, dan instruksi spesifik lainnya.

Sebagai influencer, kamu akan mendapat banyak sekali keuntungan dari brand yang bekerja sama dengan kamu. Keuntungan yang kamu dapat tergantung pada setiap persyaratan dalam campaign, seperti cakupan, skala, dan dampaknya. Termasuk:

  • Produk atau pelayanan penuh
  • Kompensasi moneter (berdasarkan jumlah postingan maupun tingkat keterlibatan)
  • Komisi berdasarkan penjualan atau KPI (mis: akuisisi pelanggan atau anggota)
Dengan melengkapi profil kamu di StarNgage, kamu akan mendapatkan akses gratis ke alat terbaru kami, “Rate-Card Influencer”. Kami berhasil membuat rate-card influencer dari berbagai negara yang terkoneksi ke lebih dari 40.000 influencer Instagram sejak 2015. Dengan memiliki akses ke daftar rate-card kami, kamu akan lebih percaya diri ketika bernegosiasi dengan klien.
Kami membayar influencer lewat PayPal atau Transfer Bank. Kecuali telah disepakati sebelumnya, pembayaran di atas $500 akan dilakukan melalui cek atau Transfer Bank

* Harap dicatat bahwa kami menahan biaya 20% dari setiap transaksi untuk biaya operasional kami sebagai sebuah marketplace
Kami akan dengan senang hati membantu jika kamu butuh bantuan lebih lanjut. Silakan hubungi kami dengan mengisi form.
Ingin menghubungi kami?