Langkah-langkah dalam Melakukan Pemasaran Video Influencer

Tahun ini kita telah melihat bukti betapa media online begitu mempengaruhi orang-orang dari berbagai kalangan, baik mereka yang berlatar pendidikan tinggi maupun rendah. Kemajuan pengguna internet yang pesat di Indonesia betul-betul membawa pesan positif dan negatif dalam waktu bersamaan. Kita bisa melihat bersama betapa orang sering terbawa arus untuk mempercayai berita yang tidak akurat sebagaimana mana mereka tidak percaya mutlak pada berita yang sebenarnya. Ada banyak sekali hal yang mampu mempengaruhi cara seseorang menilai sebuah informasi, dan sebenarnya ini bukan pertama kali terjadi.

Tidak semua pengaruh itu buruk. Karena jika yang mempengaruhi adalah orang-orang jujur dengan kredibilitas tinggi, hal ini akan sangat membantu viabilitas di situs web dan juga brand Anda. Hari ini kita harus mengakui dan mau tidak mau harus terjun ke dunia marketing influencer dengan mulai menggunakan kekuatan konten video untuk menjangkau audiens lebih luas dan tak terduga. Strategi pemasaran ini adalah yang terbaik saat ini. 133 juta pengguna internet aktif di Indonesia, 88% merupakan pengakses media sosial dengan konten video yang mendominasi pencarian, jadi tidak ada benarnya untuk mempertahankan cara lama dalam  melakukan promosi. Kecuali jika Anda menginginkan hasil yang datar atau sama saja.

Kemudian muncul pertanyaan tentang bagaimana menemukan influencer yang tepat untuk membuat dan mempromosikan video untuk melakukan kampanye marketing. Atau mungkin pertanyaan yang lebih awal, kenapa harus menggunakan influencer untuk kampanye marketing?

Kekuatan Marketing Influencer

Marketing influencer telah mengambil alih dominasi dunia pemasaran dengan sangat cepat dan tiba-tiba. Dulu, hal ini disebut sebagai “testimonial”. Dulu kita melihat hal semacam ini dilakukan oleh aktor, musisi atau atlet terkenal untuk memberikan testimoni bahwa produk yang mereka gunakan adalah yang terbaik yang ada pada saat itu. Tapi pengguna internet memiliki pemikiran yang lebih kritis dibandingkan penonton konvensional. Mereka tahu persis apa yang dilakukan para pengiklan itu tidak nyata atau tidak dari hati.

Cerita tentang Media Influencer

Dalam serial Sherlock Holmes, ada adegan di mana seorang dokter terkenal yang memperkenalkan sebuah produk sereal di televisi dengan mengatakan bahwa ia sangat menyukai sereal tersebut sampai-sampai ia tidak ingin memulai aktivitasnya di pagi hari sebelum mengonsumsi sereal itu. Karena terkenal dan kredibilitas, dokter tersebut dengan sukarela melakukannya, setidaknya itu yang penonton ketahui.

Tapi setelah adegan itu—bagian yang penonton tidak ketahui—ia tidak benar-benar melakukannya dari hati. Ia memuntahkan sereal yang sudah dimakannya saat pengambilan gambar dan jelas saja itu membuat orang-orang di studio tidak menyukainya. Ini jelas adalah sebuah pengkhianatan yang kelak merugikan banyak pihak.

Ini adalah sebuah cerita yang lucu dan nyata tentang bagaimana kekuatan seorang yang punya pengikut besar bisa ikut memengaruhi pendapat seseorang tentang sesuatu. Tetapi sekarang, undang-undang periklanan telah melakukan revolusi dengan membuat aturan baru yang mengharuskan bintang iklan produk tertentu untuk mendukung dan menggunakan produk yang dipromosikannya. Dan yang paling penting, mereka harus menyukai kampanye itu.

Ini adalah fenomena yang sama dengan yang dijelaskan pada paragraf pertama. Kini, Anda bisa menemukan influencer dengan mudah melalui internet, media sosial dan platform lainnya. Seperti halnya kehidupan umumnya di media sosial, dunia telah menjadi tempat yang semakin sempit dan hal semacam ini semakin mudah dilakukan, orang-orang semakin suka membantu sesama tanpa mempedulikan orang yang dibantunya adalah artis terkenal atau orang biasa.

Anda harus memahami bahwa itu terjadi karena faktor pengaruh, bukan ketenaran. Jadi, Anda tidak harus lagi memiliki aktor atau penyanyi dengan nama besar untuk mempromosikan produk Anda dan akan tetap memberikan dampak besar. Yang Anda butuhkan hanyalah seseorang yang kredibel di bidangnya atau yang dianggap sebagai pakar. Jika Anda bisa menemukan orang-orang seperti ini, mereka akan menjadi solusi pemasaran Anda.

Setelah Anda mengerti bagian dasar tersebut, Anda bisa mengikuti:

Langkah-langkah dalam Melakukan Pemasaran Video Influencer

Berikut ini adalah 7 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat engagement dan konversi bisnis Anda.

#1 Temukan Influencer

Yang pertama dan paling utama adalah menemukan influencer yang relevan dengan brand atau produk Anda. Cara terbaik adalah mencari di daftar pengikut akun media sosial brand Anda. Kenapa? Jika mereka ada di sana, itu berarti satu hal bahwa mereka menyukai brand Anda dan tidak menutup kemungkinan Anda mampu membangun relasi yang lebih kuat jika visi dan misi brand Anda adalah sama. Temukan orang-orang dari golongan micro-influencer yang meski memiliki pengikut terbatas namun lebih loyal dan hiperaktif.

Apakah Anda mengenal seseorang yang sering membuat webinar di bidang Anda? Apakah mungkin bagi mereka untuk mengatakan hal positif tentang brand Anda dalam sebuah video wawancara? Inilah pertanyaan awal yang perlu Anda tanyakan untuk menemukan influencer yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum mulai membuat video marketing Anda.

#2 Hubungi Prospek Anda

Hubungi prospek Anda lewat media sosial atau kirimi mereka email berisi tujuan promosi Anda dan tanyakan apakah mereka bisa membantu atau tidak. Catatan: berikan mereka sebanyak mungkin tautan tentang brand Anda berupa situs web, media sosial, dan hal lainnya yang bisa mereka pelajari jika seandainya mereka belum mengetahui tentang brand Anda. Dengan ini mereka juga akan mungkin mendapat gambaran bagaimana mereka akan melakukan promosi ke depannya.

#3 Tawarkan Imbalan Kembali

Selalu beritahu mereka bahwa Anda menginginkan sebuah pendapat atau ulasan atau testimoni yang jujur setelah mereka mempelajari tentang brand Anda. Tawarkan manfaat lain seperti memberikan tautan balik kepada mereka juga melalui situs web brand Anda. Biasanya, tawaran seperti ini lebih disukai influencer karena akan semakin memperluas jangkauan mereka melalui brand Anda juga. Anda juga mendapatkan keuntungan dari pengikut si influencer.

#4 Buat Jadwal Wawancara

Buatlah jadwal untuk melakukan wawancara terkait brand Anda dengan waktu yang sudah ditentukan. Ada dua pilihan untuk jenis wawancara ini; “live” dan rekaman. Namun apa pun yang Anda pilih, pastikan konsep yang akan Anda gunakan untuk video ini sudah matang. Khusus untuk rekaman, Anda bisa melakukan penyuntingan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membagikannya ke publik.

#5 Fokus ke Poin Utama

Anda tidak sedang membuat skrip film. Buatlah sealami mungkin, jangan memberitahu mereka apa yang akan Anda tanyakan  tetapi tetaplah fokus pada poin utama yang akan Anda liput dalam video wawancara tersebut.

#6 Rekam atau lakukan secara “live”

Lakukan wawancara dan jangan pernah lupa minta untuk menyebutkan situs web Anda di akhir, sama seperti Anda menyebutkan situs web mereka. Ini akan menguntungkan kedua belah pihak dan akan menghadirkan trafik dari arah yang tidak pernah ada sebelumnya.

#7 Pos Hasil Wawancara di situs web atau blog Anda

Anda bisa memposting hasil wawancara Anda di situs web atau blog Anda tetapi jangan lupa untuk meminta izin mereka terlebih dahulu. Berikan tautan balik jika mereka menginginkannya. Hal ini akan menghubungkan Anda dengan mereka dan akan meningkatkan kredibilitas masing-masing, baik Anda maupun influencer Anda.

Itulah tips yang dapat jadi referensi Anda dalam menentukan influencer dan membuat video marketing untuk target audiens Anda. Mungkin Anda punya cara lain yang menurut Anda lebih sesuai, Anda bisa melakukannya dengan cara Anda sendiri. Satu hal yang pasti adalah jika Anda sudah terhubung pada mereka yang memiliki pengaruh di bidangnya, gunakanlah koneksi ini untuk mempromosikan gagasan Anda.

Give your Opinions

Simple Share Buttons