5 Cara Memaksimalkan Video Marketing Influencer

Jika Anda adalah seorang marketer atau pemilik bisnis, tentunya Anda sudah tahu seberapa penting sebuah video dalam melibatkan audiens Anda. Faktanya, sebuah survei yang dilakukan oleh Wyzowl mengungkapkan bahwa 88% pebisnis menganggap video memegang peranan penting dalam strategi pemasaran mereka.

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa konten video dapat memberikan ROI yang solid dengan meningkatkan trafik, konversi dan tentu saja penjualan. Jadi saat Anda meluncurkan sebuah kampanye dengan teknik pemasaran  influencer, pertimbangkanlah untuk menyertakan video demi ROI yang maksimal. Berikut ini ada 5 tips yang berguna untuk memanfaatkan video marketing influencer Anda agar semakin optimal dan hasilnya maksimal.

#1 Fokus pada Relevansi, Bukan Jangkauan

Jika Anda meluncurkan kampanye marketing influencer, kemungkinan besar Anda akan bekerja sama dengan para kreator video dari YouTube atau Instagram. Saat melakukan ini, pastikan Anda sudah memiliki influencer yang tepat dan relevan dengan target audiens Anda, jangan melihat influencer dari sisi jumlah pengikut secara masif.

Ingat, banyak pengguna YouTube berada di sana menonton untuk bersenang-senang atau mempelajari sesuatu. Mereka tidak ada di sana untuk berbelanja. Jadi, kecuali Anda menggunakan influencer yang relevan dengan brand atau layanan Anda, pesan yang ingin Anda sampaikan kemungkinan besar akan luput dari perhatian. Itulah kenapa lebih penting untuk menemukan influencer yang cocok dan relevan dengan brand Anda, daripada sekadar influencer yang punya banyak pengikut.

Sebagai contoh, orang yang menonton video dari beauty blogger kemungkinan besarnya adalah orang yang tertarik dengan make up dan alat kecantikan.

Tujuan Anda adalah menjangkau pemirsa yang kemungkinan akan tertarik dengan produk atau layanan Anda dan cara terbaik adalah dengan bermitra dengan influencer yang relevan dengan produk tersebut.

Misalnya, Anda adalah seorang pemasar barang-barang teknologi seperti laptop dan smartphone, atau gadget lainnya dan Anda ingin memasarkannya lewat sebuah video marketing influencer. Maka secara insting mungkin Anda akan langsung mencari influencer dengan pengikut terbanyak seperti Raditya Dika.

Influencer terkenal seperti Raditya Dika mungkin saja dapat menjamin penonton dan pemirsa yang sangat luas dengan kekuatan pengikutnya, tetapi tidak ada jaminan bahwa Anda akan mampu menjangkau audiens yang relevan dengan produk Anda. Sebagian besar pengikut Raditya Dika adalah golongan anak-anak muda yang lebih senang menonton keseharian Raditya Dika daripada menonton Dika mengulas gadget semata. Bagaimanapun mereka akan tetap menerima pesan dalam video kampanye marketing Anda, tetapi kecil kemungkinan mereka benar-benar akan membeli produk Anda.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan influencer yang fokus di bidang teknologi seperti Ario Pratomo atau Herry SW untuk mengulas produk Anda. Sudah jelas pesan Anda akan sampai dengan baik sekalipun keduanya adalah kategori micro-influencer. Ingat, micro-influencer sekalipun memiliki pengikut yang kecil namun mereka lebih hiperaktif dan loyal.

Tanpa perlu dijelaskan, pengikut Raditya Dika jauh lebih banyak daripada Ario Pratomo maupun Herry SW, tetapi kita bisa mengasumsikan bahwa hampir seluruh pengikutnya adalah orang-orang yang gemar terhadap gadget dan teknologi. Mereka secara teratur membuat review tentang gadget dengan jumlah penonton yang terus bertambah.

Anda punya kesempatan lebih besar untuk menjangkau pemirsa yang lebih relevan bersama influencer yang juga relevan. Jika Anda punya cukup dana, mungkin Anda bisa mengolaborasikan antara influencer yang relevan dan influencer yang punya banyak pengikut, tetapi jika dana Anda terbatas, maka pilihlah yang pertama sebagai prioritas.

#2 Berikan Influencer Video Kebebasan Berkreasi

Salah satu aturan terpenting dalam marketing influencer adalah memberi influencer kebebasan dalam berkreasi. Maksudnya adalah, berikan mereka ruang untuk menciptakan konten video dengan gaya dan suara mereka sendiri. Penonton menyukai autentisitas dan mereka akan bisa melihat perbedaan dari influencer yang berbicara kepada mereka. Jadi jika Anda terlalu memegang kendali atas influencer Anda, konten Anda mungkin tidak akan beresonansi dengan baik dengan audiens tertarget Anda.

Tapi hal ini tidak juga berarti bahwa Anda harus membiarkan para influencer untuk mengambil alih kampanye Anda secara penuh. Berikan mereka batasan dan beritahu tujuan apa yang ingin Anda capai dalam kampanye Anda dan biarkan mereka menyampaikannya lewat video dengan cara mereka sendiri. Biarkan mereka menyampaikan pesan Anda dengan cara yang efektif dan organik dan tetap menarik perhatian audiens mereka.

Pada tahun 2015, Crowdtap melakukan survei terhadap 50+ influencer dan kreator konten dan menemukan bahwa mereka lebih menghargai kebebasan berkreasi tersebut daripada kompensasi yang kompetitif. 76% dari mereka cenderung lebih menyukai bekerja dengan brand yang memberikan mereka kebebasan tersebut.

#3 Feature Influencer di dalam Video

Saat bekerja sama dengan influencer, Anda bisa melakukan hal yang selangkah lebih maju dengan cara memasukkan mereka ke dalam video milik Anda sendiri saat mempromosikan brand atau layanan Anda. Dengan mengintegrasikan influencer dalam konten video milik Anda sendiri, akan membantu menarik audiens dari saluran mereka ke saluran Anda sendiri lewat satu promosi sederhana.

Bentuk video tersebut bisa berupa wawancara singkat atau proyek kreatif, bagaimana Anda mem-feature influencer tersebut selanjutnya adalah kewenangan Anda sepenuhnya. Membawa audiens si influencer ke saluran Anda bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak; Anda dan influencer. Influencer memiliki peluang untuk mendatangkan audiens baru sedangkan audiens yang sudah ada akan menikmati konten yang segar dan “berbeda” dari Anda.

Sesuatu yang sederhana seperti wawancara atau tanya-jawab santai dengan influencer mampu menghasilkan trafik yang signifikan ke platform apa pun yang Anda pilih. Hal ini tidak hanya akan mengarahkan pengikut mereka pada Anda, kebebasan berkreasi telah bergeser, kini Anda telah memegang kembali kendali yang lebih besar atas bagaimana Anda mempromosikannya kepada mereka.

#4 Minta influencer untuk membuat video ulasan dan penjelasan

Seperti halnya iklan bagus lainnya, audiens harus tahu bagaimana dan seperti apa produk atau layanan Anda bekerja dan mengapa mereka membutuhkannya. Saat meyakinkan audiens dari influencer Anda juga sama saja, salah satu caranya adalah dengan meminta influencer membuat video ulasan yang mampu menjelaskan hal tersebut.

Orang-orang saat ini lebih cenderung menyukai menonton video tentang produk atau layanan dibandingkan membaca teks saja. Meminta influencer Anda untuk melakukan hal ini dapat memberikan manfaat lebih. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta influencer Anda untuk menjelaskan cara kerja dan manfaat produk atau layanan Anda dalam bentuk video ulasan yang jelas. Bentuk video tutorial akan lebih bagus.

Anda mungkin tidak bisa menipu audiens agar percaya bahwa yang mereka tonton bukanlah konten bersponsor, tapi cara ini lebih menarik. Berkolaborasi dengan influencer untuk melakukan hal ini adalah cara yang fantantis untuk mendatangkan trafik dengan menjelaskan bahwa apa yang Anda tawarkan adalah sesuatu yang bernilai.

#5 Lacak performa influencer

Pelacakan kinerja influencer sangatlah penting dalam sebuah kampanye marketing, terutama ketika Anda bekerja dengan banyak influencer sekaligus. Salah satu cara terbaik untuk mengukur kinerja influencer adalah dengan menggunakan tautan dan kode khusus untuk membuat kampanye Anda lebih efisien. Untuk membantu, Anda bisa membaca 5 Cara Terbaik Mengukur ROI Kampanye Marketing Influencer .

Saat bekerja dengan banyak influencer, mustahil mengetahui influencer mana yang memberikan hasil lebih baik tanpa melacak pencapaian individual mereka. Hal ini sangat penting untuk diketahui dalam tujuan untuk mengoptimalkan setiap kampanye Anda agar lebih tepat dan efektif. Memilih influencer yang tepat dan sejalan dengan visi dan misi brand Anda akan membantu Anda untuk menyusun strategi marketing terbaik dalam menciptakan kampanye marketing yang efektif.

Sebagai contoh, pemberian kode kupon atau tautan khusus untuk melacak metrik ROI masing-masing influencer Anda, akan dengan mudah menentukan sumber trafik yang menuju ke situs Anda. Jika Anda menawarkan kode kupon atau kupon diskon kepada pelanggan melalui influencer Anda, cara yang sama juga dapat dilakukan. Kode kupon yang identik dengan masing-masing influencer Anda adalah cara terbaik.

Give your Opinions

Simple Share Buttons