10 Ide Mempercantik Instagram Stories

Lebih dari 15 juta bisnis di seluruh dunia saat ini telah menggunakan Instagram dan lebih dari setengahnya menggunakan fitur Stories untuk berinteraksi dengan pengikutnya. Instagram Stories adalah cara baru yang luar biasa untuk terhubung dengan audiens melalui cara yang segar dan autentik. Tidak ada yang tahu, mungkin saja kedepannya fitur “tempelan” dari Instagram ini malah bisa jadi News Feed era baru seperti halnya yang ada di Facebook.

Tetapi, membuat Instagram Stories yang bagus dan menarik cukup menantang dan menyita waktu. Dan kami ingin membagikan ide untuk mempercantik Instagram Stories untuk menjangkau lebih banyak audiens baru dan mempertahankan audiens lama agar semakin betah berlama-lama di Instagram Stories ini.

#1 Story-telling

Satu hal yang disukai orang awam tentang sebuah video yang mereka tonton adalah behind-the-scene atau cerita di balik layar pembuatan video tersebut.

Restoran biasanya menunjukkan bagaimana makanan pelanggan dibuat dan dipersiapkan, komposer menunjukkan bagaimana mereka latihan hingga menciptakan musik yang kemudian akan diingat seumur hidup, dan otomotif biasanya menunjukkan alat-alat bengkel serta cara mereka membantu memperbaiki segalanya. Menceritakan cerita di balik layar kepada audiens akan membuat brand terlihat lebih dekat dan membaur tanpa batas penghalang. Bagian ini selalu disukai penonton—orang-orang selalu ingin tahu lebih tentang proses, bukan hasil akhir.

#2 Tutorial How-to

Konten paling diminati di YouTube dan Google adalah tutorial. Setiap hari banyak orang yang datang dan berselencar di internet untuk mencari tahu bagaimana sesuatu berjalan dan cara terbaik menjalankannya.

Begitu juga halnya dengan Instagram Stories. Daripada mengunggah sesuatu yang selalu berbau penjualan, sesekali gunakanlah Stories untuk membagikan hal-hal bermanfaat misalnya seperti bagaimana menghemat uang bulanan atau bagaimana menjadi pembicara yang baik dan lupakan sejenak soal penjualan.

#3 Promosi blog post

Mempromosikan blog post di instagram Stories adalah salah satu cara untuk menarik lebih banyak konversi. Untuk tampilan Stories, sebaiknya bagian ini dibuat model video yang menunjukkan garis besar pada blog post tersebut.

Daripada hanya meminta audiens untuk datang mengunjungi blog, lebih baik membocorkan sedikit isi blog dan berharap mereka akan mencari tahu lanjutannya sendiri. Mempromosikan konten baru memang selalu jadi hal favorit.

#4 Daftar dengan hitungan mundur

Sepertinya cara ini pertama kali dilakukan (hingga sekarang) oleh Airbnb. Mereka membagikan tempat-tempat terbaik untuk menghabiskan masa tua, gedung-gedung terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam, hingga sudut-sudut terbaik saat bekerja di Airbnb itu sendiri.

Untuk meniru cara ini, mungkin bisa dimulai dengan:

  • Berbagai cara menggunakan suatu produk.
  • Statistik dan fakta terbaru tentang sebuah brand.
  • Konten terpopuler di bulan berjalan.

Atau bisa dicoba dengan membagikan daftar buku terbaik dan terlaris sepanjang tahun hingga hal-hal terbaru dari kehidupan media sosial yang tidak boleh dilewatkan. Semakin menarik hal yang dibagikan maka akan semakin betah juga penonton menunggu update terbaru. Bagi penonton ini adalah hiburan yang tidak bisa dilewatkan, tetapi bagi kreator konten, ini adalah persaingan untuk merebut hati mereka dan mengambil tempat di pasar.

#5 Promosi dengan jangka waktu tertentu

Karena Instagram Stories akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam, maka hal ini sekaligus menjadikannya media yang tepat untuk mempromosikan penjualan yang berbatas waktu. Cara ini banyak digunakan oleh bisnis konvensional, dan Instagram Stories membuatnya semakin mudah dan lebih efektif. Kombinasi e-commerce dan Instagram Stories adalah yang terbaik untuk hal ini. Siapa cepat, dia yang dapat!

Contoh: brand Xiaomi menjual gadget spesifikasi tinggi dengan harga murah edisi terbatas, ternyata habis dalam 30 menit pertama setelah dipromosikan.

#6 Giveaway dan kupon diskon

Untuk menarik minat pengikut semakin jauh, sesekali buatlah giveaway atau bagikan kupon di instagram Stories untuk melihat peningkatan interaksi yang semakin aktraktif. Penonton selalu menyukainya dan akan berpikir ulang untuk melewatkan kesempatan.

Kode diskon bahkan digunakan oleh hampir seluruh brand untuk menarik audiens dan meningkatkan konversi ke situs web mereka. Pada waktu tertentu, kode kupon bisa digunakan untuk melacak berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari Instagram Stories dengan kode unik.

#7 Data, penelitian, dan statistik

Orang-orang juga selalu suka ketika disuguhkan dengan data statistik yang mencengangkan. Cari tahu statistik menarik seputar industri yang digeluti dan bagikan kepada audiens untuk menarik atensi mereka selama mungkin.

Jika tidak ada data yang bisa dibagikan terkait brand (mungkin karena masih baru), cobalah dengan membagikan Statistik Instagram itu sendiri.

#8 Kutipan dan inspirasi

Banyak influencer di media sosial yang membagikan kutipan motivasi yang menginsipirasi lewat Instagram Stories. Beberapa influencer bahkan memuat kutipan pada feed mereka.

Tetapi, membagikan kutipan tidak harus selalu dari motivator terkenal. Kutipan bisa juga berasal dari penggalan kalimat dalam blog post terbaru, dan jika memang menarik, maka akan sangat berguna untuk meningkatkan engagement.

#9 Pengumuman untuk pengambilalihan akun

Belakangan, cara ini sangat digemari dan sering dilakukan oleh brand maupun akun personal. Di sana, akun MTV sering kali diambil alih oleh aktor-aktor dalam sebuah acara yang sedang berlangsung, dan hal ini teramat sangat menarik.

Sebelum pengambilalihan dimulai, promosikan atau perkenalkan kapan dan siapa yang akan mengambil alih akun tersebut untuk beberapa saat, dan hasilnya akan di luar dugaan. Hukum umpan balik berlaku cepat dalam kasus ini.

Misalnya, saat seorang influencer mengambil alih sebuah akun, maka pengikut dari influencer akan ikut melihat cerita pada akun yang ia ambil alih, dan juga sebaliknya sehingga arus trafik menjadi tak terbendung.

#10 Pengumuan, berita, dan pembaruan

Ini adalah ide yang mainstream namun tetap efektif untuk tetap menghidupkan sebuah akun, di samping tetap melakukan pembaruan pada feed. Karena tidak semua akun punya stok foto untuk dibagikan setiap waktu, maka cara ini cukup efektif untuk menunjukkan eksistensi.

Tidak semua ide di atas harus dicoba, sebaiknya cobalah beberapa template untuk waktu terjadwal dan beberapa template lain pada waktu tertentu untuk menyegarkan Instagram Stories.

Give your Opinions

Simple Share Buttons